Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Relaisasi Rencana Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko Ditarget 2020

blokbojonegoro.com | Monday, 01 July 2019 17:30

Relaisasi Rencana Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko Ditarget 2020

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Sebesar 30% lumbung energi nasional berada di Bojonegoro, untuk itu Pemkab Bojonegoro berusaha untuk membentuk sinergitas antara kesediaan energi dan irigasi air untuk pembangunan berkelanjutan.

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo mengadakan rapat dengan Bupati Bojonegoro untuk melaporkan progres rencana pembangunan Bendung Gerak Karangnongko. Realisasi pembangunan ini nantinya akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

Rapat berlangsung di Productive Room Lantai 7 Gedung Pemkab Bojonegoro pada Senin (1/7/2019). Rapat ini dihadiri oleh Bupati Bojonegoro, BAPPEDA, Dinas Sumber Daya Alam, PU Bina Marga serta para jajaran BBWS Bengawan Solo.

Selain membahas perencanaan Bendung Gerak Karangnongko, rapat ini juga membahas dampak serta lahan -lahan mana saja yang akan terpengaruh oleh pembangunan Bendung Gerak Karangnongko.

Kepala Balai Besar BBWS Wilayah Solo, Ronggo menuturkan, Bendung Gerak Karangnongko ini nantinya akan direncanakan sebagai infrastruktur kebutuhan irigasi air dan kebutuhan air baku untuk Rumah Tangga, Kota dan Industri (RKI).

"Bendung Gerak Karangnongko ini juga diharapkan dapat menggantikan Waduk Pacal karena kondisinya yang sudah berumur dan perlu direhab.", Jelas Ronggo.

Dalam rapat kali ini Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah menyampaikan kepada BAPPEDA untuk segera membuat tim. Tim ini nantinya akan mengawal pelaksanaan pembangunan Bendung Gerak Karangnongko dari tahap perencanaan hingga realisasi. Bupati juga menyampaikan pesan agar nantinya Bendung Gerak Karangnongko menjadi dapat menjadi tumpuan infrastruktur irigasi air.

"Irigasi hilir ini nantinya jangan sampai terlewatkan. Mengingat banyak sekitar lahan adalah untuk kebutuhan pertanian," terang Bupati.

Adapun Daerah Genangan Bendung Gerak Karangnongko yang dihimpun dari meliputi:
- Wilayah Blora
1. Desa Ngrawah
2. Desa Nginggil
3. Desa Nglebak
4 Desa Megiri

- Wilayah Ngawi
1. Desa Banyu Urip
2. Desa Ngawi
3. Desa Pelem
4. Desa Karang Tengah Kota

- Wilayah Bojonegoro
1. Desa Ngelo
2. Desa Kalangan

Tag : bendung, gerak, karangnongko, bojonegoro, blora, ngawi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini