Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 15 May 2019 07:00

Ini Lama Waktu Olahraga Ideal Bagi Anda yang Duduk di Kantor Seharian

Ini Lama Waktu Olahraga Ideal Bagi Anda yang Duduk di Kantor Seharian

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Tahukah Anda kebiasaan duduk selama berjam-jam di kantor dapat membahayakan kesehatan tubuh?

Riset yang dilakukan oleh Journal of the American College of Cardiology kepada 149.077 laki-laki dan perempuan menemukan bahwa orang yang sering duduk seharian di kantor dan minim melakukan gerakan, berisiko lebih tinggi terkena kematian akibat penyakit kardiovaskuler seperti jantung, hipertensi, hingga stroke.

Ya, orang yang terbiasa duduk setidaknya selama enam jam atau bahkan sepanjang hari tanpa bergerak dan berolahraga di bawah 150 menit perminggunya memililki risiko tinggi terkena serangan jantung.

Oleh karena itu salah satu cara efektif yang perlu dilakukan untuk menyeimbangkan kembali kondisi tubuh setelah seharian duduk di kantor adalah dengan melakukan olahraga.

Namun berapa lama ya kira-kira waktu yang harus dilakukan untuk menebus waktu duduk tersebut?

Melansir Harper's Bazaar, para peneliti menemukan bahwa tubuh manusia yang biasa duduk sepanjang hari setidaknya perlu berolahraga sekitar 150 hingga 200 menit perminggu atau rata-rata 30 menit perhari. Hal ini bisa membantu mengurangi dampak negatifnya.

Nah, jika Anda benar-benar ingin terhindar dari risiko penyakit kardiovaskuler akibat duduk terlalu lama, maka Anda perlu melakukan olahraga minimal 45 menit per hari.

Lebih lanjut lagi, sebuah penelitian di Australia mengungkapkan bahwa orang dewasa berusia 18 hingga 64 tahun, yang terbiasa duduk sepanjang hari Anda perlu berolahraga selama 150 hingga 300 menit perminggu dengan melakukan olahraga intensitas sedang seperti jalan cepat dan berenang. Sedangkan jika Anda ingin melakukan olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari cepat, Anda perlu menghabiskan waktu olahraga 75 hingga 150 menit.

Namun perlu dicatat olahraga yang dilakukan pun bisa beragam, tidak spesifik pada jenis olahraga tertentu. Yang penting Anda benar-benar memastikan tubuh tetap melakukan olahraga secara teratur.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini