20:00 . 3 Orang Dinyatakan Sembuh, Tambahan 7 Positif Covid -19   |   18:00 . Ternyata di Bojonegoro Ada Pengrajin Gelang Akar Bahar   |   17:00 . Konsolidasi PPP Bojonegoro Kuatkan Kader Partai   |   16:00 . Kebijakan Mendikbud Soal Sekolah Tatap Muka   |   15:00 . Update Pembangunan Jalan Rigid Beton   |   14:00 . Persiapan Kejuaraan di Jakarta Secara Virtual,10 Atlet Karate Intensifkan Latihan   |   13:00 . Pandemi, Peserta Bimbingan Kawin Dibatasi Hanya 8 Pasang   |   12:00 . Akhir Pekan, Harga Emas Turun Rp10.000   |   11:00 . Jawa Timur Bermasker   |   10:00 . Samsul Arif Berharap Persibo Bisa Naik Kasta   |   09:00 . Disdik Gowes Sambil Sambang Sekolah   |   08:00 . Usai Naik, Harga Daging Ayam Potong Turun Kembali   |   07:00 . 5 Tes Kesehatan yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Menikah   |   16:00 . Hingga Kini Baru Ada 11 Jemaah Ajukan Pengajuan BPIH   |   15:00 . New Normal, Jasa Rias Pengantin Mulai Bergairah   |  
Sun, 09 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 26 July 2019 07:00

Lebih Baik Mana, Wajah Bayi Diberi Bedak atau Tidak?

Lebih Baik Mana, Wajah Bayi Diberi Bedak atau Tidak?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Setelah mandi, sebagian orang tua umumnya akan menaburkan bedak di tubuh atau bahkan wajah bayi. Hal ini sangat umum ditemui karena telah menjadi kebiasaan turun menurun di masyarakat Indonesia.

Wajah bayi biasanya diberi bedak dengan alasan untuk menjaga kesegaran kulitnya, membuat tubuh si kecil wangi, atau untuk mencegah bayi berkeringat. Tapi sebenarnya, lebih baik mana, wajah bayi dibedaki atau tidak, ya?

Dilansir laman resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoksi), pada dasarnya bedak dapat melindungi kulit bayi yang masih sensitif. Bedak juga dapat berguna bila ada gesekan pada kulit bayi dan menjaganya agar tak mudah lecet.

Beberapa kandungan bedak pun ditengarai dapat memberikan efek sejuk dan menyerap keringat berlebih pada bayi. Sehingga sebenarnya penggunaan bedak bayi boleh-boleh saja dan tidak dilarang. Yang penting, Anda harus memastikan, saat dibedaki, kulit bayi tidak sedang mengalami iritasi atau reaksi alergi.

Meski begitu, Anda harus tahu, ada beberapa bagian tubuh bayi yang sebaiknya tidak dibedaki, salah satunya wajah. The American Academy of Pediatrics menyatakan, pemakaian bedak di sekitar hidung berisiko menyebabkan masalah pada sistem pernapasan dan gangguan serius pada paru-paru, bila bayi menghirup serbuk pada bedak, terutama yang bertekstur bubuk.

Sebagai alternatif, Anda bisa memberikan si kecil bedak cair. Bedak jenis itu terbukti lebih aman dan tidak menimbulkan risiko gangguan pernapasan karena teksturnya tidak mengandung partikel.

Yang jelas, sebelum memakaikan bedak pada wajah bayi, teliti dulu kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut. Pastikan bayi Anda tidak alergi terhadap kandungan-kandungan itu. Bila Anda tidak yakin, pilihlah produk yang telah teruji secara klinis untuk bayi.

Dokter kulit juga menyarankan Anda mengamati tanda-tanda bayi mengalami iritasi akibat bedak yang Anda berikan, Moms. Misalnya bila setelah diberi bedak kulit bayi jadi kemerahan, terdapat bengkak atau bruntusan di area yang dipakaikan bedak, kulit bayi terasa panas atau bayi menangis dan rewel, terutama saat dipakaikan bedak.

Kalau hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian bedak pada bayi Anda dan bila perlu periksakan bayi ke dokter yang Anda percaya.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat