09:00 . Ancaman Pemilu, Kecurangan dan Hoax   |   08:00 . Golkar Berharap 7 Kursi Bisa Dipertahankan   |   06:00 . Amankan Rekapitulasi Suara, Banser Jaga 17 Jam Sehari   |   21:00 . Kepala SKK Migas Jabanusa Buka Lokakarya Media   |   20:00 . Sukur: Saya Hanya Sampaikan Keluhan Saksi   |   19:00 . Adu Argumen dan Tegang di PPK Kota   |   18:00 . Sempat Berhenti, Rekap di PPK Kota Berlanjut   |   17:00 . Ha..! Rekapitulasi Suara Di PPK Kota Dihentikan   |   16:00 . Penuhi Target APBN, EMCL Fokus Optimalkan Sumur Produksi   |   15:00 . UKW PWI ke 26 Ditunda, ini Sebabnya...   |   14:00 . Lapor Lebih dari 7 Hari, Bawaslu Anggap Hangus   |   13:00 . Ditanya Prediksi Perolehan Kursi, Ini Jawaban Petinggi Partai   |   12:00 . Rekapitulasi Suara Kecamatan Kepohbaru Pindah Lokasi   |   11:00 . Pengangguran di Bojonegoro Capai 23.818 Lebih   |   10:00 . Lagi, Puluhan Kader Gayam Belajar Public Speaking   |  
Tue, 23 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 11 April 2019 19:00

Seminar Sinergi Energi 2019

Wujudkan Link and Match Industri Hulu Migas dan Dunia Pendidikan

Wujudkan Link and Match Industri Hulu Migas dan Dunia Pendidikan

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dunia pendidikan, khususnya kampus, harus mampu membekali mahasiswa cara bagaimana menghadapi tantangan persaingan di dunia profesional. Mahasiswa setelah lulus, harus mengerti bagaimana dinamika praktis dalam menjalani profesi. Maka belajar dari para praktisi dan profesional menjadi penting.

Hal ini disampaikan dalam seminar Sinergi Energi 2019 yang diselenggarakan SKK Migas Jabanusa dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS ) Surabaya, Kamis (11/4/2019) di Aula B.G. Munaf, Fakultas Teknologi Kelautan, Kampus ITS Surabaya. Pada diskusi teknologi tersebut, para profesional di industri hulu migas berbagi pengalaman kepada ratusan mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan.

“Pertukaran ide dan pengalaman ini sangat penting bagi kami, dunia akademisi. Wawasan praktis seperti ini harus juga dikuasai mahasiswa,” ucap Wasis Dwi Aryawan M.Sc.,Ph.D, Kepala Departemen Teknologi Kelautan ITS

Wasis berharap, kegiatan seperti ini juga membangun kerjasama yang berkelanjutan antara kampus dan perusahaan. Sehingga, kampus bisa menjadi laboratorium bagi industri.

Dalam diskusi yang mengangkat topik “Safe Marine Terminal Operations“ tersebut, mahasiswa mendapat pemaparan tentang dunia industri hulu migas dalam tataran praktek, khususnya tentang proses produksi minyak di Lapangan Banyu Urip, Bojonegoro. Mahasiswa juga diajak berdiskusi soal Teknologi dan Pengoperasian Kapal Alir Muat Terapung FSO Gagak Rimang.



Kepala SKK Migas Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) yang diwakili Amni Nadya menyampaikan, bahwa industri hulu migas, khususnya di wilayah Jabanusa memerlukan sinergi dengan dunia pendidikan. Menurutnya, inovasi-inovasi teknologi dalam industri minyak dan gas justru kerap muncul dari kampus.

“Sinergi ini penting, karena industri hulu migas juga memerlukan kajian-kajian yang dihasilkan di kampus. Selain itu, kita juga membutuhkan lulusan-lulusan kampus yang bisa berkontribusi dalam kemajuan hulu migas di Indonesia,” imbuhnya.

Nadya mencontohkan, teknologi pengeboran di Lapangan Banyu Urip yang menggunakan skidding rig saat pengembangan lapangan. Teknologi ini merupakan karya anak bangsa Indonesia yang menjadikan kegiatan pengeboran sumur lebih efektif dan efisien.

Pada kesempatan tersebut, para praktisi dari ExxonMobil menjadi pembicara dan narasumber diskusi. Captain Vincent sebagai Mooring Master FSO Gagak Rimang menjelaskan bagaimana teknologi terkini diterapkan dalam pengelolaan Kapal Alir Muat Terapung (Floating Storage & Offloading).

Hadir pula Kus Pribadi, wakil Manajer Instalasi Lepas Pantai ExxonMobil Cepu Limited yang juga merupakan alumni ITS Surabaya. Kus membagi pengalaman profesionalnya dan perjalanan karir dia sejak lulus dari ITS. [ito]

Tag : migas, emcl, skk, bojonegoro, tuban, its, surabaya

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more