Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kebutuhan Cabai Bojonegoro Dipasok dari Luar Kota

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 July 2019 09:00

Kebutuhan Cabai Bojonegoro Dipasok dari Luar Kota

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Minimnya petani cabai di Kabupaten Bojonegoro membuat pasokan cabai di Kota Ledre terbatas. Beberapa petani cabai sendiri tidak bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Bojonegoro. Hal itu yang menjadi salah satu pemicu mahalnya harga cabai di pasaran.

Selain minimnya petani yang menanam cabai, kebutuhan masyarakat setiap tahunnya terus meningkat, sehingga Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro tidak memungkiri pasokan cabai dari kabupaten lain didatangkan guna mencukupi kebutuhan cabai di Bojonegoro.

"Setiap tahun pasokan cabai yang didatangkan dari kabupaten lain selalu meningkat," kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Disperta Bojonegoro, Zaenal Fanani.

Seperti tahun 2015 lalu, pasokan cabai yang didatangkan dari kabupaten lain sebesar 3.640 ton, jumlah itu meningkat  hampir 90 persen, pada 2017 lalu sebesar 6.513 ton.

"Rata-rata pasokan cabai itu didatangkan dari Kabupaten Magetan, Batu (Malang), Kediri dan Nganjuk," terang Zaenal kepada blokBojonegoro.com.

Saat ditanya terkait minimnya petani cabai di Bojonegoro? Zaenal mengatakan, banyak petani dibuat bingung karena faktor cuaca, sehingga menanam cabai kurang diminati. "Lahan pertanian yang ditanami cabai hanya seluas 599 hektar saja," katanya.

Dengan kondisi itu, Disperta Bojonegoro terus melakukan pendekatan kepada petani Bojonegoro, untuk memberikan pendampingan bagi petani melihat peluang pasar. "Dengan harapan luas lahan yang ditanami cabai bisa terus meningkat," paparnya. [saf/mu]

Tag : cabai, pasokan cabai, petani, tanaman cabai, harga cabai



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini