15:00 . Usai Lebaran, Pemohon Pembuatan Paspor Meningkat   |   14:00 . Disperta Anggarkan untuk Asuransi 60.000 Hektar Lahan Pertanian   |   13:00 . Polres Bojonegoro Menyelenggarakan Donor Darah   |   13:00 . Dinas Pertanian Targetkan 120 Poktan Dapat KPM Akhir Juli   |   12:00 . Tak Mau Ditemui, Dinas Pertanian Pertanyakan Tuntutan PMII   |   11:00 . Ditemui Plt Kepala Dinas Pertanian, Massa Aksi Memilih Pergi   |   10:00 . PC PMII Bojonegoro Ajak Pemkab Diskusi Masalah KPM   |   07:00 . 7 Cara Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat   |   22:00 . PC PMII Bojonegoro Pertanyakan Hasil Kunjungan Bupati   |   21:00 . Dispora Buka Relawan Porprov Jawa Timur di Bojonegoro   |   20:00 . 9 Bakal Calon Kepala Desa Mundur, 2 Tak Lolos Administrasi   |   19:00 . TAB, Pemprov Gratiskan Seragam dan SPP untuk SMA-SMK?   |   18:00 . Jumlah DPT Pilkades Serentak Capai 428,437 Pemilih   |   17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |  
Wed, 19 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 26 April 2019 08:00

Rahayu Lestari Putri

Dari Status Facebook Jadi Buku

Dari Status Facebook Jadi Buku

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Siapa bilang menulis buku itu sulit. Rahayu Lestari Putri, gadis cantik yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro ini, telah membuktikan bahwa menulis itu mudah.

Berawal dari buku diary dan status facebook, saat ini ia telah menulis dua buku sekaligus.

Mahasiswi semester empat ini bercerita, suka menulis sejak di bangku Sekolah Dasar. Bahkan, salah satu puisinya yang berjudul "Guruku Tersayang" pernah mendapat juara satu. Kebiasaan menulis buku diary sejak SD itu beralih platform ketika mengenal facebook.

"Facebook itu aplikasi yang membantu, selain mudah dan tidak ribet, catatanku di facebook juga tidak akan hilang," kata gadis asli Kecamatan Bubulan.

Keinginan gadis kelahiran 06 Maret 1998 ini bermula saat ia mengikuti komunitas "kita belajar menulis", di sana ia bertemu dengan sejawat yang memiliki hobi menulis. Sehingga pertemuan itu memacunya untuk lebih giat menulis. Di umur yang ke 20 tahun, dirinya berkeyakinan harus berhasil menulis buku.

"Ternyata yang suka menulis bukan hanya aku. Jadi lebih semangat menulis lagi," ujarnya.

Buku pertama berjudul "My Live, My Love" dari hasilnya mengumpulkan semua catatan yang ada di Facebook kemudian naskahnya dikirim ke penerbit "guepedia".

Setelah menunggu satu bulan, akhirnya ada konfirmasi lolos seleksi dan berhasil diterbitkan.

"Langsung diterbitkan ber-ISBN sebanyak 500 eksemplar secara gratis oleh penerbit," cerita Rahayu Lestari Putri.

Selanjutnya, buku kedua berjudul "Biru" menyusul dengan penerbit yang sama.

Selain menulis buku, Rahayu juga sering mengirim artikel ke koran maupun majalah. Beberapa kali artikelnya dimuat oleh salah satu koran lokal Bojonegoro dan majalah di Gresik. [fin/mu]

Tag : rahayu lestari putri, penulis, penulis buku

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more