22:00 . Sambut Milad, Rumah Sakit Aisyiyah Gelar Lomba Tahfidz   |   21:00 . Pemdes dan Kelompok Tani Ngadiluhur Balen Kendalikan Tikus   |   20:00 . Kurangi Pengangguran, Disperinaker Buka Job Fair 2019 Selama Dua Hari   |   19:00 . Disdikda Akui Atap Plafon Salah Satu SDN di Kecamatan Ngraho Ambrol   |   18:00 . Kodim 0813 Bojonegoro Gelar Pembinaan Wasbang Bersama Komponen Masyarakat   |   17:00 . Darurat Bencana, Puting Beliung Masih Mengintai Bojonegoro   |   16:00 . Peralihan Musim, Bojonegoro Status Waspada Angin Kencang   |   15:00 . Kodim Bojonegoro Buka Akses Jalan Pertanian di Desa Cancung   |   14:00 . Harga Logam Mulia Naik Rp 2.000 Per Gram   |   13:00 . Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di Jalan Letu Suwolo   |   12:00 . 210 Pohon Rawan Tumbang di Bojonegoro Bakal Ditebang   |   11:00 . Awan Gelap di Atas Kota Bojonegoro   |   09:00 . Buruan Daftar Lebih Awal, ini Fasilitasnya   |   08:00 . Adu Kepala, Truk Tronton Pukul Mundur Bus   |   07:00 . Kacamata Kesehatan, Perawatan Terbaik untuk Mata   |  
Thu, 14 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 12 July 2019 14:00

Robby Adi Prawira

Sempat Jualan Baju di Jalan, Kini Jadi Komisioner KPU

Sempat Jualan Baju di Jalan, Kini Jadi Komisioner KPU

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Ketekunan dan keseriusan dipastikan akan berbuah manis, hal itu yang sudah dirasakan Robby Adi Prawira, yang sekarang menduduki jabatan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro 2019-2024. Pasalnya sebelum menjadi penyelenggara Pemilu itu, Robby panggilan singkatnya sempat menjadi penjual baju di pinggir jalan tepatnya trotoar alun-alun Bojonegoro.

Meskipun sekarang ini sudah dilantik menjadi anggota KPU, sikap dan cara bicaranya tidak ada yang berubah. Robby tetap santun, murah senyum dan mudah berkomunikasi dengan siapa saja yang ditemuinya. Seperti saat bertemu blokBojonegoro.com, di ruang kerjanya kantor KPU Kabupaten Bojonegoro jalan H. Rosyid Dander Bojonegoro.

Sebab suami Ratna Utama Puspita Dewi ini, sudah mempunyai bakat menjadi marketing dan ingin berusaha sendiri. "Lulus kuliah dari Malang, jualan pakaian di trotoar alun-alun pernah saya lakukan," kenang Robby.

Diceritakan, tanpa malu ia sendirian mengayuh becak dari rumahnya menuju jantung kota untuk menjajakan baju, celana, celana pendek, kaos dan yang lainnya. "Berjualan di trotoar dulu masih bebas, tidak seketat sekarang ini," ceritanya sambil tersenyum.

Padahal ia juga sempat dilarang berjualan pakaian oleh orang tuanya, karena tidak ingin menganggur ia tetap keras kepala berjualan. "Sejak dulu tidak ingin menganggur, pokoknya bekerja terus," ungkapnya.

Menurut Robby, padahal waktu dulu ia bisa dikatakan dari keluarga berkecukupan, karena orang tuanya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bojonegoro. Sejak kecil sudah diajarkan bisa survive untuk menghidupi dirinya sendiri.

r2

"Dahulu sempat mau ikut proyek, tapi tidak diperbolehkan sama orang tua. Disuruh usaha sendiri, sehingga memilih berjualan itu," terang pria yang hobi nonton film kolosal itu.

Bahkan lanjut Robby, dulu ia tidak ada keinginan kuliah, karena ingin bekerja. Adanya paksaan orang tua, terpaksa ia harus menempuh bangku perguruan tinggi di Malang. Sehingga saat kuliah, sepeda motor yang diberikan orang tuanya disewakan kepada orang tanpa izin. Sebab ingin bekerja mencari uang.

Pengalaman mantan ketua OSIS SMAN 1 Bojonegoro di dunia manajemen juga sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya pria kelahiran Bojonegoro, 29 April 1981 itu juga sempat berkecimpung mengurusi manajemen artis sekelas Ahmad Dani, karena modalnya besar dengan terpaksa ia berhenti dari manajemen tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Robby ingin terjun di dunia politik namun tidak masuk dalam partai politik. Sehingga ia sempat daftar Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bojonegoro, termasuk di tahun 2014 ia daftar komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro tapi hanya masuk urutan ke-8.

"Saat pertama mendaftar 2014 tidak mendapat dukungan istri, tapi sekarang didukung dan bahkan dido'akan menjadi komisioner KPU," tuturnya dengan bahagia.

Ditambahkan, dari puluhan pendaftar sebenarnya ia sempat ragu antara terpilih dan tersingkir. Namun Robby tetap gigih belajar, saat namanya diumumkan lolos administrasi dan mengikuti seleksi tahapan-tahapan yang lain, sampai akhirnya ditetapkan menjadi komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro.

"Niatannya ingin bermanfaat buat orang banyak. Ingin menjadi penyelenggara pemilu, karena ketertarikan ke politik tapi sementara ini tidak ingin masuk," pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam proses rekrutmen komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro hanya diambil lima orang. Namun dalam proses awal ada 57 orang pelamar, setelah dilakukan seleksi administrasi diambil 40 orang. Peserta harus mengikuti tahapan seleksi mulai administrasi, tes Computer Asissted Test (CAT), psikologi, kesehatan dan wawancara. [zid/mu]

Biodata Diri :
Nama: Robby Adi Prawira, A.Md,. S.E., M.M
Tempat Tanggal Lahir: Bojonegoro, 29 April 1981
Alamat: Jalan Lisman Gg. Baeno I No.04 Bojonegoro
Istri: Ratna Utama Puspita Dewi, SH

Riwayat Pendidikan :
- SD Kadipaten II lulus 1994
- SMPN 1 Bojonegoro lulus 1997
- SMAN 1 Bojonegoro lulus 2000
- DIII Keuangan Perbankan Brawijaya lulus 2004
- SI STIE Cendekia Bojonegoro lulus 2009
- SII STIE Yapan Surabaya lulus 2018

Pengalaman Pekerjaan:
- Manager Marketing (DRO) PT. WOM Finance
- Ilham Digital Print
- Dosen Stikes Muhammadiyah Bojonegoro
- Manager SDM dan Keuangan SPBU Balen Bojonegoro

Pengalaman Organisasi:
- Ketua OSIS SMAN 1 Bojonegoro
- Ketua Bidang Litbang Radio Medusa FM
- Wakil Ketua PMBM Malang
- Kabid Kekaryaan HMI Komisariat Ekonomi Brawijaya.

Tag : Robby Adi Prawira, kpu, komisioner kpu

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat