Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gernas Buku, Sosialisasikan Urgensi Gemar Membaca Sejak Dini

blokbojonegoro.com | Friday, 26 July 2019 22:00

Gernas Buku, Sosialisasikan Urgensi Gemar Membaca Sejak Dini

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Kebiasaan membaca harus dilakukan sejak dini, tidak hanya anak saja tetapi orang tua juga harus ikut mendampingi. Sehingga Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) bersama Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Bojonegoro melakukan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas buku), Sabtu (27/7/2019).

Hal itu sesuai undangan Diknas Kabupaten Bojonegoro yang ditandatangani Kadiknas, Hanafi mengundang pengawas TK dan pemilik PAUD menyebutkan, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang dirangkaikan dengan 'Gemas Buku'. Undangan diminta mengajak ketua IGTK dan ketua Himpaudi kecamatan, serta mengikutsertakan 5 orang tua beserta anak layanan Taman kanak-kanak (TK) dan 5 orang tua beserta anak layanan Kelompok Bermain (KB),

agar mengikuti kegiatan tersebut Sabtu, (27/7/2019) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. 

Bentuk kegiatannya kegiatan orang tua membacakan buku untuk anaknya secara serentak pada tanggal 27 juli 2019 sebagai puncak kegiatan gerakan nasional orang tua membacakan buku di Tahun 2019 ini.

"Untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak, mempererat hubungan sosial emosi antara anak dan orang tua. Serta menumbuhkan minat baca sejak dini pada anak," kata ketua FTBM Kabupaten Bojonegoro, Imam Muhlas, Jumat (26/7/2019).

Aktifis yang akrab dipanggil Gokong menjelaskan, peserta-peserta dalam kegiatan ini adalah perwakilan peserta didik PAUD seluruh Kabupaten Bojonegoro, bersama orang tuanya yang dikoordinir oleh guru pendamping dari sekolah masing-masing. Setiap kecamatan mengirimkan perwakilan lima anak bersama orang tua dan PAUD nonformal dan 5 anak bersama orang tua dari PAUD Formal (TK).

"Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Buku), gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembahasan di rumah, di satuan PAUD dan di masyarakat," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Ditambahkan, Gernas Buku penting dilakukan karena hasil survei penilaian siswa pada 2015 menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan ke 64 dari 72 negara menurut survei BPS tahun 2015. Pasalnya 91,47 persen anak usia sekolah lebih suka menonton televisi dan 13,9 persen yang suka membaca. Pada abad ke-21 membutuhkan anak-anak yang mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi abad ini menuntut orang tua untuk mendampingi anak-anaknya mampu menguasai kecakapan beragam interaksi atau multiliterasi.

"Baca tulis numerasi pengetahuan alam atau sains, keuangan financial, digital, budaya dan membacakan buku untuk anaknya masing-masing secara kolosal pada puncak acara tanggal 27 juli 2019," pungkasnya. [zid/lis]

Tag : baca, buku



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini