21:00 . Nakes dan ASN Meninggal, Masih Bandel Langgar Protokol Kesehatan ?   |   20:00 . 6 Orang Sembuh, Tambahan 4 Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   19:00 . Ditarget Selesai Akhir Tahun, Pembangunan Pasar Banjarejo Capai 55 Persen   |   18:00 . Bahagia, Seribuan Sertifikat Hak Tanah Diterima Warga Sarirejo   |   17:00 . Di Bawah Etalase Bengkel, Ular 1.5 Meter Berhasil Dievakuasi Damkar   |   16:00 . 1 ASN Meninggal Karena Covid-19, Pemkab Akan Terapkan Work From Home   |   15:00 . Sebelum Menyesal Ingat Ini   |   14:00 . Ajak Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan, Moeldoko Kenakan Kaos ini...   |   13:00 . 56 Personel Kodim Bojonegoro Naik Pangkat   |   12:00 . Ayo Ikut Kompetisi PFMuda Pertamina Foundation   |   11:30 . Ingat Pesan Ibu, 3M   |   11:00 . Rayakan Ultah Ke-20 Biznet Tawarkan Promo dan Bonus Menarik   |   10:00 . VF: Alhamdulillah Saya Sembuh dari Covid-19   |   09:00 . Cerita Pasien Saat Terkonfirmasi Positif Covid   |   08:00 . 294 Tambahan Baru di Jatim, Pasien Sembuh Covid-19 meningkat 350 Orang   |  
Thu, 01 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 10 May 2019 07:00

Tips Ramadhan: 4 Cara untuk Tetap Produktif Bekerja saat Puasa

Tips Ramadhan: 4 Cara untuk Tetap Produktif Bekerja saat Puasa

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Meskipun puasa Ramadhan berpotensi mengurangi fokus dan energi akibat tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam, tidak ada alasan bagi Anda para perempuan karier untuk tidak produktif karena sedang berpuasa. Tak dapat dipungkiri, saat puasa Anda akan menjadi mudah lelah, mengantuk, dan kurang konsentrasi. Hal inilah yang akhirnya bisa membuat hari-hari Anda bisa terancam tidak produktif.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kumparan telah merangkum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda tetap produktif dan fokus bekerja saat bulan Ramadhan.

1. Memilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka

Makanan yang kita konsumsi memiliki dampak besar pada tubuh selama puasa. Dan saat Anda mengkonsumsi makanan yang digoreng dan berminyak, tubuh Anda akan merasa lesu dan malas sepanjang hari sampai malam karena makanan tersebut mengandung lemak. Bukan berarti Anda tidak bisa makan makanan yang digoreng sama sekali, tapi Anda bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun misalnya. Karena minyak zaitun juga mengandung lemak yang diperlukan oleh tubuh yang sedang puasa.“Lemak juga perlu, tapi lemak baik. Jika biasanya sayur dan lauk dimasak pakai minyak goreng, kalau bisa sekarang pakai minyak zaitun,” ungkap Pakar gizi klinis dr Jovita Amelia, SpGK kepada kumparan.

Untuk menghindari banyak minyak, cobalah mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti oatmeal saat sahur. Kombinasikan dengan buah, dan segelas susu. Untuk buka puasa, pilih makanan yang bergizi lengkap. Mulai dari daging, ikan, sayur, buah, hingga kacang-kacangan. Kunyah makanan secara perlahan agar makanan mudah dicerna dalam perut untuk menghindari perut kembung. Usahakan untuk memilih makanan yang lebih ringan.

2. Tidur yang cukup

Melansir Cosmopolitan, dalam keadaan normal, tubuh dan otak Anda perlu beristirahat selama 6-8 jam perhari agar energi kembali pulih dan menjaga kesehatan organ tubuh. Sedangkan saat menjalankan Ramadhan, waktu tidur Anda tentu akan berkurang dan tidak sesuai dengan jadwal biasanya.

Untuk mengatasinya, Anda harus tidur senyenyak mungkin agar tidak mengantuk keesokan harinya saat bekerja. Coba tidur lebih awal dari biasanya dan jauhkan diri dari perangkat elektronik yang bisa membuat Anda terus terjaga.

3. Minum air putih yang cukup

Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup saat berbuka dan sahur agar Anda tubuh terhidrasi dan tidak lemas.

Menurut dr. Jovita, air putih sangat berperan untuk memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga hidrasi tubuh. Bagaimana pola yang tepat minum air putih cukup selama bulan puasa? Anda bisa coba formula berikut ini; saat sahur minum dua gelas air putih, kemudian enam gelas berikutnya diminum secara bertahap. Dua gelas saat buka puasa, dan empat gelas pada malam hari menjelang sahur.

4. Lakukan olahraga ringan

Meskipun sedang berpuasa, tidak berarti Anda harus berhenti olahraga sama sekali. Selain meringankan stres, olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Olahraga juga bisa membantu Anda untuk menjaga stamina sehingga tubuh tidak mudah lelah dan terserang penyakit. Jadi Anda akan tetap bisa produktif meskipun sedang berpuasa.

Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa adalah yoga dan jalan cepat. Dua olahraga ini tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga tetapi cukup membuat Anda mengeluarkan keringat dan meningkatkan fokus pada otak. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan Ramadhan adalah saat setelah berbuka.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat