00:00 . Ikuti GPS, Truk Pasir 40 Ton Buat Jembatan Ambruk   |   23:00 . Ketua PBNU: Tak Harmonisnya Agama dan Budaya Penyebab Konflik Timur Tengah   |   22:30 . Di Kecamatan Gondang, 3 Rumah Roboh Disapu Angin Kencang   |   22:00 . Gara-gara GPS, Truk Pasir Buat Jembatan Ambruk   |   21:30 . Ansor Sumberejo Berduka, Banser Terbaik Gugur   |   21:00 . Hujan Disertai Angin Kencang Landa 17 Desa di 4 Kecamatan   |   20:00 . Detik-detik Pohon Tumbang Hampir Timpa Kendaraan   |   19:30 . Dihantam Mobil, Warga Sambongrejo Meninggal Seketika   |   19:00 . Tangkal Paham Radikal, IAI-UNUGIRI Bumikan Islam Nusantara Melalui Seminar Nasional   |   18:30 . Dinding Pemkab Terkelupas dan Teras Taman Rajekwesi Ambruk   |   18:00 . Penampakan Gedung Pemkab, Pasca Disapu Angin   |   17:30 . Lagi, Hujan Disertai Angin Porak-porandakan Kota Bojonegoro   |   17:00 . Disapu Angin Gedung Pemda Kocar Kacir   |   11:00 . UKM Sinergi Belajar Jurnalis Bareng bB   |   10:00 . Berburu Sinyal di Atas Bukit   |  
Thu, 12 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 01 August 2019 07:00

Daftar Makanan Sehat Saat Tekanan Darah Tinggi Bagi Penderita Hipertensi

Daftar Makanan Sehat Saat Tekanan Darah Tinggi Bagi Penderita Hipertensi

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan darah pada dinding arteri menjadi sangat tinggi dan kencang. Jika penyakit ini sering terjadi maka bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan gangguan jantung, stroke, penyakit ginjal dan pecah pembuluh darah. Terkadang tekanan darah tinggi untuk penderita hipertensi tidak menyebabkan gejala apapun sehingga menjadi penyebab kematian mendadak atau silent killer.

Sayangnya penyakit ini sering dianggap umum dan tidak dihiraukan. Padahal untuk merawat tekanan darah tinggi maka bisa dilakukan dengan kebiasaan makan makanan sehat. Berikut ini daftar makanan sehat saat tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi.

Sayuran Hijau yang Segar

Berbagai jenis sayuran hijau yang mengandung kalium tinggi akan menurunkan kadar natrium lewat urin. Kemudian mekanisme inilah yang menyebabkan tekanan darah turun perlahan dan hipertensi bisa dikendalikan. Beberapa jenis sayuran hijau yang kaya dengan kalium seperti: selada, sawi, lobak hijau, bayam, bit hijau, kubis, dan buncis. Usahakan untuk mengonsumsi sayuran segar bukan sayuran kaleng yang mengandung natrium tinggi.

Buah Berry

Kandungan flavonoid dalam buah blueberry ternyata juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Buah ini juga akan mengendalikan berat badan jika dikonsumsi dengan bahan oatmeal, sereal dan produk gandum lain. Tapi juga disarankan mengonsumsi buah segar dan bukan buah kalengan.

Buah Bit Merah

Selain bit hijau ternyata buah bit merah yang kaya dengan nitric oxide bisa menurunkan tekanan darah dan merawat pembuluh darah. Bahkan efek buah ini bisa menurunkan tekanan darah sampai normal dalam waktu 24jam saja. Karena itu buah bit yang terbaik dimasak menjadi semur atau dipanggang. Namun hati-hati untuk penderita diabetes karena bisa memicu kenaikan kadar gula darah.

Pisang

Pisang sangat terkenal sebagai makanan yang mengandung kalium tinggi. Buah ini mengandung serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan aneka jenis mineral. Pisang juga mengenyangkan sehingga aman untuk penderita diabetes. Cara terbaik untuk makan pisang agar tekanan darah cepat turun adalah dimakan pagi hari dengan oatmeal atau alpukat.

Rempah-rempah dan Bawang Putih

Kandungan nitric oxide dalam bawang putih dipercaya bisa meningkatkan proses vasodilatasi sehingga pembuluh darah menjadi lebar dan menurunkan tekanan darah dengan cepat. Kemudian selain bawang putih jika disarankan mengonsumsi daun rempah seperti kemangi, rosemary dan kayu manis. Semua bahan ini penting untuk menjaga tekanan darah agar normal lagi.

Ikan Omega 3

Semua jenis ikan yang mengandung omega 3 juga sangat baik untuk penderita hipertensi. Omega 3 akan menurunkan risiko peradangan, menurunkan kadar trigliserida dan menurunkan tekanan darah. Kemudian kandungan vitamin D dalam ikan ini juga baik untuk mengendalikan tekanan darah tetap normal. Nah beberapa ikan seperti ikan salmon dan mackarel sebaiknya dimasak dengan cara dipanggang dengan bumbu lada.

Kacang Pistachio

Jenis kacang pistachio ternyata sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Kacang ini mengandung senyawa yang akan membuat pembuluh darah menjadi longgar kemudian tekanan darah turun perlahan. Saat itu terjadi maka detak jantung akan menjadi normal dan penyakit bisa dikendalikan. Saran terbaik untuk makan kacang pistachio adalah dengan memakannya bersama sayuran hijau atau sebagai camilan.

Ternyata banyak sekali daftar makanan sehat saat tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Semua penderita hipertensi bisa mengonsumsi makanan di atas secara rutin agar tubuh tetap sehat. Selain itu hindari semua pemicu hipertensi. [lis]

 

Tag : sayuran, hipertensi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat