16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perkuat Pengembangan Operasional Kilang Nasional, Pertamina Gandeng 5 PTN

blokbojonegoro.com | Saturday, 20 July 2019 12:00

Perkuat Pengembangan Operasional Kilang Nasional, Pertamina Gandeng 5 PTN

Reporter: Ali Imron

blokBojonegoro.com - Pertamina menjalin kerjasama dengan 5 (lima) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka di tanah air yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Diponegoro (UNDIP) dalam rangka mengembangkan operasional pengolahan di kilang nasional.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan oleh Direktorat Pengolahan Pertamina yang diwakili oleh Vice President Process & Facility, Safii Triyono Y dengan Direktur Lembaga dan Penelitian UI, ITB, ITS, UGM dan UNDIP. Acara tersebut disaksikan oleh VP HSSE Refinery, Otto Gerentaka dan masing-masing Rektor dari kelima PTN di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/7/2019).

Dalam rilis yang diterima blokBojonegoro.com, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengungkapkan, saat ini Pertamina sedang memperkuat kinerja pengolahan dengan terus mengembangkan operasional 6 kilang eksisting yang dikelola perusahaan sambil mengupayakan pembangunan 4 Refinery Development Master Plan (RDMP) dan 2 Grass Root Refinery (GRR).

Dengan problematika operasional kilang yang sangat beragam dan kompleks, Pertamina membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memadai untuk menyelesaikan setiap masalah atau gangguan kilang sekaligus menciptakan metode pengembangan operasional yang tepat.

Sebagai lembaga pendidikan yang mencetak SDM berkualitas tinggi, kelima PTN tersebut diharapkan dapat berkontribusi dalam bisnis pengolahan Pertamina.

“Sinergi ini penting dan strategi dalam rangka mempertemukan akademisi PTN dan praktisi industri manufaktur yang ada di Pertamina serta memberikan problem solving bagi pengembangan operasional kilang yang menjadi tulang punggung penyediaan BBM dalam negeri,” kata Fajriyah.

Untuk mengelola enam kilang yang telah berumur lebih dari 20 tahun, lanjut Fajriyah, Pertamina membutuhkan SDM yang andal serta memerlukan flesibilitas untuk melakukan studi melalui kerjasama saling menguntungkan dengan PTN.

Sebagai gudang pengembangan ilmu pengetahuan, menurutnya lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia ini akan mampu menjadi sumber Iptek yang memadai, baik dari sisi jumlah maupun kompetensi cepat.

“Masa depan kilang nasional ada di tangan putra putri terbaik bangsa, dan bersama PTN terbaik ini diharapkan dapat terjalin kerjasama jangka panjang untuk mendorong kemandirian energi melalui penyediaan BBM dari 6 kilang Pertamina,”pungkasnya. [ali/rom]

Tag : pertamina, kilang pertamina



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat