Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gobak Sodor, Latih Kepercayaan Diri Anak

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 July 2019 16:00

Gobak Sodor, Latih Kepercayaan Diri Anak

Kontrributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Memperingati Hari Anak Nasional, sekaligus Dies Natalis yang ke-10 ini, STIKes ICSada Bojonegoro menggelar Festival Obak , dengan melibatkan siswa dari 17 Sekolah Dasar di Bojonegoro untuk berpartisipasi dalam festival tersebut.

Salah satu orang tua siswa dari SDN Ngrowo 2, Tinuk (41) mengatakan, sangat mengapresiasi diadakannya perlombaan permainan tradisional ini. Menurutnya, para siswa akan lebih aktif bersosialisasi dan bukan hanya terpaku dalam aktifitas belajar di dalam kelas.

"Apalagi sekarang ada hape, jadi hubungan anak dengan dunia nyata saat ini sangat terbatas,"kata Tinuk.

Terdapat dua permainan yang diperlombakan dalam festival ini, salah satunya yakni Gobak Sodor. Berasal dari kata gobak dan sodor yang memiliki arti bergerak dengan bebas dan tombak, permainan dari Yogyakarta ini di mainkan oleh dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang.

Dari karakter permainan inilah, anak-anak yang memainkannya dituntut untuk cakap berkomunikasi dan kerjasama. Agar mampu berkomunikasi dengan baik sehingga memenangkan permainan, tentunya diperlukan kepercayaan diri yang matang.

"Bagus sekali, anak-anak juga bisa bermain sambil belajar. Dan, yang paling penting mereka bisa lebih mengenal permainan tradisional masa dulu,"imbuhnya.

Sementara Rahmawati (37), orang tua siswa dari MIN 1 Bojonegoro mengungkapkan sangat bahagia bisa mengantarkan anaknya bermain gobak sodor bersama teman sebaya. Menurutnya, gobak sodor dapat memberikan banyak dampak positif kepada psikologi anak.

"Mereka akan berlatih bekerjasama dan berkumpul serta berkompetisi dengan teman-teman yang belum mereka kenal,"pungkas Wati kepada blokBojonegoro.com. [fin/ito]

Tag : Stikes, icsada, hari, anak, nasional, gobak, sodor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini