Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ini Alasan Pentingnya Bergaul dengan Orang Tua Murid di Sekolah

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 July 2019 07:00

Ini Alasan Pentingnya Bergaul dengan Orang Tua Murid di Sekolah

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Tahun ajaran 2019-2020 baru saja dimulai. Hari pertama masuk sekolah bisa jadi momen yang menyenangkan sekaligus mendebarkan bagi anak. Si kecil akan menemui teman dan lingkungan baru yang bisa saja membuatnya merasa cemas atau bahkan tidak percaya diri.

Guna memberikan rasa nyaman dan aman di hari pertama anak masuk sekolah, pendampingan orang tua sangat dianjurkan. Ini sesuai dengan anjuran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang tertera pada Surat Edaran No 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah: para orang tua dianjurkan untuk mengantarkan anak-anak mereka. Selain dapat menciptakan momen indah dengan anak di hari pertamanya masuk sekolah, Anda juga dapat membangun lingkungan baru — membentuk interaksi dengan pihak sekolah dan orang tua murid lain.

Ya, berteman dengan sesama orang tua murid sangat penting lho, Moms. Sebagaimana dilansir Sahabat Keluarga Kemendikbud, komunikasi yang efektif dibutuhkan para orang tua murid untuk meningkatkan solidaritas. Aktif dalam kegiatan di sekolah juga bisa turut meningkatkan mutu pendidikan anak. Tak hanya itu, Moms, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika berteman dengan orang tua dari teman-temannya si kecil di sekolah. Berikut manfaatnya:

Dapat Bertukar Informasi Terkini di Sekolah

Untuk mengetahui informasi apa yang ada di sekolah anak-anak,  sapa dan ajak orang tua murid yang Anda temui untuk mengobrol ringan. Mintalah nomornya, dan bila ada, Anda bisa bergabung di grup-grup chat yang diikuti para orang tua.

Manfaatkan media ini untuk mengenal sesama orang tua murid. Dengan begitu Anda tidak akan canggung untuk bertanya info terbaru tentang sekolah atau sekadar memastikan kembali info yang baru Anda dapat dari anak.

Ibu Bisa Menambah Relasi dan Hubungan Baik dengan Orang Lain

Lewat grup chat juga Anda bisa mengobrol ringan, mendengarkan berbagai masalah pengasuhan yang dialami orang tua murid lain, dan saling memberikan masukan.

Lewat perbincangan ini, Anda akan mendapatkan informasi terbaru seputar pola asuh yang bisa Anda terapkan dan Anda tidak akan tertinggal informasi atau foto-foto dari kegiatan di sekolah yang baru saja berlangsung. Menyenangkan bukan, Moms?

Turut Serta Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Kemajuan Sekolah

Mengutip Sahabat keluarga Kemendikbud, orang tua murid yang sudah saling mengenal dan menjadi lebih dekat akan memiliki rasa persaudaraan dan solidaritas yang kuat. Kedekatan tersebut membuka kesempatan bagi orang tua untuk bertemu, mengenal, dan mendiskusikan banyak hal dengan guru dan staf sekolah terutama soal perbaikan dan peningkatan kualitas pengajaran. Dengan begitu, orang tua bisa ikut terlibat dalam kegiatan di sekolah atau memberikan ide kepada pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik lagi.

Dapat Berbagi Informasi Mengenai Perlengkapan Kebutuhan Anak di Sekolah

Dengan bergaul bersama orang tua murid lainnya, Anda juga tidak akan sulit untuk mendapatkan informasi seputar kebutuhan anak di sekolah. Misalnya saja, Anda bisa bertanya di mana sebaiknya membeli kebutuhan sekolah yang berkualitas namun harganya terjangkau.

Moms, kini tidak perlu khawatir soal perlengkapan dan kebutuhan sekolah, Anda bisa membeli berbagai keperluan sekolah dengan mudah di Blibli.com, solusi ibu untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan anak — mulai dari sepatu, tas, tempat bekal, kebutuhan alat tulis dan kebutuhan lain yang diperlukan ketika anak pertama kali masuk sekolah hingga perlengkapan belajarnya.

Selain menyediakan sepatu dan tas berkualitas, di Blibli.com juga ada voucher untuk kursus bahasa Inggris di Shane English Centre, satu-satunya sekolah bahasa Inggris global yang telah diberi penghargaan Coat of Arms oleh Royal College of Arms. Bagaimana, Moms? Tertarik?

Tak hanya di sekolah saja, Moms. Anda juga bisa menjalin pertemanan dan sharing pengalaman dengan orang tua lain di Komunitas Sahabat Ibu Pintar. Untuk mendaftar, silakan klik tautan berikut ini.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini