18:00 . Ingin Turut Kembangkan Ekonomi Syariah   |   17:00 . Datangi DPRD, PPPK Diknas Bojonegoro Minta Kejelasan   |   16:00 . Bupati Ajak Tingkatkan Protein Hewani dengan Minum Susu   |   15:00 . Menjadi Guru PAI, Bagi Irma Lutfiana adalah Tanggungan Moral Anak   |   14:00 . Inilah Juara Lomba Sapi Betina Produktif dan Gelar Panen Pedet 2019   |   13:00 . Bupati Targetkan Bojonegoro Bisa Duduki Nomor Dua Populasi Sapi Se-Jatim   |   12:00 . Bupati Melihat Sapi yang Mendapat Juara   |   11:00 . Tingkatkan Populasi Ternak dengan Lomba Sapi Betina Produktif   |   10:00 . Berkah Energi Pertamina, Inilah Lima Pemenangnya   |   09:00 . Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT   |   08:00 . 2 Ekor Sapi Tepanggang Saat Kebakaran di Desa Karangsono   |   07:00 . Persiapan agar Tubuh Tetap Bugar di Musim Hujan   |   06:00 . Belajar Bersama Cak Nun, Ribuan Jamaah Penuhi Lapangan Dukohkidul   |   17:00 . Angin Kencang, 3 Dapur dan 1 Rumah di Baureno Roboh   |   15:00 . BMKG Prediksi Hujan Segera Turun di Bojonegoro   |  
Thu, 17 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 08 May 2019 09:00

Tips Sehat Saat Puasa Ala Dinkes Bojonegoro

Tips Sehat Saat Puasa Ala Dinkes Bojonegoro

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Perubahan aktivitas tidur serta pola makan kerap dijumpai selama Ramadan. Pentingnya kesadaran akan kesehatan menjadi hal yang perlu diperhatikan setiap warga.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro mengingatkan warga yang menjalani puasa Ramadan, agar menjaga kondisi fisik supaya tetap sehat dengan menyantap makanan bergizi seimbang saat berbuka dan sahur.

"Yang penting disiapkan selama bulan Ramadan ini adalah kondisi fisik agar tetap sehat, salah satunya dengan makan makanan gizi seimbang," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Hernowo.

Ahmad Hernowo menjelaskan, upaya menjaga kondisi fisik tetap sehat sebagai hal penting agar aktivitas sehari-hari selama berpuasa tetap lancar, mengingat Ramadan berlangsung selama musim kemarau yang tentunya akan menguras tenaga.

Ia menjelaskan tentang gizi seimbang, yakni mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak dan minum air yang cukup selama Ramadan. Menurutnya, walaupun berpuasa jadwal makan dan minum berkurang, kebutuhan buah, sayur dan air tetap diupayakan untuk dijaga.

"Makanlah makanan yang bergizi, protein tinggi, hindari makanan dengan lemak tinggi, dan karbohidrat tinggi selama Ramadan," katanya.

Hernowo menjelaskan, mengonsumsi makananan berlemak dan karbohidrat tinggi selama Ramadan dapat merangsang gangguan pencernaan dan tenggorokan. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan agar tidak mengkonsumsi makanan atau minuman (bukan air putih) yang berlebihan.

Selama Ramadan, lanjutnya, kasus-kasus kesehatan yang sering terjadi pada masyarakat adalah gangguan pada pencernaan akibat pola makan yang kurang baik.

"Yang terpenting dalam 1 hari minimal harus minum 1,5 liter air. Sebab, dari 1,5 liter 1 liter akan menjadi air seni dan selebihnya baru diserap oleh tubuh," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Dinas Kesehatan juga telah menyiagakan puskesmas dengan petugasnya untuk memberikan layanan kesehatan selama Ramadan. Ia mengatakan, selama Ramadan puskesmas tetap beroperasi seperti biasa.

Hanya saja jam operasional untuk Poli mengalami perubahan sesuai aturan yang diterbitkan Pemkab Bojonegoro.

"Kalau untuk Emergency puskesmas tetap buka 24 jam. Namun kami juga berharap kalau hanya periksa penyakit biasa usahakan saat jam keja," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]

Tag : kesehatan, ramadan, sehat

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat