21:00 . Wakili Kodim, Siswa SMAN 1 Padangan Juara 3 Lomba Fotografi Tingkat Kodam   |   20:00 . Diknas Bojonegoro Didatangi Tim Siber Pungli   |   19:00 . Kenapa Ada Gerakan 18.21?   |   18:00 . Menuju Kota Kreatif, Bupati Teken MoU dengan ICCN   |   17:00 . Ayo..! Gerakan 18.21 di Bojonegoro   |   16:00 . Dua Warga Kedungadem Diduga Tewas Bunuh Diri   |   14:00 . Pimpinan DPRD Dikukuhkan, AKD Masih Menunggu   |   13:00 . Siswa SD Hanya Bisa Baca Buku di Perspusda   |   12:00 . Persibo Jajal Kekuatan Persekam di Partai Uji Coba   |   11:00 . Para Pendonor Aktif Dapat Piagam Penghargaan   |   10:00 . Demi Pembaca, Perpusda Tambah 1.732 Buku   |   09:00 . Apel HUT PMI Jadi Penyemangat Gerakan Kemanusiaan   |   08:00 . Bojonegoro Dapat Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Olahraga   |   07:00 . Tak Mau Beri Anak Susu Formula? Tapi Jangan Lakukan 3 Hal Ini, Moms!   |   18:00 . Kirab Pusaka Haul Ke-237 Ki Andongsari (Adipati Arya Mentahun)   |  
Wed, 18 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 27 April 2019 11:00

Mat Masturi, Penjual Es Keliling

Kerja Itu Sampingan, Salat Itu Kebutuhan

Kerja Itu Sampingan, Salat Itu Kebutuhan

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Sore hari di jalan KS. Tubun Kota Bojonegoro Jawa Timur, matahari mulai tenggelam di ujung barat.

Panas terik sisa siang masih terasa di kulit. Sebuah gang kecil yang tidak begitu ramai dengan pengendara yang berlalu lalang menjadi salah satu jalur yang ditempuh sosok laki-laki tua dengan gerobak tak kalah tuanya untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Mat Masturi, penjual es lilin keliling yang tidak pernah mengeluh menyusuri berkilo-kilometer Kota Bojonegoro menjual dagangannya.

Meskipun usianya yang tak lagi muda, berjalan tak lagi tegak, karena salah satu kakinya sudah tak berfungsi seratus persen, ia terus berjalan menjemput pembeli.

"Yang paling penting dalam bekerja itu ikhlas. Soal berapa rezeki yang akan kita dapatkan itu urusan Allah," katanya sambil terus tersenyum.

Dengan memanfaatkan angkutan umum bus, Pak Mat menempuh perjalanan dari rumahnya di Kecamatan Padangan mulai pukul 08.00 Wib menuju Kota Bojonegoro, untuk menghampiri gerobakya yang ia titipkan di Taman Rajekwesi dengan biaya Rp5 ribu setiap harinya.

"Setiap hari pulang-pergi dari Padangan. Kalau balik biasanya setelah maghrib, jadi sekalian salat baru naik bus. Bekerja itu kan sampingan, kalau salat itu kebutuhan," tuturnya bijak.

Jalan beraspal yang apabila terkena panas matahari suhunya bertambah tidak membuat Mat Masturi mengeluh.

Keliling mulai dari jalan Rajekwesi, Hos. Cokroaminoto, Panglima Polim, Gajahmada, Basuki Rahmat hingga kembali lagi ke jalan Rajekwesi lagi, ia lakukan setiap hari dengan membawa 300 buah es yang dijual dengan harga Rp1.000.

Di usianya yang tak lagi muda, Pak Mat tidak pernah ingin merepotkan anak-anaknya. Meski sering dimarahi oleh empat anaknya yang sudah berkeluarga, namun ia tetap keukeuh bekerja, mencarikan nafkah untuk sang istri tercinta.

Meskipun tak seberapa hasil dari jualan es, hasil dagangan itu ia gunakan untuk beternak.

"Selain berjualan saya juga suka beternak ayam dan bebek di rumah. Ada sudah sekitar 100 ekor ayam dan bebek yang saya dan istri ternak," tutupnya penuh semangat. [fin/mu]

Tag : inspiratif, kisah, kejujuran, mat masturi, bekerja

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat