23:00 . Ibu-ibu di Lokasi TMMD Imbangan Diberikan Pelatihan Pembuatan Jamu   |   22:00 . 8 Orang Dinyatakan Sembuh dari Covid-19   |   21:30 . Pemkab Bojonegoro Kembali Berikan Layanan Rapid Tes Gratis   |   21:00 . PMI Bojonegoro Edukasi Santri Cara Hindari Covid   |   20:30 . Sakit Jantung, Seminggu Lalu Dirujuk ke Surabaya   |   20:00 . Agar Berjalan Sesuai Target, 3 Hal ini Tidak Sampai Terulang   |   19:30 . Turut Berduka, Ramai Ucapan Pak Santoso Wafat   |   19:00 . Warga di Kota ini Gunakan Pertalite, ini Alasannnya...   |   18:00 . Danrem 082/CPYJ Bersama Wartawan Komitmen Perangi Hoax   |   17:00 . Kemenag Jadwalkan Rukyatul Hilal 21 Juli, Guna Tentukan 1 Zulhijjah 1441 H   |   16:00 . Masih Kurang Pagu, Disdik Bojonegoro Belum Tentukan Buka PPDB Lagi   |   15:30 . Media Pop-up dan Movable Book Dikenalkan ke Guru dengan Aplikasi Zoom   |   15:00 . Bupati: Perlu Evaluasi Penekanan Pengendalian AKI AKB di Bojonegoro   |   14:00 . EMCL Serahkan Peralatan Pendukung untuk 36 Posyandu   |   13:00 . Potensi Ikan Tawar Terbesar, Bojonegoro Ditarget Mencapai 5.000 Ton   |  
Thu, 09 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 23 July 2019 14:00

Kelompok Tani Wanita Meriahkan Launching KPM

Kelompok Tani Wanita Meriahkan Launching KPM

Pengirim: Iskak Riyanto
 
blokBojonegoro.com - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, Pemkab Bojonegoro melaunching Kartu Petani Mandiri (KPM) di Desa Ngujung, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (23/7/2019).
 
Dalam acara launcing KPM ini juga dimeriahkan  gelar tehnologi pertanian dan pameran aneka olahan hasil pertanian, hidroponik, alat mesin pertanian (Alsintan), produk pestisida dan lain-lain.
 
Pameran ini diikuti oleh Kelompok Tani Wanita (KTW) Putri Tani Desa Drajat Kecamatan Baureno dan  KTW Srikandi Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang, Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Gading Dander, Dinas Pertanian, Pos Pelayanan Agent Hayati (PPAH) Bojonegoro, PT Petrokimia Kayaku Gresik, PKK dan BUMDes desa Ngujung.
 
KTW Putri Tani menampilkan produk unggulan aneka minuman ringan instan. Ada jus jambu biji merah dan wortel, Sari kedele, Beras kencur,  Kunyit asem. 
 
"Kami punya produk aneka olahan minuman Jus jambu biji merah dan wortel, Sari kedele, Beras kencur, Kunyit asem. Produk kami bisa juga didapatkan di jaringan toko buah yang tersebar mulai Kapas sampai Babat. Sekarang sedang proses memasukan di dua supermarket besar di Bojonegoro," kata Musri, bendahara KTW Putri Tani.
 
Tidak kalah menarik, KTW Srikandi menyuguhkan aneka olahan makanan ringan berupa Bawang goreng, Usus pepaya, Kripik pisang dan Krupuk tenggiri.
 
"Tetap kami mohon ma'af, untuk bawang goreng belum ada labelnya, karena ini baru dapat pelatihan dari Ketindan Malang seminggu yang lalu," kata Yunar, ketua KTW Srikandi.
 
Sementara itu Dinas Pertanian menampilkan aneka buah dan sayur hasil pertanian juga Hidroponik (bercocok tanam dengan media air).  Di pajang juga alat mesin pertanian modern, Traktor R2 dan R4, Rice Transplanter, Combine Harvester.
 
"Yang ingin latihan tanam sistem hidroponik monggo mampir di stand kami," kata Indah,  pakar hidroponik yang juga PPL Disperta yang bertugas di Kecamatan Malo.
 
Jaringan PPAH yang juga binaan Disperta memamerkan agent hayati yang ramah lingkungan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
 
"Ini untuk mengendalikan hama penyakit yang ramah kantong dan ramah lingkungan, ada Beauveria Bassiana, Paenibacillus, PGPR dan lain-lain," kata Kamim, anggota jaringan PPAH asal Dander. [ito]
 
*Penulis adalah PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : ppl, pertanian, launching, kpm, ngujung, temayang, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat