Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

TMMD ke-105 Kodim 0813 Bojonegoro

Berdayakan Lansia Menjadi Semakin Produktif

blokbojonegoro.com | Wednesday, 17 July 2019 15:00

Berdayakan Lansia Menjadi Semakin Produktif

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Keberadaan masyarakat lansia (lanjut usia) tidak bisa dipandang sebelah mata, karena mereka mampu berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti halnya para lansia di Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, diberdayakan melakukan pengembangan usaha sehingga semakin produktif.

"Sudah bertahun-tahun jualan kelontong, untuk mencukupi kebutuhan hidup," kata salah seorang lansia saat mengikuti sosialisasi pembinaan pemberdayaan lansia miskin oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bojonegoro, Rabu (17/7/2019), di Balai Desa Tondomulo dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0813 Bojonegoro.

Sementara itu Kabid pelayanan dan rehabilitasi sosial Dinsos Kabupaten Bojonegoro, Dwi Harningsih menjelaskan, kegiatan ini bersamaan dengan tmmd, sosialisasi diikuti para lansia yang berusia 60 tahun keatas yang mempunyai usaha.

"Setelah ini akan diberikan bantuan sesuai kebutuhan, agar mereka semakin produktif lagi," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Bu Dwi panggilannya menuturkan, bantuan usaha produktif tersebut sesuai kebutuhannya masing-masing, karena usaha bervariasi seperti usaha jual nasi, warung kopi, kelontong, perancang dan yang lainnya. Dengan begitu masyarakat yang sudah lansia merasa terbantu dan mengembangkan usaha.

"Termasuk diharapkan lansia dapat ikut membantu pembangunan di desa Tondomulo. Bisa dikembangkan dan tentunya menambah pemasukan," tuturnya.

Ditambahkan, program Lansia potensial dengan adanya kegiatan ini, lansia selain bisa berdaya juga menjadi sehat karena mereka bergerak dan beraktifitas. "Semoga lansia tidak hanya menunggu bantuan, tetapi bisa berdaya sendiri," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : tmmd, bojonegoro, tondomulo, kedungadem, kodim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini