Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tes Urine Bakal Dijalankan Bagi Catin, ini Salah Satu Alasannya...

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 July 2019 18:00

Tes Urine Bakal Dijalankan Bagi Catin, ini Salah Satu Alasannya...

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com- Wacana bakal diberlakukannya tes urine bagi Calon Pengantin (Catin) khususnya di Provinsi Jawa Timur memang sangat penting untuk mencegah bahaya narkoba. Pasalnya, di Jatim merupakan salah satu wilayah peredaran terbesar narkoba.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Kantor Wilayah, Kemenag Jatim, Moh Amin Mahfudz saat ditemui blokBojonegoro.com saat berada di Kabupaten Bojonegoro. Menurutnya  dengan diberlakukannya kebijakan itu, nantinya bisa mewujudkan generasi emas bagi Pasanagan suami istri yang bersih dari Narkoba. Oleh karenanya, pihaknya saat ini tengah menjalin MOU dengan dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) untuk segera melaksanakan kebijakan tersebut.

"Kebijakan ini merupakan kebijakan dari Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim semata," tandas Plt Kakanwil Kemenag Jatim yang biasa disapa Amin.

Lajut Amin, tidak hanya tes urine yang bakal diberlakukan, tes lain kesehatan bagi Catin seperti tes HIV juga tengah diterapkan, seperti yang telah diterapkan di Kota Surabaya. Oleh karenanya, pihaknya sangat mendorong kebijakan tersebut bagi catin.

Guna merealisasikan kebijakan itu, nantinya  juga bakal melibatkan Catatan Sipil termasuk bagai catin yang beragama lain yang akan melangsungkan pernikahan, baik itu secara administratif yakni syaratnya semua pasangan calon pengantin wajib bebas narkoba.

Disisi lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, M.Syamsuri,  menyambut baik aturan baru tersebut. Sebab, cara ini dinilai dapat meminimalisir peredaran dan penyalahgunaan Narkoba.

"Kebijakan bagus, pastinya sangat mendukung," pungkasnya kepada blokBojonegoro.com.[saf/ito]

Tag : tes, urine, bojonegoro, kemenag



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini