20:00 . Forkopimcam Baureno Sinergi Bantu Korban Bencana   |   18:00 . Bappeda Gelar Lokakarya Expose tentang Sanitasi Air   |   17:00 . Kemenag Hanya Jalankan Aturan, Diska Wewenag PA   |   16:00 . Pilbox Peninggalan Belanda   |   15:00 . Melihat Tradisi Nyekar Jumat Pahing   |   14:00 . Senin, Peserta Lelang Jabatan Tes Wawancara   |   13:00 . Bulog Pastikan Mutu Beras di Bojonegoro Layak   |   12:00 . Per 15 Desember KA Argo Bromo Anggrek Berhenti di Stasiun Bojonegoro   |   11:00 . Mengenal Lala, Security Wanita Gedung Pemkab   |   10:00 . Komisi C DPRD Bojonegoro Berkunjung ke Kantor PEPC   |   09:00 . Melihat Pasar Hewan di Bojonegoro Selatan   |   08:00 . Pengajian, Moment Guyub Warga Desa   |   07:00 . Tips Pekerjaan: Begini Cara Atasi Baper di Kantor   |   20:00 . Emak Emak Modin Belajar Merawat Jenazah   |   19:00 . 7 Kecamatan ini Terkena Dampak Hujan Disertai Angin Kencang   |  
Sat, 14 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 16 July 2019 11:00

Penggunaan Bahasa Indonesia Media Massa

Korda Matraman Amsi Jatim: Bahasa di Media untuk Edukasi

Korda Matraman Amsi Jatim: Bahasa di Media untuk Edukasi

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Peranan bahasa Indonesia dalam media massa sangat penting. Namun acap kali dalam penulisan masih dijumpai adanya penggunaan kata yang kurang pas dalam penyampaiannya, sehingga penggunaan bahasa dalam penulisan berita, perlu pembinaan.

Hal itu disampaikan oleh Korda Mataraman Asosiasi Media Siber (AMSI) Jatim, M. Abdul Qohhar, dalam penyampaiannya di kegiatan Koordinasi Penggunaan Bahasa Indonesia Media Massa di Bojonegoro yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT), Selasa (16/7/2019). Menurutnya, penggunaan bahasa yang sesuai dalam penulisan di berita itu mencerminkan bahwa media tersebut media yang serius.

Lanjut pria yang juga sebagai CEO blokBojonegoro.com, peranan bahasa Indonesia di media itu bisa menjadi alat komunikasi untuk mengedukasi masyarakat, oleh karenanya penggunaan bahasa yang sesuai itu sangat penting dalam memahamkan pembacanya.

"Makanya dalam penulisan bahasa yang tepat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya masalah yang ingin disampaikan dan tujuan apa yang diingikan," jelas Magister Komunikasi Universitas Dr Soetomo Surabaya itu.

Dengan penulisan bahasa yang benar dalam penyampaian di sebuah media massa, nantinya tidak memunculkan multi tafsir dalam pemahaman. Oleh karenanya dalam penulisan bahasa harus disesuaikan dengan sudut pandang yang terjadi, sehingga dalam penulisan yang disampaikan akan bisa dipahami.

"Saat ini penggunaan bahasa ngetren juga sering muncul di media sosial," bebernya.

Seperti diketahui pertemuan Koordinasi Penggunaan Bahasa Indonesia Media Massa di Bojonegoro, ini dihadiri oleh Kepala BBJT, Pimpinan berbagai media dan beberapa wartawan. Tujuan kegiatan tersebut guna meningkatkan kedisiplinan dalam berbahasa serta untuk meningkatkan mutu pengguna bahasa dan memasyarakatkan hasil pengembangan bahasa dimasa kini. [saf/ito]

Tag : BBJT, bahasa, media, massa


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat