12:00 . Prediksi Kemarau Makin Panjang, 1000 Tanki Air Siap Droping   |   11:00 . Cegah Penyalahgunaan Senpi, Propam Polres Bojonegoro Cek Senpi Anggota   |   10:00 . Lestarikan Populasi, 25 Ribu Ikan Ditebar di Bengawan Solo   |   09:00 . Masa Pandemi, Manajemen dan Pekerja PEPC Beri Donasi   |   08:00 . Memetan, Serunya Berebut Tangkap Ikan di Waduk Desa   |   07:00 . Mungkinkah Penggunaan Masker Wajah Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh?   |   20:00 . Bersama Kader Jumantik, Babinsa Gayam Cegah Demam Berdarah Dengue   |   19:00 . Omzet Penjualan Seragam Sekolah Turun, Pedagang Mengeluh   |   18:00 . Kemarau Diprediksi Lebih Panjang, BPBD Siapkan 1000 Tanki Air Bersih   |   17:00 . Disruduk Truk Molen, Pengendara Motor Meninggal di TKP   |   16:00 . Memetan, Warga Sonorejo Tumpah Ruah di Waduk   |   14:00 . PMI Bojonegoro Berikan Bantuan Sprayer dan Cairan Disinfektan untuk 9 Ponpes   |   13:00 . Disnakan Pastikan Hewan Kurban Tidak Bisa Tularkan Virus Corona   |   12:00 . Selamat Jalan Mas BS   |   11:00 . Harga Sejumlah Komoditi Terpantau Masih Stabil   |  
Wed, 08 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 11 April 2019 19:00

Seminar Sinergi Energi 2019

Wujudkan Link and Match Industri Hulu Migas dan Dunia Pendidikan

Wujudkan Link and Match Industri Hulu Migas dan Dunia Pendidikan

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dunia pendidikan, khususnya kampus, harus mampu membekali mahasiswa cara bagaimana menghadapi tantangan persaingan di dunia profesional. Mahasiswa setelah lulus, harus mengerti bagaimana dinamika praktis dalam menjalani profesi. Maka belajar dari para praktisi dan profesional menjadi penting.

Hal ini disampaikan dalam seminar Sinergi Energi 2019 yang diselenggarakan SKK Migas Jabanusa dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS ) Surabaya, Kamis (11/4/2019) di Aula B.G. Munaf, Fakultas Teknologi Kelautan, Kampus ITS Surabaya. Pada diskusi teknologi tersebut, para profesional di industri hulu migas berbagi pengalaman kepada ratusan mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan.

“Pertukaran ide dan pengalaman ini sangat penting bagi kami, dunia akademisi. Wawasan praktis seperti ini harus juga dikuasai mahasiswa,” ucap Wasis Dwi Aryawan M.Sc.,Ph.D, Kepala Departemen Teknologi Kelautan ITS

Wasis berharap, kegiatan seperti ini juga membangun kerjasama yang berkelanjutan antara kampus dan perusahaan. Sehingga, kampus bisa menjadi laboratorium bagi industri.

Dalam diskusi yang mengangkat topik “Safe Marine Terminal Operations“ tersebut, mahasiswa mendapat pemaparan tentang dunia industri hulu migas dalam tataran praktek, khususnya tentang proses produksi minyak di Lapangan Banyu Urip, Bojonegoro. Mahasiswa juga diajak berdiskusi soal Teknologi dan Pengoperasian Kapal Alir Muat Terapung FSO Gagak Rimang.



Kepala SKK Migas Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) yang diwakili Amni Nadya menyampaikan, bahwa industri hulu migas, khususnya di wilayah Jabanusa memerlukan sinergi dengan dunia pendidikan. Menurutnya, inovasi-inovasi teknologi dalam industri minyak dan gas justru kerap muncul dari kampus.

“Sinergi ini penting, karena industri hulu migas juga memerlukan kajian-kajian yang dihasilkan di kampus. Selain itu, kita juga membutuhkan lulusan-lulusan kampus yang bisa berkontribusi dalam kemajuan hulu migas di Indonesia,” imbuhnya.

Nadya mencontohkan, teknologi pengeboran di Lapangan Banyu Urip yang menggunakan skidding rig saat pengembangan lapangan. Teknologi ini merupakan karya anak bangsa Indonesia yang menjadikan kegiatan pengeboran sumur lebih efektif dan efisien.

Pada kesempatan tersebut, para praktisi dari ExxonMobil menjadi pembicara dan narasumber diskusi. Captain Vincent sebagai Mooring Master FSO Gagak Rimang menjelaskan bagaimana teknologi terkini diterapkan dalam pengelolaan Kapal Alir Muat Terapung (Floating Storage & Offloading).

Hadir pula Kus Pribadi, wakil Manajer Instalasi Lepas Pantai ExxonMobil Cepu Limited yang juga merupakan alumni ITS Surabaya. Kus membagi pengalaman profesionalnya dan perjalanan karir dia sejak lulus dari ITS. [ito]

Tag : migas, emcl, skk, bojonegoro, tuban, its, surabaya


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat