10:00 . PC PMII Bojonegoro Ajak Pemkab Diskusi Masalah KPM   |   07:00 . 7 Cara Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat   |   22:00 . PC PMII Bojonegoro Pertanyakan Hasil Kunjungan Bupati   |   21:00 . Dispora Buka Relawan Porprov Jawa Timur di Bojonegoro   |   20:00 . 9 Bakal Calon Kepala Desa Mundur, 2 Tak Lolos Administrasi   |   19:00 . TAB, Pemprov Gratiskan Seragam dan SPP untuk SMA-SMK?   |   18:00 . Jumlah DPT Pilkades Serentak Capai 428,437 Pemilih   |   17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |  
Wed, 19 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 05 June 2019 11:00

Khotbah Idul Fitri, Khotib Paparkan Karakter Orang Bertaqwa

Kontributor: Mokhamad Arifin 

blokBojonegoro.com - Khotbah Salat Idul Fitri di Masjid Darussalam, Kabupaten Bojonegoro tahu 1440 H/ 2019 M kali ini disampaikan oleh Ustad H. Yogi Prana Izza, Lc., MA dari Ketua Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Bojonegoro. Sedangkan yang bertugas sebagai imam yaitu Drs. HM. Nurul Huda, M. Hi. 

Dalam kesempatan khotbah, Ustad Yogi menyampaikan tema tentang "Karakter Orang-Orang Bertaqwa". Terdapat 3 karakter, seperti disebut Alquran dalam Surat Al Imron ayat 134, yaitu orang yang senantiasa berinfaq, mampu menahan amarah, dan selalu memafkan orang lain.

"Berinfaq, baik dalam keadaan susah maupun senang. Tidak ada kerisauan, mendapatkan imbalan ataupun tidak dari infaq tersebut," kata Ustad Yogi dalam khotbahnya.

Yang kedua, agar masyarakat menjadi pribadi yang mampu menahan amarah. Di momen idul fitri, sudah selayaknya digunakan untuk instropeksi diri, lebih bersabar dan bijak dalam menyikapi segala sesuatu. Bahwa, setiap marah itu berasal dari setan. Dan saat marahpun orang tidak mampu berfikir positif.

"Banyak yang mempengaruhi tensi emosi saat ini, baik lingkungan dan termasuk konten berita yang tersebar. Banyak konten berita yang menyulut api kebencian, sehingga masyarakat harus selalu bijak menyikapi hal ini. Tidak mengedepankan ego sektoral,"jelasnya.

Terakhir, memafkan kesalahan orang, mau berbesar hati, melakukan rekonsiliasi karakter penuh kasih. Sesuai saat Nabi Muhammad diutus didunia, yaitu untuk menjadi rahmat seluruh alam. Bahkan, dari rohmah Rosulullah yang pemaaf inilah, Agama Islam mampu berkembang dengan pesat. 

"Kita harus bisa mematikan api dendam dan merangkul dengan kelemah lembutan. Idul fitri ini berarti kembali fitrah dengan ajaran Islam, kembali kepada kemanusiaan dan saling memaafkan," kata Ustad Yogi.

Salat Idul Fitri di Masjid Agung Darussalam Bojonegoro dimulai pukul 06.25 WIB. Jemaah membeludak hingga alun-alun, sepanjang Jalan KH. Hasyim Asy'ari sampai sebagian Jalan Imam Bonjol. Salat Idul Fitri berlangsung khidmat dan tertib. [fin/lis]

 

Tag : khutbah, idul fitri

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more