Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sidak, Disnakkan Dapat Hewan Kurban Belum Cukup Umur dan Sakit

blokbojonegoro.com | Friday, 02 August 2019 13:00

Sidak, Disnakkan Dapat Hewan Kurban Belum Cukup Umur dan Sakit

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Jelang hari raya kurban atau Idul Adha, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke lapak penjual hewan kurban, Jumat (2/8/2019).

Hal itu dilakukan guna memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual sudah sesuai dengan syarat dalam islam.

"Dari beberapa lapak yang disidak tadi, ada beberapa hewan kurban yang sakit mata," kata Kabid Penyakit Hewan, Disnakkan Bojonegoro, Sugiharti S. Rahayu.

Selain sakit mata, wanita yang akrab disapa Yayuk ini mengungkapkan, ada beberapa penjual hewan kurban masih  menjual kambing di bawah umur (belum Poel). "Untuk yang belum berumur hewan kurban itu diberi tanda," terang Yayuk saat ditemui blokBojonegoro.com.

Masih Kata Yayuk, rencananya, Sidak ke lapak penjual hewan kurban bakal dilaksanakan selama dua hari, Jumat (2/8/2019) dan Senin (5/8/2019). Sedangkan untuk hari ini sudah mendatangi dan memeriksa 4 lapak pejual hewan kurban.

Adapun ciri-ciri hewan kurban yang baik, syaratnya yakni hewan itu tidak sakit. Hewan kurban yang sehat itu bisa dilihat dsri matanya cerah, bulu mengkilat, gerakannya lincah, nafsu makan baik dan tidak diare. "Dengan adanya beberapa temuan itu diharapkan pembeli bisa lebih jeli dalam memilih hewan kurban," jelasnya.

Terpisah, salah satu penjual hewan kurban, Kusnan mengatakan, hewan kurban yang ia jual merupkan hewan kurban pilihan dan ia memastikan sehat.

"Kalaupun ada yang sakit mata, karena debu, namun setelah diobati pastinya akan sembuh," cakapnya saat ditemui blokBojonegoro.com. [saf/mu]

Tag : hewan qurban, sidak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini