18:00 . Pertamina Sambut Kembali Siswa Jatim dari Gorontalo   |   17:00 . Tanpa 2 Pemain Inti, Persibo Optimis Kalahkan Nganjuk Ladang   |   16:00 . Conjo, Teknik Percepat Tanam Tembakau Tanpa Guludan   |   15:00 . Biasa Tanam Palawija, Kemarau Kali Ini Petani Mayangkawis Beralih Tembakau   |   13:00 . Disbudpar Targetkan 1,5 Juta Wisatawan Tahun Ini   |   12:00 . Persibo Waspadai Ancaman Tim Tamu   |   11:00 . Sempat Meroket, Harga Cabai Berangsur Turun   |   10:00 . Semakin Bugar dan Banyak Aktifitas di Masa Pensiun   |   09:00 . Bahagia Tampil di Istana Negara, Ini Cerita Penari Thengul   |   08:00 . Terus Diperhatikan, Kualitas dan Kuantitas UDD PMI Harus Ditingkatkan   |   07:00 . Tips Anti Stres untuk Ibu Bekerja yang Baru Jadi IRT   |   22:00 . Kodim Bojonegoro Rotasi Jabatan Perwira   |   21:00 . Majukan PMI, Jejaring Wilayah V Gelar Pertemuan di Bojonegoro   |   20:00 . Puluhan Regu Meriahkan Gerak Jalan SD-MI Kecamatan Kapas   |   19:00 . 8 Tahun Berjualan Kuliner Gloso, Warung Ini Dapat Penghargaan Bupati   |  
Fri, 23 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 12 May 2019 07:00

Puasa Sehat, Jangan Tidur Setelah Sahur

Puasa Sehat, Jangan Tidur Setelah Sahur

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Jangan langsung tidur selepas makan sahur kalau enggak mau sakit. Tidak ada faedahnya kalau habis sahur kita tidur lagi. Padahal, puasa menyehatkan tubuh manusia dan itu sudah terbukti secara ilmiah.

Hasil penelitian Dr Ebrahim Kazim, dari Trinidad Islamic Academy, melalui teknologi EEG (perekam gelombang otak) menunjukkan jika puasa membuat tidur lebih berkualitas.

Hal itu berpengaruh terhadap perbaikan tubuh dan otak. Sebagian besar orang melakukannya ketika sedang menjalankan puasa.

Kemudian, puasa juga terbukti bisa menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti jantung.

Sebab, organ yang tak bekerja keras saat puasa, bisa melakukan detoksifikasi secara sempurna, alhasil daya tahan tubuh pun meningkat.

Meskipun puasa terbukti menyehatkan tapi patut diketahui beberapa hal yang bisa merusak ibadah puasa.

Utamanya soal kesehatan yang kerap dilakukan oleh orang adalah tidur setelah makan sahur. Bahaya apa saja yang bisa datang karena kebiasaan satu ini. 

1. Merusak Liver

Ketika tidur semua organ dalam tubuh akan melambat metabolismenya, seperti usus dan lambung akan lambat dalam mencerna makanan. Akibatnya, makanan tidak tercerna dengan sempurna. Makanan yang tidak tercerna dengan sempurna akan dimakan oleh bakteri buruk.

Jumlah bakteri buruk di lambung dan usus menjadi dominan. Dimana sifat bakteri ini adalah anaerob (miskin oksigen). Hasil metabolisme bakteri ini bersifat asam.

Bakteri akan menghasilkan zat asam nitrit yang bersifat sangat asam. Asam nitrit akan meningkatkan derajat keasaman tubuh.

Derajat keasaman tubuh meningkat drastis akan membebani sistem metabolisme tubuh. Nah, asam nitrit inilah yang sangat beracun untuk liver.

2. Heartbun

Heartbun merupakan sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung.

Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung.

Hal itu mengakibatkan asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan. Tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk.

3. Stroke

Nah, jika kamu tidak mau terkena stroke sebaiknya jangan makan sahur langsung tidur. Sebuah penelitian menemukan jika kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke.

Sementara teori lain mengatakan kalau sistem pencernaan yang tak lancar memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang meningkatkan risiko stroke.

4. Bikin Gemuk

Bagi Anda yang bermimpi punya tubuh kurus setelah puasa berarti mulai besok kamu tidak boleh tidur sehabis sahur.

Nah, bukannya semakin kurus ketika puasa, berat badan Anda akan bertambah jika kamu melakukan kebiasaan tidur setelah makan sahur.

Berat badan bertambah karena tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membakar kalori sehingga akan ditimbun sebagai lemak di dalam tubuh. [lis]

sumber: www.tagar.id  

Tag : puasa, sahur

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat