Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

MIN 1 Bojonegoro Tamankan Sadar Bencana Sejak Dini

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 May 2019 10:00

MIN 1 Bojonegoro Tamankan Sadar Bencana Sejak Dini

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Kesiapsiagaan bencana harus dimiliki semua masyarakat karena tidak menutupkemungkinan bisa menjadi korban, saat bencana terjadi. Sehingga MIN 1 Bojonegoro menanamkan sadar bencana sejak dini pada diri siswanya.

Hal itu ditunjukkan melalui sosialisasi sadar bencana di aula MIN 1 Bojonegoro, Rabu (8/5/2019). Dalam acara tersebut diikuti perwakilan 150 orang tua siswa dan para siswa dari kelas 3, 4 dan 5. "Tujuan utamanya untuk membekali peserta didik tentang sadar bencana," kata Kepala Madrasah, Ali Mujahidin saat membuka acara.

Menurut Pak Ali, mengingat Bojonegoro mempunyai potensi bencana mulai banjir bengawan solo, banjir bandang, banjir genangan air hujan dan juga longsor. Bahkan potensi puting beliung, kebakaran, gunung meletus maupun gempa bisa saja menjadi korban.

"Sehingga sosialisasi ini bisa memberikan pembelajaran dan pemahaman pada siswa, pentingnya sadar bencana. Bisa setiap saat mewaspadai terjadinya bencana, perlu kesiapsiagaan bencana," terangnya.

Sementara itu narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Eko Susanto menjelaskan cara mencegah dan menangani banjir, baik banjir bandang, banjir Bengawan Solo, maupun banjir genangan hujan. Termasuk cara penangan dan mengindari longsor, penanggulangan korban puting beliung.

Bahkan penganggulangan kebakaran, penanggulangan gunung meletus dan gempa bumi. "Terpenting saat menolong korban jangan panik. Tapi ketika menolong harus memperhatikan keselamatan dirinya," ungkapnya.

Dalam sosialisasi tersebut diakhiri dengan simulasi penanganan bencana. Tampak peserta semakin aktif ketika diajak simulasi penangan bencana. meskipun dalam kondisi puasa siswa siswi tetap semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. [zid/ito]
   
   

Tag : siap, siaga, bencana, siswa, man, min, bojonegoro, sekolah, bpbd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini