14:00 . Barokah Sinergi Lintas Komunitas, NH Resmikan TPQ Pelosok Desa   |   13:00 . Pengurangan Pupuk Tidak Pengaruhi Kebutuhan Petani Bojonegoro   |   12:00 . Air Bengawan Solo Lebihi Batas Ambang Mutu   |   11:00 . Alat Berat Berhenti di Ngablak, Warga Tak Seheboh di Wilayah Timur   |   10:00 . Hingga Akhir Tahun, Logam Mulia Masih Dominasi Agunan Pegadaian   |   09:00 . Manfaatkan Rumah Sebagai Spot Foto Instagramable   |   08:00 . Kartar Nusa Bakti Manfaatkan Lahan Desa Sebagai Agro Wisata   |   07:00 . 4 Cara Mencegah Anak Ngompol di Malam Hari   |   02:00 . Lewat Jembatan, Kepala Truk Terpisah   |   01:30 . Rela Menunggu Demi Lihat Truk Lewat   |   01:00 . Unik, Lintasi Jembatan Kendaraan Tanpa Kepala   |   00:30 . Tunggu Alat Berat JTB Lewat, Warga Antre di Pinggir Jalan   |   00:00 . Tanpa Kepala, Alat Berat Lintasi Jembatan   |   23:30 . Pantau Lintasan Jembatan di Komputer   |   23:00 . Start Pukul 22.00 WIB, Jalanan Macet   |  
Sat, 07 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 18 July 2019 07:00

Jangan Makan 4 Bagian Ayam Berikut Demi Kesehatan

Jangan Makan 4 Bagian Ayam Berikut Demi Kesehatan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Orang zaman dulu percaya beberapa bagian ayam tak baik dikonsumsi. Misalnya, ada yang percaya bagian sayap ayam tak boleh dimakan oleh orang yang belum menikah karena bisa membuat jauh jodoh. Ada pemahaman nenek kakek dahulu yang melarang cucunya makan bagian buntut alias brutu ayam karena dikhawatirkan bikin anak itu bodoh.

Apakah semua peringatan itu mitos atau fakta? Jika diperhatikan dari alasannya, tentu tak ada hubungannya makan bagian tertentu dari ayam dengan jodoh atau tingkat kecerdasan seseorang. Meski begitu, dari sisi kesehatan ada kajian menarik tentang beberapa bagian ayam yang memang tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Mengutip situs kesehatan Web MD dan Live Strong, berikut ini empat bagian ayam yang sebaiknya tidak dimakan karena berdampak buruk bagi kesehatan.

1. Sayap
Sayap menjadi titik yang dituju ketika menyuntik ayam. Sayap ayam yang menjadi tempat atau akses obat-obatan semisal hormon, disuntikkan. Jadi, sangat mungkin obat-obatan tersebut mengendap dan tertinggal sehingga menimbulkan dampak kepada orang yang mengkonsumsinya.

2. Jeroan
Jeroan, termasuk hati ayam, memiliki rasa yang enak. Namun banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jeroan bisa berdampak buruk pada kesehatan. Kandungan lemak jenuh dalam jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol dan berisiko untuk kesehatan jantung. Jeroan ayam juga mengandung racun yang disaring dari darah, misalnya merkuri dan selenium.

3. Kulit
Seperti jeroan, kulit ayam juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Terlebih jika diolah dengan cara digoreng.

4. Buntut ayam atau brutu
Bagian brutu juga menjadi kesukaan banyak orang. Teksturnya kenyal dan gurih. Meski kaya mineral, bagian ini sangat tidak disarankan oleh ahli kesehatan untuk dikonsumsi lantaran lokasi kelenjar getah bening pada ayam ada di bokong. Artinya, virus dan bakteri jahat pun berkumpul di sana.

Brutu juga menjadi titik keluarnya kotoran ayam. Kendati sudah dibersihkan, siapa tahu masih ada sisa kotoran yang tertinggal di sana.

Sumber: https://www.cantika.com/read/1225668/
jangan-makan-4-bagian-ayam-berikut-demi-kesehatan

Tag : makan, ayam, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat