07:00 . Konsumsi Makanan Manis Berlebihan Ikut Memicu Hipertensi   |   20:00 . Tembakau Virginia dan Jawa Lebih Dipilih Petani Bojonegoro   |   19:00 . Usai Laksanakan Rukun Haji, Sebagian Jemaah Laksanakan Thawaf Ifadloh   |   18:00 . Unsur Pimpinan Ditentukan DPP, DPC Demokrat Tunggu Keputusan   |   17:00 . Rumah dan Lahan Hutan Dominasi Kebakaran di Bojonegoro   |   16:00 . Akibat Bakar Sampah, Rumpun Bambu 0,2 Hektar Terbakar   |   15:00 . Ringankan Kekeringan, Banom NU Bersinergi Distribusikan Air Bersih   |   14:00 . Pertamina Memberikan Sinyal Groundbreaking Kilang   |   13:00 . 75 Kebakaran di Bojonegoro, Kerugian Mencapai Rp2,3 Milyar   |   12:00 . Nikmatnya Penyetan Gloso Warung Semox Bikin Ketagihan   |   11:00 . Cegah Radikalisme dengan Sembuhkan Penyakit Kudis, Kurap dan Kutil   |   10:00 . Calon Pimpinan, Gerindra Usulkan 3 Nama ke DPP   |   09:00 . Ciamik..! Atlet Binaraga Bojonegoro Raih Emas   |   08:00 . Adu Cantik Melalui Rias di Desa Sarangan   |   07:00 . 3 Cara Atasi Anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah   |  
Tue, 20 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 01 July 2019 21:00

Pilkades Serentak 2019

Diduga Banyak Kecurangan, Pilkades Mayangrejo Dipermasalahkan

Diduga Banyak Kecurangan, Pilkades Mayangrejo Dipermasalahkan

Kontributor: Muhammad Qomaruddin

blokBojonegoro.com - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (26/6/2019), di Balai Desa setempat masih menyisakan persoalan. Pasalnya dalam pesta demokrasi tersebut diduga banyak terjadi kecurangan.

Sehingga dua calon kepala desa (Cakades), Ashandi dan Munari tertanggal 29 Juni 2019 melayangkan surat keberatan yang ditujukan kepada Ketua Panitia Pilkades Desa Mayangrejo, Camat Kalitidu, Bupati Bojonegoro dan Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro. "Menyatakan keberatan atas hasil pemungutan suara yang dilakukan oleh panitia pada tahap Pilkades Mayangrejo yang dilakukan pada hari tanggal Rabu 26 Juni 2019," kata Ashandi, Cakades nomor urut 1 itu.

Menurutnya, keberatan tersebut dipastikan ada dasar yang kuat karena ada beberapa alat bukti dan kejanggalan yang ditemukan dalam setiap tahapan Pilkades. Disebutkan kejanggalan yang menjadikan keberatan diawali verifikasi persyaratan untuk penetapan bakal calon tidak dilakukan terbuka dengan antar bakal calon dan panitia.

Serta pelaksanaan tata tertib diduga menguntungkan salah satu pihak Cakades. "Buktinya semua masyarakat Mayangrejo tahu ada Cakades tidak hadir kampanye. Namun, tidak diberitahukan alasan yang bisa diterima dan tanpa diberitahukan calon lain serta khalayak secara umum melalui mekanisme panitia yang semestinya," sesalnya kepada blokBojonegoro.com.

Belum lagi waktu kampanye yang tidak sesuai dengan jadwal, karena melewati satu jam dari jadwal yang telah ditentukan pukul 13.00 WIB. Sebab kampanye baru dimulai pukul 14.00 WIB, setelah adanya permintaan salah satu bakal calon. Selain itu, jadwal hari tenang diduga tidak sesuai dengan tata tertib yang disepakati.

"Panitia tidak tertib administrasi, karena ditemukan pemilih yang belum memenuhi batas umur, namun datang dan mendapatkan surat suara," ujarnya.

Ditambahkan Ashandi, tempat pencoblosan dilakukan di luar bilik suara didampingi dengan tim sukses calon. Belum lagi ditemukan keterlibatan perangkat desa dalam kegiatan money politik yang dilakukan secara terbuka dengan bukti-bukti yang kuat.

"Para calon tidak menandatangani hasil berita acara rekapitulasi pemungutan suara, karena kami keberatan," pungkas Ashandi.

Sementara itu Ketua Panitia Pilkades Mayangrejo, Pak Noto belum memberikan kejelasan terkait pelaksanaan Pilkades yang diselenggarakannya tersebut. Termasuk Camat Kalitidu, Muchlisin juga belum memberikan keterangan secara pasti adanya dugaan kecurangan Pilkades diwilayahnya. Seperti diketahui, dalam pelaksanan Pilkades Mayangrejo diikuti tiga Cakades yakni Ashandi calon nomor urut 01, H. Sunaryo nomor urut 02 dan Munari Cakades nomor urut 03. [rud/lis]

Tag : pilkades, mayangrejo

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat