Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jamrana ke-20 Al-Rosyid

Malam ini, Unggun Gembira Berlangsung Meriah

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 June 2019 21:00

Malam ini, Unggun Gembira Berlangsung Meriah

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 1.019 siswa madrasah Al-Rosyid, Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, terdiri dari Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah mengiku Jambore dan Raimuna (Jamrana) ke-20 di lapangan Desa/Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.

Totok Hariyanto, selaku ketua panitia menjelaskan, Jamrana ke-20 Al Rosyid ini akan dilaksanakan selama 4 hari, yaitu mulai tanggal 27-30 Juni 2019. Tidak tanggung-tangung, untuk mensukseskan perkemahan ini, persiapan dilakukan selama dua bulan sebelum pelaksanaannya.

"Kami juga melibatkan sebanyak 254 panitia dari kelas akhir Madrasah Aliyah dan Mutakhorijin,"terang Totok.

Jambore sendiri merupakan Pertemuan Pramuka untuk Penggalang sedangkan Raimuna untuk Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar kemudian diambillah istilah Jamrana dalam kemah Al Rosyid ini karena melibatkan semua peserta tersebut.

Lebih lanjut, Totok mengatakan, rencananya besok pada Minggu (30/6/2019) perkemahan akan ditutup oleh Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arh Redinal Dewanto. Sedangkan dalam kesempatan pembukaan pada Kamis (27/6/2019), kemah dibuka langsung oleh Kasat Brimob  Polda Jatim, Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmiko dan dihadiri sejumlah Forkopimda Kabupaten Bojonegoro.

"Rencananya kita mengundang Kapolda Jatim untuk membuka, namun Kapolda berhalangan hadir,"imbuhnya.

Kemah yang mengusung tema "Bersama Kemah Santri Alrosyid Menuju Indonesia Damai" ini, diharapkan di kondisi yang carut marut perpecahan saat ini segenap peserta maupun masyarakat  dapat selalu menjaga perdamaian sehingga menciptakan suasana tentram menuju Indonesia merdeka.

Sementara salah satu peserta, Nanik mengaku sangat gembira saat mengikuti perkemahan. Siswi kelas 2 Madrasah Aliyah tersebut juga mengatakan, kemah kali ini merupakan kemah ketiga kalinya yang ia ikuti. Sebelumnya, pada tahun 2015 dan 2017 ia juga berkesempatan merasakan kemeriahan setiap kemah di Alrosyid.

"Harapanya semoga kelompok saya menang di ASC dan untuk kelas 2 Aliyah Alrosyid semakin solid,"harapnya.

Sedangkan untuk malam ini, Sabtu (29/6/2019) agendanya akan digelar prosesi unggun gembira atau upacara penyalaan api unggun dengan dirangkai beragam penampilan dari para peserta. sebelumnya, banyak juga kegiatan yang telah dilaksanakan, seperti jelajah alam, karnaval dan Al Rosyid Scout Competititon (ASC). Bukan hanya peserta, warga juga terlihat antusias atas perkemahan ini. [fin/ito]

Tag : jamrana, ngumpakdalem, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini