Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspadai Tiga Penyakit Saat Musim Kemarau

blokbojonegoro.com | Saturday, 08 June 2019 11:00

Waspadai Tiga Penyakit Saat Musim Kemarau *Foto ilustrasi

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat agar mewaspadai berbagai macam penyakit yang muncul pada musim kemarau saat ini.

Kasi Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Wheny Dyah, mengatakan, di antara penyakit yang rentan menyerang masyarakat pada musim kemarau saat ini adalah batuk, demam dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Untuk itu kita minta masyarakat lebih waspada terhadap serangan penyakit yang biasa menyerang saat musim panas ini," jelasnya.

Dia mengatakan, penyakit ISPA bisa menyerang setiap orang karena saat kemarau debu yang beterbangan berkemungkinan besar masuk pada rongga pernafasan. "Masuknya debu ke rongga pernafasan maka tubuh akan menolaknya, sehingga bisa memunculkan batuk maupun bersin yang membuat rongga tersebut luka atau pun infeksi," ujarnya.

Jika demikian, maka serangan demam pada masyarakat juga akan tinggi dan ini harus diwaspadai. Selain itu, penyakit diare yang biasanya sering menyerang masyarakat saat musim hujan juga bisa saja berpotensi besar terjangkit saat kemarau.

Hal ini disebabkan debu yang beterbangan ditiup angin dan masuk pada sumber maupun wadah penampungan air yang dipergunakan warga untuk minum. "Jika air sudah tercampur debu maka diare akan mudah menyerang warga," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu, ia juga menghimbau agar masyarakat harus rajin membersihkan lingkungan rumah dengan membersihkan sarang debu dan menjaga sirkulasi udara ruangan dengan ventilasi yang memadai. Serta, selalu gunakan masker saat berpergian ke luar untuk mencegah mencegah serangan ISPA.

"Jika seseorang di tempat yang ramai menderita ISPA, ia dapat dengan mudah menulari orang-orang di sekitarnya," ujarnya.[din/ito]

Tag : bojonegoro, penyakit, kemarau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini