Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pembuat AK1 di Disperinaker Meningkat 30 persen

blokbojonegoro.com | Tuesday, 11 June 2019 18:00

Pembuat AK1 di Disperinaker Meningkat 30 persen

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pasca Hari Raya Idulfitri 1440 H, para calon pencari kerja yang membuat kartu kuning (AK1) di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro mengalami peningkatan sebesar 30 persen dibanding hari-hari biasa.

Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Disperinaker Kabupaten Bojonegoro, Sugi Hartono, mengatakan, pencari kerja ramai sejak Senin (10/6/2019), atau pada hari pertama pelayanan umum dibuka setelah libur Lebaran. Sejak tadi kemarin, jumlah pencari kerja itu tidak surut, mereka memadati loket pendaftaran kartu kuning di Disperinker.

“Ada peningkatan sebesar 30 persen, yang pada hari biasa 20 sampai 30 orang, kini mencapai 60 orang,” ungkap Sugi Hartono.

Peningkatan pencari kerja di oleh masyarakat Bojonegoro selalu terjadi setiap pasca lebaran dan tahun ajaran baru. Sebab, banyaknya lowongan pekerjaan dan dibarengi dengan lulusan serentak SLTA di Bojonegoro.

"Ini disebabkan juga pasca tahun ajaran baru, selain itu kebutuhan masyarakat yang semakin bertambah pasca lebaran," terangnya.

Dari data yang dihimpun Disperinaker, kebanyakan pencari kerja didominasi lulusan baru, mereka memilih bekerja diluar daerah, seperti Surbaya, Gresik, Semarang dan Jakarta dibanding di dalam Bojonegoro sendiri lantaran upah dirasa terlalu kecil.

“Di sisi lain juga, pasca lebaran ini perusahaan di Bojonegoro belum ada yang membuka lowongan baru," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Hanya saja, jumlah  tersebut belum mampu menutupi tingkat penganguran yang masih tinggi di Bojonegoro mencapai 23.818. Sebab, berdasarkan catatan tahun 2017 dan 2018, dari pencari kerja sebanyak 4.091 dan 4.249 orang. Dari jumlah tersebut yang terserap baru sekitar 80 persen disetiap tahunya.

“Sebenarnya dari kita ada sekitar 10 ribu sampai 12 lowongan pekerjaan setiap tahunnya, baik dari dalam negri maupun luar negri, berhubungan banyak masyarakat yang memilah dan memilih sehingga berdampak dengan jumlah pengangguran di Bojonegoro," tutup pria yang akrab disapa Pak Gik tersebut.[din/ito]

Tag : kartu, kuning, disperinaker, bojonegoro, cara, membuat, syarat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini