13:00 . Pekan Madaris Kecamatan Kanor Sukses Digelar   |   12:00 . Muslimat-Fatayat NU Kanor Santuni Ratusan Yatim Piatu dan Dhuafa   |   11:00 . Entas Kemiskinan, Pembangunan 856 RTLH Digenjot   |   08:00 . Virginia dan Jawa Tetap Jadi Pilihan Petani Tembakau Bojonegoro   |   07:00 . Bolehkah Ibu Hamil Mengunyah Permen Karet?   |   20:30 . Meriahnya Pensi Pekan Madaris di Kanor   |   20:00 . UNUGIRI Bertekad Ciptakan SDM Terampil   |   19:00 . Dewan Pendidikan: Kekerasan di Lingkungan Sekolah Masih Kerap Terjadi   |   18:00 . Komitmen Ciptakan SRA di Bojonegoro Masih Minim?   |   17:00 . Bantu Pantau Lalu Lintas, Dishub Tambah Empat CCTV Rp360 Juta   |   16:00 . Lazisnu Bojonegoro Bantu Korban Kebakaran di Kedungadem   |   15:00 . Persibo Fokus Buru Pemain Tengah dan Belakang   |   14:00 . Diduga Selang Regulator LPG Bocor, Rumah di Desa Deru Hangus   |   13:00 . Tantangan Makin Berat, Wisudawan Harus Tetap di Jalan Amar Ma'ruf Nahi Munkar   |   12:00 . Pers Mahasiswa se-Madura ikuti Pelatihan Cek Fakta AJI   |  
Sun, 22 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 29 April 2019 21:30

Ingin Lolos Seleksi Administrasi Komisioner KPU? Berikut Kisi-Kisinya!

Ingin Lolos Seleksi Administrasi Komisioner KPU? Berikut Kisi-Kisinya!

Reporter: Nidhomatum MR

blokBojonegoro.com - Dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 37 ayat 1 UU Nomor 7 tahun 2018 tentang Pemilu Tim Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Provinsi Jatim periode 2019-2014 mulai membuka pendaftaran Calon Anggota KPU, termasuk di Bojonegoro. Bojonegoro dalam seleksi masuk wilayah Zona III bersama dengan Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Ngawi dan Nganjuk. 

Ketua Tim Seleksi Administrasi Zona III, H. Sholikin Jamik pun membuka apa saja tugas yang perlu dilakukan Timsel untuk menjaring anggota KPU yang kredibel dan berkompetensi tinggi sesuai tupoksi. Di antaranya, meneliti semua kelengkapan persyaratan administrasi, yang banyak ditemukan dan menyebabkan tidak memenuhi persyaratan/ lulus adalah.

"Banyak pendaftar yang belum memenuhi umur. Yang kita lihat banyak per tanggal 25 April 2019 belum berumur 30 tahun. Dokumen persyaratan tidak bermaterai. Ijazah tidak dilegalisir, dokumen pendaftar tidak lengkap, serta tidak ada surat keterangan tidak pernah dipidana penjara dari Pengadilan Negeri," paparnya.

Tugas kedua Timsel dalam penelitian administrasi adalah menilai kompetensi yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu dengan melihat pengalaman Kepemiluan. "Pernah menjadi penggiat atau pemantau Pemilu atau tidak, pernah kerja di Sekretariatan KPU atau tidak, pernah menjadi KPU atau Bawaslu atau tidak, atau mungkin pernah menjadi PPK, PPS. KPPS atau pengawas pemilu yg bersifat ad hoc atau tidak. Selain itu jug apakah pernah membuat tulisan terkait kepemiluan yang dipublikasikan lewat media elektronik, jurnal atau buku," imbuhnya.

Setelah meneliti, pendaftar banyak yang tidak memenuhi syarat karena ternyata rata-rata pendaftar melamar pekerjaan dan tidak memiliki kompetensi khusus di bidang kepemiluan. "Tugas ketiga Timsel dalam penelitihan administrasi adalah memberikan pembobotan terhadap persyaratan administrasi. Maka berbahagialah bagi pendaftar yang pendidikan nya tinggi, punya pengalaman organisasi/ institusi dan publikasi terkait dengan kepemiluan dan dibuktikan dengan dukumen pendukung, pasti dinyatakan lulus seleksi administrasi," pungkasnya. [lis]

 

Tag : pemilu, kpu

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat