Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

320 Orang Terserang DBD, Diprediksi Akan Terus Bertambah

blokbojonegoro.com | Friday, 07 June 2019 13:00

320 Orang Terserang DBD, Diprediksi Akan Terus Bertambah

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Wabah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bojonegoro masih merajalela. Pasalnya, ada ratusan penderita penyakit yang disebabkan Nyamuk Aedes Aegypti tersebut.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro mencatat, hingga bulan Mei 2019, angka penderita penyakit DBD di Bojonegoro telah mencapai 320 orang dan diperkirakan masih akan terus bertambah. Ratusan penderita DBD tersebut menjalani perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan di Kabupaten Bojonegoro.

"Pada bulan Januari ada 223 kasus dan 4 meninggal, Februari ada 58 kasus, 1 meninggal, Maret 14 orang, April 16 orang dan Mei 9 orang," kata Kasi Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Bojonegoro, Wheny Dyah.

dr Wheny menjelaskan, kondisi pasien DBD berbeda-beda. Ada yang parah hingga harus dirawat inap, ada pula yang sedang hingga ringan sehingga tidak sampai dirawat intensif. Meski demikian, dia meminta warga untuk terus memerhatikan kondisi kesehatannya.

"Kita lihat (penurunan) trombositnya drastis, (ada yang) di bawah 100. Untuk menjaga agar tidak pendarahan, syok, harusnya dirawat di rumah sakit," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk melakukan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Hal ini bertujuan guna mengantisipasi berkembangnya jentik Nyamuk Aedes Aegepti yang dapat menyebabkan penyakit DBD.

"Kami mengimbau kepada warga agar terus kerja bakti untuk memberantas jentik nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD. Kami juga berharap warga berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan," lanjutnya.

Perlu dicatat juga, perkembangan Nyamuk Aedes Aegepti sebenarnya tidak terjadi pada musim penghujan saja. Musim kemarau sebenarnya juga  berpeluang kuat, asalkan ada penyimpanan air yang tidak tertutup dengan rapat.

"Musim kemarau sangat kemungkinan juga, sebab banyak masyarakat yang menyimpan air untuk kebutuhan kemarau, sehingga harus benar-benar perhatikan," pesannya kepada blokBojonegoro.com.[din/lis]

Tag : dbd, nyamuk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini