07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |   21:00 . Aksi Trail Bojonegoro   |   20:00 . Halal Bi Halal ala Rider Trail   |   19:00 . Rider Trail Halal Bi Halal Masuk Hutan   |   18:00 . Pasca Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Turun   |   17:00 . Tahun Ajaran Baru, Pedagang Perlengkapan Sekolah Kebanjiran Pembeli   |   16:00 . Reog Bopo Roso Meriahkan CFD Bojonegoro   |   15:00 . Anggaran Bantuan 33 Panti Asuhan Capai Rp770 Juta   |   14:00 . DPMD: Bantuan DAK Lulusan SMA/MA 2019 Belum Jelas   |   13:30 . Emas Catur dari Refita   |   13:00 . Perkuat Mental, Tim Futsal Porprov Bojonegoro Akan Gandeng Brimob   |   12:00 . Ngontel Kedua, Dulu Pernah Bertemu Gus Dur   |   11:30 . Kader NU 'Ngontel' Temui Kiai Ma'ruf di Jakarta   |   11:00 . Yes..! Refita Asal Bojonegoro Sabet Emas   |   10:00 . Nadzar, Kader NU 'Ngontel' Temui Kiai Ma'ruf di Jakarta   |  
Mon, 17 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 22 May 2019 21:00

STAI Attanwir Peringati Haul Abuya Al-Maliki di Halaman Kampus

STAI Attanwir Peringati Haul Abuya Al-Maliki di Halaman Kampus

Kontributor: Maulina Alfiana

blokBojonegoro.com - Peringatan Haul Prof. Dr. Abuya Sayyid Muhammad Al Hasan bin Alawi Al-Maliki Al Hasani yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attanwir, yang berada di Desa Talun, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, di halaman kampus setempat, Rabu (22/5/2019) sore.

Haul tersebut merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh STAI Attanwir, dengan berbagai rangkaian acara islami yang kemudian ditutup dengan berbuka puasa bersama. Acara tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa yang juga termasuk Santri Pondok Pesantren Attanwir serta jajaran para dosen dan tamu undangan.

Seperti diketahui, Prof. Dr. Abuya Sayyid Muhammad Al-Hasan bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani adalah guru dari Al-Habib Abubakar bin Hasan Al-Attas Az-Zabidi, yang meninggal di Makkah pada Jumat 15 Ramadan 1425 Hijriyah dan dimakamkan di pemakaman Al-Ma’la disamping kuburan istri Rasulullah Sayyidah Khadijah binti Khuwailid.

Diceritakan oleh salah seorang murid Prof. Dr. Abuya Sayyid Muhammad Al Hasan bin Alawi Al-Maliki Al Hasani, yakni Syadzili Imron yang juga salah seorang ustazd di Pondok Attanwir, Abuya adalah sosok yang sangat disiplin, beliau sangat marah ketika melihat muridnya merokok. Diibaratkan rokok adalah semacam khomer.

Abuya pun tidak suka rambut panjang dan kuku yang panjang, beliau selalu menamakan sesuatu apapun miliknya, bahkan mobil beliau pun ada namanya semua dan kemana pun pergi selalu meminum air zam-zam.

"Dan ada satu hal lagi yang masih menjadi panutan yang tak lekang oleh zaman, yakni dengan sering membaca buku dan diskusi, tidak boleh ada kata nganggur, waktu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," papar Gus Syadzili sapaan akrabnya.

Sementara itu, salah satu Mahasiswa Abid Amrullah megatakan Sebagai santri, tentunya kita sepatutnya untuk hormat dan takdim dengan selalu mendoakan beliau, sebagai Guru yang luar biasa. Dan dengan memperingati haul seperti ini para santri akan selalu mengingat akan kebajikan-kebajikan yang pernah ditorehkan sewaktu beliau masih hidup.

"Guru besar Abuya memang sosok yang luar biasa, wajib bagi kita seorang mahasiswa yang juga santri untuk meneladani sifat-sifat serta perilakunya," tandas mahasiswa semester empat tersebut kepada blokBojonegoro. [lin/lis]

Tag : haul, abuya

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more