20:00 . Aksi Para Santri Belajar Jadi Jurnalis   |   19:00 . Besok, 8.500 Santri dan Pelajar Upacara HSN 2019 di Alun-alun   |   18:00 . 30 Penyandang Difabel Diskusi Meningkatkan Produksi Chip Mocaf   |   17:00 . Geliat Meningkat, Eksportir Lirik UMKM Bojonegoro   |   16:00 . Tak Hanya Sekadar Kirab, 3.600 Santri Attanwir Tampilkan Kreatifitas   |   15:00 . Meriahkan Hari Santri, PonPes Attanwir Gelar Kirab Santri   |   14:00 . Wow....!! 3.600 Pelajar Sekolah Ini Pawai HSN 2019   |   13:00 . Koramil Baureno Kerja Bakti Bersih Rumah Terbakar bersama Warga   |   12:00 . Setelah ke China, Keripik Bojonegoro Diekspor ke Timur Tengah   |   11:00 . Inilah Tiga Urutan Hasil Test Calon Sekda Bojonegoro   |   10:00 . Sisa Satu Laga, Ini Komentar Pelatih Pasca Imbang Lawan PSG   |   09:00 . Persibo Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah 16 Besar Liga 3 Jatim   |   08:00 . Sinergi Dengan Pemkab, DPRD 'Ambyar' Digrebek Jonegaran   |   07:00 . Riset: Kanker Payudara Semakin Banyak Terjadi di Perempuan Usia Muda   |   21:00 . Upacara HJB ke-342, Pemkab Bojonegoro Berikan Penghargaan   |  
Tue, 22 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 09 April 2019 14:00

Catatan Tim sel KPU Jatim Zona III (5/Habis)

Tahapan Tes Kesehatan dan Wawancara

Tahapan Tes Kesehatan dan Wawancara

Oleh : Drs.H. Sholikhin Jamik,SH.MH.*

blokBojonegoro.com - Calon  anggota  KPU  Kabupaten/Kota  yang lulus Tes Psikologi mengikuti Tes Kesehatan. Tes kesehatan dilakukan paling lambat 3 (tiga) hari setelah pengumuman Tes Psikologi. Tes Kesehatan meliputi:

1) kesehatan jasmani;

2) kesehatan rohani; dan

3) tes narkoba.

[Baca juga: Tahapan Tes Psikologi]

Pemeriksaan kesehatan bagi calon anggota KPU    Kabupaten/Kota  bertujuan  untuk  mendapatkan  calon anggota KPU Kabupaten/Kota yang memenuhi syarat kesehatan secara fisik dan mental untuk memangku jabatan sebagai pejabat publik. Jenis pemeriksaan kesehatan bagi calon anggota Kabupaten/Kota meliputi:

1) Pemeriksaan Kesehatan Jasmani (Kesehatan Fisik) Pemeriksaan  kesehatan  jasmani  (kesehatan)  fisik  terdiri dari    anamnesa   umum   dan   okupasi   (pekerjaan)   serta pemeriksaan  fisik  lengkap,  termasuk  pemeriksaan  mata, Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT), gigi, kulit, thorax, abdomen,   ekstremitas,   dan  neuromuscular   oleh  Dokter Umum yang sudah dilatih atau melibatkan dokter spesialis terkait.
Pemeriksaan Penunjang

Laboratorium: darah dan urine lengkap, kimia darah (gula darah puasa dan 2 jam setelah makan, profil lipid, SGOT, SGPT, Ureum, Creatinin, asam urat), HbsAg, HIV rapid test dan anti HCV. Rontgen thorax PA, EKG,spirometri, audiometri, dan papsmear untuk wanita yang sudah menikah.


2) Pemeriksaan Kesehatan Rohani (kesehatan mental) termasuk MMPI oleh Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa yang sudah memiliki sertifikasi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mental bagi pejabat publik.

3) Pemeriksaan/test bebas narkoba: amphetamine, metamphetamine, cocaine, morphine, THC dan benzodiazepine.

Kualifikasi penilaian hasil pemeriksaan kesehatan:

1) Fit/sehat

a) tidak ditemukan kelainan dari hasil pemeriksaan fisik dan    pemeriksaan   penunjang, hasil pemeriksaan psikiatri menyatakan disarankan/direkomendasikan dan hasil pemeriksaan narkoba negatif; dan

b) ditemukan  adanya  kelainan  dari  hasil  pemeriksaan fisik dan/atau pemeriksaan penunjang namun tidak membutuhkan tindakan medis dengan segera, hasil pemeriksaan    psikiatri menyatakan disarankan/direkomendasikan dan hasil pemeriksaan narkoba negatif.

2) Unfit/tidak sehat

Jika ditemukan minimal salah satu dari kondisi berikut ini: a) Ditemukan adanya  kelainan dari hasil pemeriksaan fisik dan/atau pemeriksaan penunjang yang membutuhkan tindakan medis dengan segera.

b) Hasil    pemeriksaan    psikiatri    menyatakan    tidak disarankan/tidak direkomendasikan.

c) Hasil pemeriksaan narkoba positif.

Penyelenggaraan tes kesehatan bagi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota   dilaksanakan   di rumah sakit pemerintah/swasta tipe A, apabila tidak terdapat rumah sakit pemerintah/swasta tipe A maka dapat dilaksanakan di rumah sakit pemerintah/swasta tipe B yang mampu melakukan jenis pemeriksaan. Tim Seleksi memastikan rumah sakit yang   dapat   menyelenggarakan Tes Kesehatan.

Sekretariat KPU Provinsi menindaklanjuti penetapan dan kerja sama    dengan  rumah sakit yang akan melaksanakan Tes Kesehatan melalui koordinasi dengan Tim Seleksi.

Hasil pemeriksaan  kesehatan  peserta  seleksi  bersifat  rahasia (tidak diberitahukan kepada peserta), dan diserahkan langsung oleh tim pemeriksa kesehatan kepada Tim Seleksi anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Calon  anggota  KPU  Kabupaten/Kota  yang telah    mengikuti  Tes  Kesehatan,  selanjutnya  mengikuti  Tes Wawancara. Tes Wawancara dilakukan 2 (dua) hari setelah Pelaksanaan Tes Kesehatan.

Materi tes wawancara merupakan pendalaman atas materi:

1) Pancasila;

2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

3) Negara Kesaturan Republik Indonesia;

4) Bhinneka Tunggal Ika;

5) kepemiluan;

6) ketatanegaraan;

7) kepartaian; dan

8) lembaga penyelenggara Pemilu.


Tim Seleksi melakukan klarifikasi atas tanggapan dan masukan masyarakat dalam Tes Wawancara.

Tim Seleksi menetapkan calon anggota KPU Kabupaten/Kota yang lulus Tes Kesehatan dan wawancara sejumlah 2 (dua) kali dari jumlah calon anggota KPU Kabupaten/Kota yang dibutuhkan dalam rapat pleno dan dituangkan ke dalam berita acara.

Penetapan calon anggota KPU Kabupaten/Kota oleh Tim Seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan paling kurang 30% (tiga puluh persen) keterwakilan perempuan.

(Habis)

*Penulis adalah Tim sel KPU Jatim Zona III ( Bojonegoro, Tuban,Lamongan, Ngawi dan Nganjuk)

Tag : timsel, kpu, bojnegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat