20:00 . Para Pemuda Harus Jadi Pelopor Persatuan Bangsa   |   19:00 . 5 Gapoktan di Ngambon Terima 9 Ton Benih Jagung Hibrida   |   18:00 . Hujan Gerimis, Rumah Warga ini Disambar Petir   |   17:30 . 4 Rumah Rusak dan 18 Pohon Tumbang Saat Hujan Disertai Angin   |   17:00 . Atap Rumah di Ledok Kulon Terbang Diterjang Angin Puting Beliung   |   16:00 . Pertamina Meraih Predikat Gold di Ajang BUMN CSR Award Bali 2019   |   15:00 . Hujan Angin, Puluhan Pohon Tumbang   |   14:00 . Barokah Sinergi Lintas Komunitas, NH Resmikan TPQ Pelosok Desa   |   13:00 . Pengurangan Pupuk Tidak Pengaruhi Kebutuhan Petani Bojonegoro   |   12:00 . Air Bengawan Solo Lebihi Batas Ambang Mutu   |   11:00 . Alat Berat Berhenti di Ngablak, Warga Tak Seheboh di Wilayah Timur   |   10:00 . Hingga Akhir Tahun, Logam Mulia Masih Dominasi Agunan Pegadaian   |   09:00 . Manfaatkan Rumah Sebagai Spot Foto Instagramable   |   08:00 . Kartar Nusa Bakti Manfaatkan Lahan Desa Sebagai Agro Wisata   |   07:00 . 4 Cara Mencegah Anak Ngompol di Malam Hari   |  
Sat, 07 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 06 August 2019 07:00

Benarkah Bercinta Bisa Jadi Cara Mengatasi Migrain?

Benarkah Bercinta Bisa Jadi Cara Mengatasi Migrain?

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang sangat merepotkan. Tak hanya karena sakit ini umumnya melanda sebagian sisi kepala, tetapi rasa nyerinya juga kadang diiringi dengan mual, muntah, serta sensitivitas terhadap cahaya dan suara.

Cara mengatasi migrain biasanya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan antinyeri ataupun obat untuk migrain yang dijual di apotek. Namun, siapa sangka kalau bercinta dengan pasangan mungkin dapat menjadi alternatif cara mengatasi migrain.

Benarkah berhubungan intim dapat menjadi cara mengatasi migrain?

Bagi para penderita migrain, bercinta dengan pasangan ketika migrain kambuh adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Tetapi sebuah riset menemukan bahwa berhubungan seksual dapat menjadi cara mengatasi migrain.

Studi tersebut diikuti oleh 800 penderita migrain dan menghasilkan suatu penemuan yang menarik. Sebanyak 60% merasa bahwa berhubungan seksual meringankan gejala migrain yang dialami.

Meskipun demikian, beberapa penderita malah merasa bahwa migrain yang dialami justru makin parah setelah melakukan hubungan seksual.

Tidak hanya meneliti tentang migrain, riset ini juga menelusuri mengenai sakit kepala cluster dan mendapati bahwa berhubungan intim hanya membantu mengatasi dampak dari sakit kepala cluster pada 37% penderita.

Saat ini studi tersebut belum meneliti lebih lanjut mengenai alasan berhubungan seksual dapat menjadi cara mengatasi migrain. Namun, berhubungan seksual, terutama saat orgasme, bisa melepaskan hormon endorfin yang dapat mengatasi rasa sakit akibat migrain.

Pada wanita, berhubungan intim dapat memberikan stimulasi pada vagina yang memicu aktivasi sistem saraf yang mungkin mampu mengatasi rasa sakit akibat migrain. Namun, penelitian lebih lanjut mengenai berhubungan seksual sebagai cara mengatasi migrain masih diperlukan.

Masih ragu untuk berhubungan intim saat sedang migrain?

Sebuah studi menunjukkan bahwa penderita migrain memiliki hasrat seksual yang lebih tinggi daripada penderita sakit kepala biasa.

Hasrat seksual ini dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam tubuh. Tingkat serotonin yang tinggi diasosiasikan dengan penurunan libido atau hasrat seksual, sebaliknya tingkat serotonin rendah meningkatkan hasral seksual.

Sementara, para penderita migrain umumnya memiliki kadar serotonin yang rendah. Hal ini mungkin dapat menjadi alasan mengapa penderita migrain memiliki hasrat seksual yang tinggi.

Akan tetapi, pada kasus tertentu, migrain bisa menurunkan hasrat seksual, terutama saat penderita sedang mengalami rasa sakit atau nyeri yang diiringi dengan pusing, lelah, dan mual. Gejala-gejala tersebut mampu menurunkan hasrat seksual penderita.

Tidak hanya itu, hasrat seksual juga dapat menurun karena rasa cemas dan ketakutan bahwa migrain akan kembali menyerang saat sedang berhubungan seksual.

Saat migrain menyerang, penderita bisa mengalami disfungsi seksual, berupa kesulitan untuk ereksi pada pria dan kesusahan untuk mencapai orgasme pada wanita.

Beberapa obat yang digunakan untuk cara mengatasi migrain, seperti antidepresan SSRIs dan MAOIs dapat menjadi penyebab disfungsi seksual yang bisa menurunkan hasrat seksual.

Serupa dengan berhubungan intim sebagai cara mengatasi migrain, penelitian mengenai migrain dan hasrat seksual juga memerlukan studi lebih lanjut. [lis]

https://lifestyle.kompas.com/read/2019
/08/05/205130920/benarkah-bercinta-
bisa-jadi-cara-mengatasi-migrain

Tag : kesehatan, bercinta, pasangan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat