07:00 . 4 Cara Menjaga Hubungan Tetap Awet dengan Pasangan di Era Digital   |   19:00 . Emak-emak Nekat Tabrak Palang Pintu KA   |   18:00 . Target Curi Poin, Persibo Bawa 22 Pemain ke Gresik   |   17:00 . Dirangkai Berbagai Acara, Haul Mbah Singonoyo Sukorejo Meriah   |   16:00 . Patuhi Sanksi, Suporter Persibo Tak Akan Berangkat Ke Gresik   |   15:00 . Palang Pintu KA Patah Dipasang dengan Didriling dan Diikat Karet Ban   |   14:00 . Viral, Emak-Emak Tabrak Palang Pintu Kereta Api Hingga Patah   |   13:00 . Jelang Pelantikan Presiden, Polres Bojonegoro Apel Gelar Pasukan Pengamanan Imbangan   |   12:30 . Badan Mobil di Tengah Jalan, Macet Total   |   12:00 . Penumpang Pickup Jagal Sapi Asal Mabang   |   11:00 . Truk Vs Pickup di Proliman, Banyak Korban   |   10:00 . Sebelum Pengambilan Api Abadi, Bupati dan Wabup Ziarah Makam Leluhur   |   07:00 . Cara Pakai Bra yang Tepat Agar Payudara Selalu Sehat   |   18:00 . Selisih Gol, Awas Persibo Bisa Tergeser dari Puncak Klasemen   |   17:00 . Siswa SMAN 1 Kalitidu Belajar Energi Migas dengan EMCL   |  
Sat, 19 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 11 August 2019 20:00

Nanas, Buah Paling Dicari Saat Idul Adha

Nanas, Buah Paling Dicari Saat Idul Adha

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Momen Hari Raya Idul Adha pastinya tidak lepas dari gunungan daging yang melimpah, kerap para Ibu Rumah Tangga (IRT) memasak beraneka ragam jenis daging tersebut.

Seperti diketahui, mengolah daging merah, baik kambing maupun sapi tidaklah mudah. Salah mengolah justru dapat membuat daging menjadi alot dan berbau tak sedap. Tentunya hal ini bisa menyebabkan hidangan menjadi tidak terasa nikmat dan lezat.

Melihat hal itu, beberapa orang kerap melibatkan nanas ketika hendak memasak daging. Nanas sendiri dipercaya mempunyai kandungan khusus yang bisa membuat daging alot menjadi empuk.

"Kalau tidak dicampuri nanas, daging terasa alot ketika dimakan," ujar Diana, salah satu pembeli nanas di Pasar Kecamatan Sumberrejo.

Dikatakan, ini merupakan resep turun temurun yang dilakukannya ketika hendak memasak daging. Apalagi momentum Idul Adha sepeti ini, banyak daging yang sudah mengantre untuk diolah berbagai macam makanan lezat juga empuk dagingnya.

Ia pun menjelaskan cara pembuatannya. Yakni dengan cara memarut nanas hingga lembut, lumuri daging dengan nanas kurang lebih 10 sampai 30 menit. Setelah itu daging siap digunakan untuk berbagai macam masakan.

"Enzim bromelin pada nanas yang membuat daging menjadi lebih empuk, silahkan mencoba dan buktikan sendiri," tandasnya kepada blokBojonegoro.com

Sementara, Sulikah, salah satu penjual nanas juga menjelaskan manfaat yang sama dari buah nanas untuk membuat daging menjadi empuk. Namun kali ini ia membeberkan cara yang berbeda dari Diana.

"Nanas bisa dipotong kecil-kecil tanpa harus diparut, untuk memasak 1 kilogram daging bisa menambahkan 250 gram nanas untuk direndam bersamaan sebelum dimasak. Diamkan selama 45 menit, lalu bilas dengan air yang mengalir," jelasnya, Minggu (11/8/2019).

Saat disinggung soal penjualan nanasnya, Sulikah mengaku sudah kelarisan nanas sejak kemarin. Ia menjualnya dengan dua macam, yakni nanas praktis yang sudah dikupas bersih dan nanas utuhan yang belum dikupas.

"Kalau pembeli hari kemarin cenderung membeli yang belum dikupas, namun pembeli yang hari ini sejak tadi pagi membeli nanas yang praktis, katanya biar enak ketika langsung dimasak hari ini juga," beber wanita asal Kecamatan Sumberrejo itu. [lin/lis]

 

Tag : nanas, adha

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat