16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Semangat Salat, Masjid Al-Birru Dihiasi Kiswah Ka'bah

blokbojonegoro.com | Thursday, 30 May 2019 14:00

Semangat Salat, Masjid Al-Birru Dihiasi Kiswah Ka'bah

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Bagi umat islam yang pernah menunaikan ibadah haji, dipastikan tidak asing dengan kain kiswah yang menutupi Ka'bah. Namun sekarang ini kain bertuliskan kaligrafi bersulam emas itu menghiasi masjid Al-Birru Pertiwi Dander Bojonegoro.

Kain sepanjang 3,5 meter dengan berat 10 kilogram, yang bertuliskan ayat Al-Qur'an menggunakan khot Tsulus itu sekarang masing disimpan di kompleks masjid. "Kiswah ini kebetulan baru datang kemarin, yang bawa Bapak Supramu Santosa selaku Owner masjid ini," kata Direktur Pelaksana masjid Al-Birru Pertiwi, Ustadz Agus Sholahuddin.

Penceramah yang akrab dipanggil Gus Sholah itu menjelaskan, Kiswah ini informasi dari beliau (Supramu Santoso) didapat dari relasinya atau kawan beliau dan alhamdulillah bisa dibawa ke masjid. "Karena sebenarnya Kiswah ini sulit juga, nggak tahu beliau bisa mendapatkannya. Alhamdulillah karena pertolongan Allah mendapatkan Kiswah ini," jelasnya.

Menurutnya, kalau dilihat dari namanya kaligrafi tulisannya ini surat Al-Hajj ayat 26 dan tahun pemakaian atau pembuatannya ini 1429 Hijriyah atau sekitar tahun 2008 masehi. Pasalnya dalam kiswah tersebut ada tulisan 1429 menggunakan bahasa arab, tetapi bahannya sama yakni emas.

"Kiswah ini setiap tahun selalu diganti meskipun kondisinya masih baik, artinya pasti ada tahun pemakaian atau tahun itu tahun pembuatan. Selama satu tahun penuh, Kiswah nempel di dinding Ka'bah," terangnya.

Gus Sholah yang juga ketua Remas Agung Darussalam menambahkan, selama setahun penuh Kiswah dijadikan ibadah thowaf para umat islam yang menjalankan ibadah haji.

"Harapannya juga mendapatkan keberkahan dari orang-orang yang menjalankan ibadah umroh dan juga haji itu. Sehingga kita memasang Kiswah ini di Masjid Al-birru Pertiwi supaya Masjid Al birru Pertiwi ini akan mendapatkan berkahnya Baitullah Ka'bah. Sekaligus juga berkahnya masjid karena bagaimanapun juga Kiswah ini selama satu tahun ada di dalam Masjidil Haram," imbuhnya.

Namun sementara ini, Kiswah belum bisa dipasang diatas imaman masjid karena masih menunggu pembuatan tempat atau pigura Kiswah. "Sebenarnya keinginan beliau (Supramu Santoso) dipasang sebelum lebaran, tapi belum bisa dan menunggu proses pembuatan figuranya," pungkasnya.

Seperti diketahui Kiswah adalah kain yang menutupi Kakbah di Makkah, Saudi Arabia. Kain ini biasanya diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari ketika jamaah haji berjalan ke Bukit Arafah pada musim Haji. Nama kiswah dalam bahasa Arab berarti 'selubung' (kain yang dikenakan pada peti) dan seasal dengan kata kisui dalam bahasa Ibrani. [zid/ito]

Tag : Masjid, al birru



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat