Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rumah Negeri Atas Air, Pesona Wisata Jantung Kota

blokbojonegoro.com | Tuesday, 07 May 2019 01:00

Rumah Negeri Atas Air, Pesona Wisata Jantung Kota

Reporter : Joel Joko 

blokBojonegoro.com - Sebuah rumah hunian di jantung kota menjadi tempat wisata yang cukup menarik.Mengambil tagline 'Negeri Atas Air' rumah wisata yang terletak di kompleks perumahan Griya Permata Asri, Jalan Kyai Mojo, Kelurahan Mojokampung, Kecamatan Bojonegoro Kota ini menjadi destinasi wisata foto selfie yang instagramable.

Saiful Salam, pemilik rumah wisata "Negeri Atas Air" menceritakan ide menjadikan kediamannya sebagai rumah wisata sebenarnya hanya berawal dari iseng - iseng melihat latar belakang rumah yang dipenuhi tambak ikan milik warga.

"Ya sebenarnya hanya iseng - iseng saja, mengkreasikan rumah yang memiliki latar belakang tambahk" ujarnya.

Ia menambahkan filosofi Negeri Atas Air sendiri karena memang latar belakang rumah yang terdapat tambak ikan cukup luas. Lalu bersama seorang temannya mulai mendesain rumah uniknya sejak 26 November 2017 dan pembukaan untuk destinasi wisata foto pada Februari 2018.

"Kita memang baru setahun lebih membuka rumah wisata ini," lanjutnya.

Meski tergolong baru, tapi antusiasme masyarakat Bojonegoro cukup besar. Setidaknya setiap harinya ada 50 orang yang menyempatkan berkunjung ke 'Negeri Atas Air'. Bahkan jumlah itu bertambah hingga setengahnya atau mencapai 80 orang di akhir pekan dan libur panjang.

Rumah wisata ini juga menjadi rumah hunian yang ditinggali pertama difungsikan sebagai wisata untuk spot foto yang di dekorasi sedemikian rupa. Bila kebanyakan orang memilih rumah tinggalnya dijadikan tempat tinggal atau ladang bisnis kuliner semisal warung atau toko kelontong.

Saiful memilih menjadi sosok yang antimainstream menjadikan rumahnya di dekorasi sedemikian rupa untuk spot foto.

Keunikan lain tempat ini selain rumah hunian pribadi yang dijadikan tempat wisata, juga karena desain dekorasi bahan - bahannya dari olahan barang bekas dan sampah yang dianggap tak terpakai oleh masyarakat, seperti ban bekas, tanaman wlingi yang dianggap hama di rawa - rawa, sangkar burung bekas, dan jaring bekas.

"Saya juga tanam beberapa tanaman hias agar suasananya lebih dingin dan alami. Selain memang karena hobi koleksi bunga," ungkapnya.

Tampak beberapa tanaman seperti pohon markisa, palem, dan alamanda menjadi daya tarik di tengah sentuhan dekorasi kayu dan olahan bahan bekas pakai lainnya.

Pengunjung juga dapat menikmati sensasi memanjat gubug atas yang di belakangnya tepat terdapat tambak ikan. Sehingga ada adrenalin yang terpacu bila menaiki atap gubug tersebut.

Nah untuk anda yang berencana singgah di sini, tak perlu khawatir kantong anda akan terkuras. Pengunjung cukup menikmati hidangan makanan dan minuman seadanya yang disuguhkan pengelola.

Bagi anda yang ingin foto pre-wedding pun pengelola menyediakan spot cukup membayar Rp 20 ribu sudah termasuk satu tim pre-wedding tersebut.

"Murah meriah yang penting rumah ini tidak sepi. Kita juga sering digunakan untuk prewedding," ungkapnya.

Bila anda berkunjung ke rumah wisata 'Negeri Atas Air' buka mulai jam 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Jadi untuk apa salahnya bila anda berkunjung ke Bojonegoro menyempatkan diri singgah di Negeri Atas Air ini. [lis]

Tag : wisata, sejarah, kota, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini