Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 15 May 2019 21:00

Pesantren Alternatif Gubuk Taqrib Gelar Haul Sayyidah Khodijah

Pesantren Alternatif Gubuk Taqrib Gelar Haul Sayyidah Khodijah

Kontributor: Mokhamad Arifin 

blokBojonegoro.com - Pondok alternatif "Gubuk Taqrib" Desa Sendangrejo, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro menggelar Haul Sayyidah Khadijjah (Istri Nabi) dan Sayyidah Fatimah (Putri Nabi) yang dihadiri sedikitnya 300 warga dan santri di Gubug Taqrib di desa setempat, Rabu (15/5/2019) sore.

Selain peringatan haul istri dan putri baginda Nabi Muhammad, juga dalam memperingati haul dari Sayyid Muhammad Bin Alawi Almaliki dan KH. Munawir Muslih Abdul Karim Tanggir. Dengan dirangkai tahlil, mahalul qiyam, doa buka bersama, haul berjalan dengan khidmat. 

Menurut Pengasuh Gubug Taqrib, Kiai Ahmad Rozikin, kegiatan haul ini sebagai salah satu bentuk syiar Islam dan penghormatan terhadap para Istri Rasul. Pasalnya, banyak masyarakat yang belum, bahkan tidak mengenal sama sekali siapa mereka. 

"Haul ini adalah salah satu bentuk bagaimana kita meneladani kisah para manusia yang dimuliakan Allah,"ujarnya kepada blokBojonegoro.com

Ustadz Rozi menjelaskan, acara haul ini akan terus dilaksanakan setiap tahun. Dalam kesempatan ini, sebagai pemimpin tahlil yaitu Kuai Mujib Kholil, sedangkan mahalul qiyam dipimpin oleh Habib Abid Assegaf dan doanya oleh KH. Muhaimin dan Habib Ali Aljufry.

"Haul ini sudah yang kedua, dimulai pada tahun 1439 Hijriyah. Semoga bisa istiqomah," tuturnya

Tampak ratusan warga serta santri hingga anak-anak dengan khusyuk mengikuti haul ini. Disediakan juga takjil, berupa minuman, kurma dan makan. Sehingga, para jamaah dengan guyubnya terlihat sangat antusias mengaji meneladani kebijaksanaan ulama terdahulu.

"Semoga semua yang hadir pada haul ini dapat mendapatkan syafaat dan manfaat dunia dan akhirat," pungkas Ustadz Rozi. [fin/lis]

Tag : haul, istri nabi

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini