16:00 . Bangun Sinergitas Babinsa Ngambon Bantu Warga Atasi Longsor   |   15:00 . Pengenalan Keselamatan Berlalu Lintas, Begini Cerita Tino Voigt   |   14:00 . Sukarelawan EMCL Kerjabakti di Desa Ngraho   |   13:00 . Kunjungi Omah Jamur di Ngraho, Icipi Olahan Jamur Tiram   |   12:00 . Keren...!!! Belajar dari Internet, Pemuda Bojonegoro Berhasil Buat Sepeda Listrik   |   11:00 . Tanah Bantaran Bengawan Solo di Bawah Jembatan Kaliketek Longsor   |   10:00 . Aksi Program Relawan ExxonMobil di Desa Ngraho   |   09:00 . 1 April 2020, Parkir Berlangganan Mulai Diterapkan   |   08:00 . Musim Panen, Jasa Perontok Jagung Kebanjiran Sewa   |   07:00 . 4 Stereotip Wanita Karier yang Harus Diubah   |   19:00 . Bisnis Sosial Raup Keuntungan Sekaligus Bantu Sesama   |   18:00 . Produksi Jagung di Bojonegoro Selalu Lebihi Target   |   17:00 . Mendagri Tito: Budaya Amplop Harus Hilang dari Pelayanan Publik Pemerintah   |   16:00 . Bulog Belum Lakukan Penyerapan Komoditi Jagung, Begini Penjelasannya...   |   15:00 . Petani Masyarakat Samin Panen Raya Bareng Gubernur Jatim   |  
Wed, 26 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 04 May 2019 07:00

Bolehkah Minum Kopi saat Perut Masih Kosong di Pagi Hari?

Bolehkah Minum Kopi saat Perut Masih Kosong di Pagi Hari?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebagian orang merasa tak ada yang lebih nikmat daripada meminum secangkir kopi saat baru bangun tidur. Secangkir kopi di pagi hari memang jadi kebutuhan. Minuman ini bisa membuat Anda penuh energi menjalani hari. Tapi bolehkan meminumnya saat perut masih kosong?

Menurut Kepala Ahli Nutrisi Klinis, Rumah Sakit Apollo India Priyanka Rohtagi, meminum kopi hitam dalam keadaan perut kosong bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan Anda. Kopi yang mengandung kafein menyebabkan produksi asam  lambung meningkat. Secara alami kopi juga mengandung asam. Asam ini mengikis lapisan lambung dan akhirnya membuat Anda mengalami gangguan pencernaan dan mulas.

“Tetapi jika kopi mengandung gula dan susu, mungkin tidak terlalu buruk dampaknya. Tetapi pastikan Anda mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas,” kata dia seperti dikutip Times of India, Sabtu, 27 April 2019.

Ahli gizi itu menambahkan bahwa jika Anda menderita masalah asam lambung  dan gastritis, Anda bisa mengonsumsi biskuit gandum atau almond sebelum minum kopi di pagi hari. Ia juga menyarankan wanita hamil atau sedang menjalani pengobatan tertentu, untuk menghindari asupan kafein di pagi hari.

Kopi juga menjadi pilihan banyak orang sebelum memulai sesi latihan atau olahraga. Ternyata, meminum kopi di waktu tersebut juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Priyankan mengatakan, kopi sebelum olahraga bisa menyebabkan dehidrasi.

Tetapi ternyata itu tidak berkaku untuk semua orang. Jika itu sudah menjadi kebiasaan Anda sejak lama, dan tidak ada masalah yang muncul, Anda dapat meneruskannya.

“Itu adalah pilihan personal. Sebagian orang merasa baik-baik saja dengan meminum kopi di pagi hari dalam keadaan perut kosong, tapi sebagian lagi tidak. Hal yang perlu diketahui adalah mengenal tubuh sendiri,” kata NBC Editor News Health and Nutrition NBC Madelyn Fernstrom kepada Today.com.

Jika gejalanya benar-benar terjadi, kopi sebaiknya dihindari. Anda bisa memilih kopi rendah asam atau makan sedikit dulu agar perut tidak benar-benar kosong.

Sumber: https://www.teras.id/life/pat-2/152435/
bolehkah-minum-kopi-saat-perut-masih-kosong-di-pagi-hari

Tag : kpi, pagi, efek, dampak, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat