10:00 . PC PMII Bojonegoro Ajak Pemkab Diskusi Masalah KPM   |   07:00 . 7 Cara Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat   |   22:00 . PC PMII Bojonegoro Pertanyakan Hasil Kunjungan Bupati   |   21:00 . Dispora Buka Relawan Porprov Jawa Timur di Bojonegoro   |   20:00 . 9 Bakal Calon Kepala Desa Mundur, 2 Tak Lolos Administrasi   |   19:00 . TAB, Pemprov Gratiskan Seragam dan SPP untuk SMA-SMK?   |   18:00 . Jumlah DPT Pilkades Serentak Capai 428,437 Pemilih   |   17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |  
Wed, 19 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 09 June 2019 07:00

Anak Rewel di Tengah Perjalanan Mudik, Bagaimana Mengatasinya?

Anak Rewel di Tengah Perjalanan Mudik, Bagaimana Mengatasinya?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya agar bisa berlebaran bersama keluarga di daerah asal. Sebagian masyarakat juga memanfaatkan waktu liburannya untuk bertamasya.

Dengan semakin siapnya infrastruktur jalan, semakin banyak pula masyarakat yang mudik ke kampung halaman dan bepergian menggunakan mobil pribadi.

Kemacetan pun perlu diantisipasi. Kemacetan kala mudik memang menguji kesabaran. Namun, bagi orangtua yang membawa anak kecil, kesabaran yang dibutuhkan haruslah lebih besar.

Nah, apa yang harus dilakukan orangtua jika anak rewel dalam perjalanan mudik?

Pendiri Parentalk ID, Nucha Bachri menekankan pentingnya afirmasi. Anak-anak harus diberitahu terlebih dahulu tentang tujuan mereka dan juga kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi di jalan.

Misalnya, lama perjalanan dan kemacetan yang mungkin dihadapi.

"Biar anak secara batin akan lebih siap dan lebih paham juga kalau ibu dan bapaknya lebih capek," kata Nucha di Jakarta beberapa waktu lalu.

Orangtua juga harus menyiapkan hal-hal apa yang kira-kira dibutuhkan anak sepanjang perjalanan. Misalnya, membawa bekal makanan dengan nutrisi lengkap. Sebab, seringkali anak malas makan ketika dalam perjalanan.
Persiapan lainnya adalah mainan. Orangtua tak perlu membawa semua mainan yang ada di rumah. Usahakan membawa mainan yang cenderung baru sehingga anak masih semangat memainkannya.

"Bukan mainan yang biasa dia lihat karena anak suka bosan," kata Nucha.

Ponsel seringkali juga menjadi andalan para orangtua untuk meredam anak yang rewel atau kebosanan di tengah perjalanan. Sebelum pergi, usahakan mengunggah beberapa video untuk disimpan di dalam ponsel.

Namun, jangan lupa untuk membatasi waktu penggunaan ponsel di perjalanan agar anak tidak pusing atau mual.

"Lalu yang penting ada alternatif, misalnya buku atau banyakin cemilan," tuturnya.

Nucha menambahkan, penting pula untuk menghitung durasi perjalanan yang akan ditempuh. Misalnya, dengan durasi perjalanan 8 jam, usahakan menyempatkan waktu beristirahat di tengah perjalanan untuk meregangkan badan dan cuci mata.

Namun, Nucha mengatakan terkadang orangtua dihinggapi kekhawatiran yang berlebihan. Anak-anak yang disangka akan rewel di perjalanan, kadang justru menikmati perjalanan yang ada.

"Kadang kalau berpikir anak rewel, di hari H justru enggak rewel. Kadang ketakutan kita menguasai ke-parno-an. Padahal pada hari H mungkin si anak justru santai saja," kata Nucha.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more