22:00 . DPRD Pertanyakan Kesiapan Dinkes Tanggulangi Corona   |   21:00 . Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati, ini yang Bisa Dilakukan   |   20:00 . Sejumlah Komoditi Alami Penurunan Harga, ini Sebabnya   |   19:00 . Respon Instruksi Bupati, Pertamina EP Asset 4 Salurkan Bantuan ke Dinkes   |   18:00 . Gedung Pusdiklat Dander Bakal Jadi Rumah Sakit Sementara   |   17:00 . Peduli Saat Social Distancing, Bagi-bagi Nasi Bungkus   |   16:00 . 10 Orang Selesai Pemantauan, 44 Orang Dinyatakan ODP   |   15:00 . Waspada Kecelakaan, Tambah 2 Palang Pintu KA di Kapas dan Kalitidu   |   14:00 . Suwarto: Kampung Lontong Lodeh Ditutup Sementara   |   13:00 . 18 Perjalanan Kereta Dibatalkan   |   12:00 . Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh   |   11:00 . Dampak Corona, Omzet Pedagang Lontong Lodeh Turun   |   10:00 . Pelantikan Kepala Desa Digelar Online di Masing-Masing Kecamatan   |   09:00 . Cegah Penyebaran Corona, Kapolres Bersama Bupati Sidak Pasar   |   07:00 . 4 Hal yang Bisa Dilakukan agar Tak Kepikiran soal Masa Lalu Pasangan   |  
Tue, 31 March 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 03 May 2019 12:00

Lulus, Pengangguran Bojonegoro Bakal Bertambah ?

Lulus, Pengangguran Bojonegoro Bakal Bertambah ? @Foto ilustrasi

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, Agus Supriyanto memprediksi pengangguran di Bojonegoro bakal terus membludak sampai akhir tahun 2019.

Semakin membludaknya pengangguran tersebut disebabkan pada pertengahan sampai akhir tahun, SLTA maupun Perguruan tinggi akan melangsungkan kelulusan.

Disperinaker sendiri mencatat pengangguran di Bojonegoro hingga bulan April mencapai 23.859 orang. Di antara data tersebut, 17.630 disumbang lulusan SLTA dan 2.657 lulusan Diploma dan S1. Sedangkan selebihnya disumbang lulusan SMP dan SD.

"Pengangguran di Bojonegoro akan terus bertambah dan puncaknya bakal terjadi pada bulan September, setelah itu akan stabil lagi lantaran ada yang meneruskan ke perguruan tinggi untuk lulusan SLTA dan ada juga yang bekerja," ungkap Agus Supriyanto.

Disperinaker mencatat, setiap tahunya dari tingkat SLTA ataupun Perguruan Tinggi meluluskan sekitar 17 ribu orang. Jika melihat tahun-tahun sebelumnya dari 17 ribu lulusan, 30 persen akan menjadi pengangguran dan 70 persen lainnya melanjutkan ke perguruan tinggi dan memilih bekerja.

Meski begitu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Bojonegoro bisa dikatakan menempati urutan tengah di antara Kabupaten atau Kota di Jawa Timur.

Selain itu, adanya industri besar tidak menjamin pengangguran akan sedikit, seperti di Gresik dan Mojokerjo yang hampir menyentuh 4 persen.

"TPT kita di angka 3,1 persen, sedangkat Provinsi Jawa Timur mematok di angka 4 persen," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Untuk mengurangi angka pengangguran, Disperinaker sudah melakukan berbagai upaya, dari kerjasama langsung dengan pihak ketiga, Job Fair maupun pelatihan lainnya. Sehingga apa yang dicanangkan oleh Bupati Bojonegoro yaitu membuka 100 ribu lowongan pekerjaan bisa terealisasi.

"Sebenarnya sangat bisa, tetapi biasanya  masyarakat yang agak memilih dan memilah pekerjaan, sehingga seharusnya ada lowongan tetapi ia enggan masuk lantaran merasa tidak cocok atau gengsi," tutup Agus Supriyanto. [din/mu]

Tag : pengangguran, lulusan, sma, slta


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat