11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tenangkan Diri di Bulan Puasa dengan Lakukan Meditasi

blokbojonegoro.com | Friday, 17 May 2019 07:00

Tenangkan Diri di Bulan Puasa dengan Lakukan Meditasi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Banyak hal yang dapat membuat orang menjadi stres, mulai dari berbagai persoalan pekerjaan hingga masalah pribadi. Bertepatan dengan bulan Ramadhan ini, ada baiknya untuk belajar menenangkan diri agar tidak stres dengan cara menahan nafsu, mengendalikan emosi dan banyak bersyukur.

Supaya semakin tenang, ada cara yang bisa Anda lakukan, yakni melakukan meditasi. Ahli Yoga & Meditation Sanastudio Aprishi Allita menjelaskan, melakukan meditasi ketika berpuasa membuat pikiran lebih mudah fokus. Meditasi dengan kondisi perut kosong akan semakin lebih baik.

Tidak hanya itu saja, meditasi di bulan puasa bisa mendapatkan lebih banyak energi positif karena di sekeliling kita banyak yang fokus beribadah dan berbuat baik.

Selain membuat pikiran menjadi lebih fokus, meditasi juga membantu mengendalikan diri saat dilanda stres. Menurut Aprishi, stres dan perasaan tidak tenang disebabkan karena terlalu memikirkan masa depan dan masa lalu. Sebaiknya, kita bersyukur dengan keadaan sekarang dan menikmati hidup di masa ini dengan menjauhkan pikiran negatif.

“Destinasi meditasi supaya bisa hidup di present time, penting sekali untuk menyadari bahwa setiap orang pasti punya masalah. Jadi kita tidak tertekan dengan melihat hidup orang lain yang tampaknya tidak punya masalah atau seakan lebih beruntung dari kita,” jelasnya pada acara Well-thy & Wealthy bersama bank OCBC NISP dan SANA, di Sana Studio Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (16/5).

Meditasi membantu kita bisa lebih fokus dengan diri sendiri serta menguasai pikiran dan tubuh yang kacau. Meditasi membuat kita mampu mengendalikan energi negatif dan menyembuhkan diri sendiri atau self-healing.

Nyatanya, meditasi bukan suatu cara yang sulit. Justru Anda bisa melakukannya sendiri dan kapanpun. Anda hanya perlu mengontrol hembusan dan hirupan napas Anda.

“Pejamkan mata, perhatikan napasnya, hembuskan dan hirupkan. Napas se-normal mungkin tidak dibuat-buat, yang tipis dan tenang. Sudah itu saja, paling simpel dan gampang. Tidak perlu memikirkan hal apa-apa,” tuturnya.

Meski meditasi mudah dilakukan dan bisa kapan saja, meditasi mempunyai waktu terbaik untuk dilakukan pada bulan puasa.

“Baiknya sebelum sahur, kalau habis makan kan tidak enak. Meditasi terlebih dahulu, sahur, baru subuh. Lalu detik-detik sebelum buka meditasi dulu atau sebelum tidur habis tarawih,” pungkasnya.

Tertarik lakukan meditasi?

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan, tips, trik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat