19:00 . Suporter Sambut Positif Gebrakan Manajemen Persibo Bojonegoro   |   18:00 . Persibo Incar Klub Besar untuk Turnamen Pra Musim   |   17:00 . Target Naik Kasta, Pelatih Persibo Incar Pemain Liga 2 dan 1   |   16:00 . Persibo Bojonegoro Perkenalkan Dua Pelatih Sekaligus   |   14:00 . Perki Desa, Pedoman Pelayanan Informasi Publik   |   13:00 . Rektor Unigoro Tolak Kerusuhan, Berharap Masyarakat Hormati Hukum   |   11:00 . Usai Wisuda, Siswa SLB Diharap Lanjutkan Pendidikan dan Buka Usaha   |   10:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah HKIN, ini Alasannya..   |   09:00 . 18 Siswa-Siswi SLB Putra Harapan Bojonegoro Diwisuda   |   07:00 . Bayi Suka Menjulurkan Lidah, Normal Enggak Ya?   |   20:00 . Bojonegoro Ditunjuk Menjadi Tuan Rumah Keterbukaan Informasi Nasional   |   18:00 . Brownies Nagagini STIE Cendekia Raih Pendanaan Kemenristekdikti   |   18:00 . Pemohon Pembuatan Paspor Kebanyakan untuk Wisata   |   17:00 . Sulit Dapatkan Air, Begini Cara Petani Tanam Kedelai   |   16:00 . Petani Bojonegoro Dapat KPM, ini Syaratnya...   |  
Fri, 21 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 11 April 2019 21:00

Perwakilan Blok Media Group Ikuti ToT Cek Fakta

Perwakilan Blok Media Group Ikuti ToT Cek Fakta

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Maraknya hoaks dan disinformasi di dunia maya semakin meresahkan. Mengingat sebagian besar masyarakat dunia, termasuk Indonesia adalah pengguna layanan internet yang akrab dengan media sosial.

Selama tanggal 11-14 April 2019, Edy Purnomo dari Blok Media Group (blokTuban.com & blokBojonegoro.com) berkesempatan mewakili Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur untuk mengikuti Training of Trainer (ToT) Google News Initiative Trainin Network, di Aviary Hotel, Tangerang Selatan. ToT ini diikuti oleh 40 peserta perwakilan dari seluruh kota dan provinsi di Indonesia. Training ini diinisiasi oleh Aliansi Jurnalis Independen, Google News Initiative dan Internews.

Cek Fakta, begitu mereka menyebut kelompok pekerja media ini. Terdiri dari orang-orang yang bekerja untuk memastikan kebenaran berita yang sedang viral di tengah masyarakat.

"Jadi sekarang banyak sekali hoaks dan disinformasi yang bertebaran di dunia maya," jelas Sekjend Aji, Revolusi Riza, di lokasi acara, Kamis (11/4/2019).

Dengan adanya jaringan Cek Fakta, Riza merasakan sendiri manfaatnya di dunia jurnalistik. Dia mencontohkan, banyaknya informasi bertebaran ketika terjadi bencana tsunami di Palu, semua jaringan yang dia miliki tidak bisa dihubungi termasuk nomer telepon di kantor instansi setempat.

"Kami masih bingung, itu beneran tsunami di Palu apa tidak? Ada banyak foto-foto beredar tetapi tidak ada yang bisa dikonfirmasi" jelas Riza.

Dengan memanfaatkan beberapa metode di jaringan Cek Fakta, mereka bisa memastikan kebenaran bencana tsunami di Palu. Juga bisa memilah mana video atau foto yang terkait peristiwa Palu dan mana yang bukan.

"Selain itu masih banyak peristiwa-peristiwa lain yang perlu kita cek kebenarannya. Terutama ketika Pilpres," tandasnya.

Peserta dari perwakilan daerah di Indonesia ini digembleng langsung oleh trainer dari Google. Serta dipersiapkan bisa menjadi trainer cek fakta di seluruh Indonesia [hud/col]

Tag : cek, fakta, redaksi, bmg, bojonegoro, pemilu

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more