13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bolehkah Minum Kopi saat Perut Masih Kosong di Pagi Hari?

blokbojonegoro.com | Saturday, 04 May 2019 07:00

Bolehkah Minum Kopi saat Perut Masih Kosong di Pagi Hari?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebagian orang merasa tak ada yang lebih nikmat daripada meminum secangkir kopi saat baru bangun tidur. Secangkir kopi di pagi hari memang jadi kebutuhan. Minuman ini bisa membuat Anda penuh energi menjalani hari. Tapi bolehkan meminumnya saat perut masih kosong?

Menurut Kepala Ahli Nutrisi Klinis, Rumah Sakit Apollo India Priyanka Rohtagi, meminum kopi hitam dalam keadaan perut kosong bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan Anda. Kopi yang mengandung kafein menyebabkan produksi asam  lambung meningkat. Secara alami kopi juga mengandung asam. Asam ini mengikis lapisan lambung dan akhirnya membuat Anda mengalami gangguan pencernaan dan mulas.

“Tetapi jika kopi mengandung gula dan susu, mungkin tidak terlalu buruk dampaknya. Tetapi pastikan Anda mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas,” kata dia seperti dikutip Times of India, Sabtu, 27 April 2019.

Ahli gizi itu menambahkan bahwa jika Anda menderita masalah asam lambung  dan gastritis, Anda bisa mengonsumsi biskuit gandum atau almond sebelum minum kopi di pagi hari. Ia juga menyarankan wanita hamil atau sedang menjalani pengobatan tertentu, untuk menghindari asupan kafein di pagi hari.

Kopi juga menjadi pilihan banyak orang sebelum memulai sesi latihan atau olahraga. Ternyata, meminum kopi di waktu tersebut juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Priyankan mengatakan, kopi sebelum olahraga bisa menyebabkan dehidrasi.

Tetapi ternyata itu tidak berkaku untuk semua orang. Jika itu sudah menjadi kebiasaan Anda sejak lama, dan tidak ada masalah yang muncul, Anda dapat meneruskannya.

“Itu adalah pilihan personal. Sebagian orang merasa baik-baik saja dengan meminum kopi di pagi hari dalam keadaan perut kosong, tapi sebagian lagi tidak. Hal yang perlu diketahui adalah mengenal tubuh sendiri,” kata NBC Editor News Health and Nutrition NBC Madelyn Fernstrom kepada Today.com.

Jika gejalanya benar-benar terjadi, kopi sebaiknya dihindari. Anda bisa memilih kopi rendah asam atau makan sedikit dulu agar perut tidak benar-benar kosong.

Sumber: https://www.teras.id/life/pat-2/152435/
bolehkah-minum-kopi-saat-perut-masih-kosong-di-pagi-hari

Tag : kpi, pagi, efek, dampak, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat