07:00 . Konsumsi Makanan Manis Berlebihan Ikut Memicu Hipertensi   |   20:00 . Tembakau Virginia dan Jawa Lebih Dipilih Petani Bojonegoro   |   19:00 . Usai Laksanakan Rukun Haji, Sebagian Jemaah Laksanakan Thawaf Ifadloh   |   18:00 . Unsur Pimpinan Ditentukan DPP, DPC Demokrat Tunggu Keputusan   |   17:00 . Rumah dan Lahan Hutan Dominasi Kebakaran di Bojonegoro   |   16:00 . Akibat Bakar Sampah, Rumpun Bambu 0,2 Hektar Terbakar   |   15:00 . Ringankan Kekeringan, Banom NU Bersinergi Distribusikan Air Bersih   |   14:00 . Pertamina Memberikan Sinyal Groundbreaking Kilang   |   13:00 . 75 Kebakaran di Bojonegoro, Kerugian Mencapai Rp2,3 Milyar   |   12:00 . Nikmatnya Penyetan Gloso Warung Semox Bikin Ketagihan   |   11:00 . Cegah Radikalisme dengan Sembuhkan Penyakit Kudis, Kurap dan Kutil   |   10:00 . Calon Pimpinan, Gerindra Usulkan 3 Nama ke DPP   |   09:00 . Ciamik..! Atlet Binaraga Bojonegoro Raih Emas   |   08:00 . Adu Cantik Melalui Rias di Desa Sarangan   |   07:00 . 3 Cara Atasi Anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah   |  
Tue, 20 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 23 July 2019 14:00

Kelompok Tani Wanita Meriahkan Launching KPM

Kelompok Tani Wanita Meriahkan Launching KPM

Pengirim: Iskak Riyanto
 
blokBojonegoro.com - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, Pemkab Bojonegoro melaunching Kartu Petani Mandiri (KPM) di Desa Ngujung, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (23/7/2019).
 
Dalam acara launcing KPM ini juga dimeriahkan  gelar tehnologi pertanian dan pameran aneka olahan hasil pertanian, hidroponik, alat mesin pertanian (Alsintan), produk pestisida dan lain-lain.
 
Pameran ini diikuti oleh Kelompok Tani Wanita (KTW) Putri Tani Desa Drajat Kecamatan Baureno dan  KTW Srikandi Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang, Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Gading Dander, Dinas Pertanian, Pos Pelayanan Agent Hayati (PPAH) Bojonegoro, PT Petrokimia Kayaku Gresik, PKK dan BUMDes desa Ngujung.
 
KTW Putri Tani menampilkan produk unggulan aneka minuman ringan instan. Ada jus jambu biji merah dan wortel, Sari kedele, Beras kencur,  Kunyit asem. 
 
"Kami punya produk aneka olahan minuman Jus jambu biji merah dan wortel, Sari kedele, Beras kencur, Kunyit asem. Produk kami bisa juga didapatkan di jaringan toko buah yang tersebar mulai Kapas sampai Babat. Sekarang sedang proses memasukan di dua supermarket besar di Bojonegoro," kata Musri, bendahara KTW Putri Tani.
 
Tidak kalah menarik, KTW Srikandi menyuguhkan aneka olahan makanan ringan berupa Bawang goreng, Usus pepaya, Kripik pisang dan Krupuk tenggiri.
 
"Tetap kami mohon ma'af, untuk bawang goreng belum ada labelnya, karena ini baru dapat pelatihan dari Ketindan Malang seminggu yang lalu," kata Yunar, ketua KTW Srikandi.
 
Sementara itu Dinas Pertanian menampilkan aneka buah dan sayur hasil pertanian juga Hidroponik (bercocok tanam dengan media air).  Di pajang juga alat mesin pertanian modern, Traktor R2 dan R4, Rice Transplanter, Combine Harvester.
 
"Yang ingin latihan tanam sistem hidroponik monggo mampir di stand kami," kata Indah,  pakar hidroponik yang juga PPL Disperta yang bertugas di Kecamatan Malo.
 
Jaringan PPAH yang juga binaan Disperta memamerkan agent hayati yang ramah lingkungan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
 
"Ini untuk mengendalikan hama penyakit yang ramah kantong dan ramah lingkungan, ada Beauveria Bassiana, Paenibacillus, PGPR dan lain-lain," kata Kamim, anggota jaringan PPAH asal Dander. [ito]
 
*Penulis adalah PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : ppl, pertanian, launching, kpm, ngujung, temayang, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat