18:00 . Kirab Pusaka Haul Ke-237 Ki Andongsari (Adipati Arya Mentahun)   |   17:00 . As Roda Belakang Mobil Dump Truk Patah, Lalu Lintas Tersendat   |   16:00 . IKIP PGRI Bojonegoro Lantik Organisasi Kemahasiswaan   |   15:00 . Punya Harga Jual Tinggi Dibalik Limbah Tanaman Kedelai   |   12:00 . Zakat Upaya Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga Sangat Miskin   |   11:00 . Sempat Viral di Medsos, Kakek Pengemis Diamankan Satpol PP   |   10:00 . Diantar Keluarga untuk Mengemis, Seorang Kakek dan Wanita Muda Ditangkap?   |   09:00 . Fuul: Kampus Ungu Bersholawat Bareng Gus Azmi   |   08:00 . Ditinggal Nonton Hiburan, Rumah di Ngasem Terbakar   |   07:00 . Waspada Bila Anak Tampak Begitu Lamban dan Mudah Jatuh   |   21:00 . Bus Baru Pemkab Bojonegoro Khusus untuk Pelayanan dan Sosial   |   20:00 . Live: Kampus Ungu Bersholawat Bersama Gus Azmi   |   19:00 . Kader Baureno Nahkodai PDPM Bojonegoro   |   18:00 . Diduga Kelelahan, Staf Perhutani Ditemukan Meninggal Dunia   |   17:00 . Bus Baru Pemkab, Bupati: Untuk Pelayanan dan Sosial   |  
Mon, 16 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 05 June 2019 11:00

Khotbah Idul Fitri, Khotib Paparkan Karakter Orang Bertaqwa

Kontributor: Mokhamad Arifin 

blokBojonegoro.com - Khotbah Salat Idul Fitri di Masjid Darussalam, Kabupaten Bojonegoro tahu 1440 H/ 2019 M kali ini disampaikan oleh Ustad H. Yogi Prana Izza, Lc., MA dari Ketua Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Bojonegoro. Sedangkan yang bertugas sebagai imam yaitu Drs. HM. Nurul Huda, M. Hi. 

Dalam kesempatan khotbah, Ustad Yogi menyampaikan tema tentang "Karakter Orang-Orang Bertaqwa". Terdapat 3 karakter, seperti disebut Alquran dalam Surat Al Imron ayat 134, yaitu orang yang senantiasa berinfaq, mampu menahan amarah, dan selalu memafkan orang lain.

"Berinfaq, baik dalam keadaan susah maupun senang. Tidak ada kerisauan, mendapatkan imbalan ataupun tidak dari infaq tersebut," kata Ustad Yogi dalam khotbahnya.

Yang kedua, agar masyarakat menjadi pribadi yang mampu menahan amarah. Di momen idul fitri, sudah selayaknya digunakan untuk instropeksi diri, lebih bersabar dan bijak dalam menyikapi segala sesuatu. Bahwa, setiap marah itu berasal dari setan. Dan saat marahpun orang tidak mampu berfikir positif.

"Banyak yang mempengaruhi tensi emosi saat ini, baik lingkungan dan termasuk konten berita yang tersebar. Banyak konten berita yang menyulut api kebencian, sehingga masyarakat harus selalu bijak menyikapi hal ini. Tidak mengedepankan ego sektoral,"jelasnya.

Terakhir, memafkan kesalahan orang, mau berbesar hati, melakukan rekonsiliasi karakter penuh kasih. Sesuai saat Nabi Muhammad diutus didunia, yaitu untuk menjadi rahmat seluruh alam. Bahkan, dari rohmah Rosulullah yang pemaaf inilah, Agama Islam mampu berkembang dengan pesat. 

"Kita harus bisa mematikan api dendam dan merangkul dengan kelemah lembutan. Idul fitri ini berarti kembali fitrah dengan ajaran Islam, kembali kepada kemanusiaan dan saling memaafkan," kata Ustad Yogi.

Salat Idul Fitri di Masjid Agung Darussalam Bojonegoro dimulai pukul 06.25 WIB. Jemaah membeludak hingga alun-alun, sepanjang Jalan KH. Hasyim Asy'ari sampai sebagian Jalan Imam Bonjol. Salat Idul Fitri berlangsung khidmat dan tertib. [fin/lis]

 

Tag : khutbah, idul fitri

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat