21:00 . Patuhi Prokes, Polres Doa Bersana Anak Yatim   |   20:30 . Mars Tiga Wajib   |   20:00 . Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing   |   19:00 . Ranitya Nurlita juga Finalis di Ajang Internasional   |   18:00 . Teguhkan Khittah, ISNU Bojonegoro Siapkan Santri Perdamaian di Era Milenial   |   17:00 . Liburan Tetap Ingat Pesan Ibu   |   16:00 . Merosot di Awal Pandemi, Omzet Para Perajin Mulai Merangkak Naik   |   14:00 . Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM   |   13:00 . Libur Maulid, Pengunjung Wisata Desa Meningkat   |   12:00 . Pendemi Covid-19, Undian Berlangsung Virtual   |   11:00 . Peringati HUT, UDD PMI Akan Gelar Undian Berhadiah Bagi Pendonor   |   10:00 . Pasien Sembuh Nasional Sudah Mencapai Angka 325.793 Orang   |   09:00 . Disbudpar Persilahkan Masyarakat Berlibur ke Wisata   |   08:00 . Ayo Wisata dengan Tetap Patuh Prokes   |   07:00 . 6 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengencani Pria yang Lebih Muda   |  
Thu, 29 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 15 April 2019 19:00

Nama Situs Berita Liputan6.com Dicatut untuk Menyebarkan Hoaks

Nama Situs Berita Liputan6.com Dicatut untuk Menyebarkan Hoaks

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berita hoaks terus saja menyebar. Bahkan, nama media online Liputan6.com dicatut oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan hoaks soal hasil perhitungan suara pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di luar negeri. Padahal sebagaimana diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), penghitungan suara di luar negeri sama sekali belum dilakukan.

Hoaks itu diedarkan, dengan modus mengarang sendiri hasil penghitungan suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara ( TPS), menyelipkan link Liputan6.com, lalu disebarkan ke khayalak ramai.
Pembaca yang teliti tentu akan mengklik link Liputan6.com yang ditautkan itu, dan mendapati bahwa isi berita Liputan6.com itu sama sekali tidak menulis soal hasil perhitungan suara. Sementara pembaca yang tidak mengklik link itu mungkin akan percaya bahwa penghitungan suara itu  memang bersumber dari liputan6.com.

Redaksi  Liputan6.com langsung bertindak cepat ketika muncul informasi melalui aplikasi chat yang mencatut nama Liputan6.com ini.  Wakil Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati mengecam penyalahgunaan artikel tersebut untuk menyebarkan hoaks.

"Liputan6.com sebagai media yang selalu menjaga kepercayaan publik akan berkomitmen menulis berita sesuai fakta dan ikut serta melawan hoaks yang makin marak," kata Irna.

Tanggal 14 April 2019,  beredar lagi capture atas nama Harian Rakyat Kalbar, memuat hoaks hasil penghitungan suara itu  dan menulis Liputan6.com sebagai sumber datanya.  Padahal  empat hari sebelumnya, tanggal 10 April 2019, Liputan6.com lewat berita dan postingan berbagai akun media sosial sudah membantah dan menegaskan nama Liputan6.com dicatut.

Hampir 19 tahun berdiri sebagai situs berita, Liputan6.com selalu menjaga kepercayaan publik dan berkomitmen serta ikut melawan hoaks yang bisa menganggu keadaban publik. "Kami sungguh menyesalkan penulisan yang bersumber dari data hoaks itu dan mencatut nama Liputan6.com," ujar Irna. [ito/lis]


Kronologi

1. Pada Rabu 8 April 2019 redaksi menulis berita ini:
KPU: Pemungutan Suara Pemilu di Luar Negeri Berlangsung Aman
https://www.liputan6.com/pileg/read/3936722/kpu-pemungutan-suara-pemilu-di-luar-negeri-berlangsung-aman

2. Berita ini ternyata diforward di grup-grup dengan menambah informasi hoaks: PENGHITUNGAN SEMENTARA LUAR NEGERI

3. Hoaks PENGHITUNGAN SEMENTARA LUAR NEGERI ini ada dua versi. Satu yang memenangkan Kubu 01 dan satu versi lagi yang memenangkan Kubu 02

4. Liputan6.com mengetahui ada penyalahgunaan informasi ini pada Rabu 10 April 2019 dan langsung bertindak dengan membuat bantahan beritanya yang menginformasikan nama Liputan6.com dicatut.

5. Berita klarifikasi dibuat pada Rabu 10 April 2019
Berita Liputan6.com soal Pencoblosan di Luar Negeri Dicatut untuk Hoaks
https://www.liputan6.com/pilpres/read/3938778/berita-liputan6com-soal-pencoblosan-di-luar-negeri-dicatut-untuk-hoaks
 
6. Pada Rabu 10 April 2019 Ketua KPU Arief Budiman juga meluruskan, pihaknya belum melakukan penghitungan suara atas pencoblosan di luar negeri.

7. Pada Minggu 14 April 2019, kami mendapat gambar Harian Rakyat Kalbar di halaman depan memuat tabel: Penghitungan Sementara Luar Negeri dengan mengutip sumber: Liputan6.com

8. Langsung pada Minggu pagi 14 April Wapimred Liputan6.com Irna Gustiawati mengontak Pimred Harian Rakyat Kalbar Mohamad Iqbal dan menyayangkan ada pengutipan nama Liputan6.com sebagai sumber data hoaks itu.

9. Pimred Harian Rakyat Kalbar menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan ini. “Mohon maaf atas kesalahan yang terjadi Bu,” dan berjanji,” Besok dibuatkan berita baru dengan tambahan keterangan liputan6 soal hoaks itu.”

10. Senin 15 April 2019,  Pimred Harian Rakyat Kalbar mengirim surat permohonan maaf kepada Liputan6.com.  “Kami mengakui bahwa berita tersebut tanpa konfirmasi kepada pihak Liputan6.com dan ini merupakan kelalaian kami,”katanya dalam surat itu.

Tag : hoaks, liputan, tps, kpu, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat