22:00 . Antisipasi Aksi 22 Mei, Polres Bojonegoro Siaga di Stasiun   |   21:00 . Gandeng Pemuda NU, Ahbabul Musthofa Tebar Ta'jil di Kedungadem   |   20:00 . PC IPNU IPPNU Bojonegoro Ngaos Administrasi   |   19:00 . Viking Bojonegoro Bagi Takjil dan Santunan Anak Yatim   |   18:30 . Bersama Komunitas Offroad, Kapolres Bojonegoro Bagi Takjil   |   18:00 . Bedah Keorganisasian, Tingkatkan Keterampilan Kader Jalankan SOP   |   17:00 . Pentingnya Pendidikan Agama untuk Anak   |   16:00 . Pasar Surup, Ala Bazar Kartar Tulungagung   |   15:00 . Luas Tanam Bawang Merah Hingga 4 Bulan Capai 1.215 Hektar   |   14:00 . Sepakbola Awali Pagelaran Porprov di Bojonegoro   |   13:00 . Manasik Haji Kabupaten Dijadwalkan 19 Juni Mendatang   |   12:00 . Inilah Lowongan Pekerjaan yang Selalu Dinanti Saat Ramadan   |   11:00 . Sambang Pelajar, PKPT IAI Sunan Giri Kenalkan Aswaja Sejak Dini   |   10:00 . Dinas Pengairan : Jelang Kemarau, Sejumlah Embung Dinormalisasi   |   09:00 . Cegah Mobilisasi People Power, Polres Bojonegoro Razia Kendaraan   |  
Mon, 20 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 06 May 2019 20:00

Viral Pentol Sejati Bojonegoro

Asal Jargon 'Wayahe...Wayahe...' Siapa yang Memviralkan?

Asal Jargon 'Wayahe...Wayahe...' Siapa yang Memviralkan?

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Banyak apresiasi yang diberikan oleh netizen dalam komentar di video berjudul VIRAL..! PENTOL WAYAHE WAYAHE SAAT PEMILU yang ada di Channel YouTube blokBojonegoroTV. Selain apresiasi, ada juga perdebatan terkait siapa yang pertama kali memviralkan jargon 'Wayahe...wayahe..."

Dalam video yang ditonton hampir 1 juta kali itu, salah satu akun, David Setyawan mengungkapkan, bahwa sebenarnya yang memviralkan 'Wayahe...wayahe...' adalah Agos Kotak.

Komentar itu, mendapat tanggapan dari netizen yang lain, CahayaHati. Menurutnya, sejak dulu kalimat 'Wayahe' yang artinya waktunya sudah ada. Sejak dulu di Jawa kata ini juga sudah ada. Salah satu penjual pentol asal Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Ngadino warga Desa Ngrandu Kecamatan Kedungadem telah berjualan pentol sejak tahun 2002 juga sudah memakai kata ini, akan tetapi baru akhir-akhir ini ada yang meviralkan karena unik ketika menyebutkan kata-kata itu.

"Kata siapa? Buktinya dimana2 g viral tuh. Kalimat wayahe wayahe ini udah biasa lek..... Sejak zaman dlu di jawa dah biasa. Cuma bapak ini unik ketika menyebut wayahe wayahe plus pakek tetot tetot dan sejak 2002 jualan pentol udah pakek wayahe wayahe cuma ya ga viral. Baru akhir2 ini ada yg memviralkan.," sanggahnya dalam komentar David Setyawan.

Akun WM2TWIN - WahyuMukti juga menyebutkan,kata wayahe juga dipakai saat dirinya masih sekolah, Saat jam kembali, tapi tidak datang, biasanya juga bilang Wayahe...wayahe..."Sudah umum . Kata kek gini klau orang jawa," tulisnya.

Dari penelusuran blokBojonegoro.com, jika menurut akun David Setyawan asal viral kata 'Wayahe...wayahe...' dari chanel yang dimaksud, kata itu hanya muncul dalam adegan mancing, seorang yang ceritanya jadi modin datang sambil pukul bak seperti pedagang sambil bilang '"Wayahe...wayahe...".  Video tersebut, dipublikasikan pada tanggal 19 April 2019.



Sedangkan di Chanel blokBojonegoroTV, video 'Wayahe...wayahe..." mulai dipublikasikan tanggal 23 April 2019. Meski demikian, sebenarnya sejak akhir tahun 2018, setiap pukul 15.00 WIB dan terkadang 15.30 WIB, Pentol Sejati, merek dagang yang dibuat Pak Ngadino itu melintas sambil berseru 'Wayahe...wayahe...'

Chief Executif Officer (CEO) Blok Media Group (BMG) yang membawahi blokBojonegoro.com dan blokTuban.com, Muhammad A. Qohhar sudah sempat menugasi redaksi akhir 2018.

“Sekitar Desember 2018, saya bilang ke redaksi dan crew blokBojonegoroTV untuk buat profil “Pentol Wayahe”. Karena unik dan khas,” kata Mas Koko, sapaan karibnya kepada blokBojonegoro.com.

Belum sempat dibuat, jelang pemilu, pengggalan video berdurasi 21 detik dan ada yang 19 detik menyebar begitu cepat di media sosial (Medsos). Terutama aplikasi WhatsApp (WA). Dalam sekejap, wayahe... wayahe... memasyarakat.

“Saat mendengar pertama kali sudah punya firasat akan viral. Ternyata benar, tepat ketika Pemilu berlangsung,” tambahnya. [ito/lis]

Tag : wayahe, asli, bojonegoro, viral, pentol, sejati

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat