18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Nanas, Buah Paling Dicari Saat Idul Adha

blokbojonegoro.com | Sunday, 11 August 2019 20:00

Nanas, Buah Paling Dicari Saat Idul Adha

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Momen Hari Raya Idul Adha pastinya tidak lepas dari gunungan daging yang melimpah, kerap para Ibu Rumah Tangga (IRT) memasak beraneka ragam jenis daging tersebut.

Seperti diketahui, mengolah daging merah, baik kambing maupun sapi tidaklah mudah. Salah mengolah justru dapat membuat daging menjadi alot dan berbau tak sedap. Tentunya hal ini bisa menyebabkan hidangan menjadi tidak terasa nikmat dan lezat.

Melihat hal itu, beberapa orang kerap melibatkan nanas ketika hendak memasak daging. Nanas sendiri dipercaya mempunyai kandungan khusus yang bisa membuat daging alot menjadi empuk.

"Kalau tidak dicampuri nanas, daging terasa alot ketika dimakan," ujar Diana, salah satu pembeli nanas di Pasar Kecamatan Sumberrejo.

Dikatakan, ini merupakan resep turun temurun yang dilakukannya ketika hendak memasak daging. Apalagi momentum Idul Adha sepeti ini, banyak daging yang sudah mengantre untuk diolah berbagai macam makanan lezat juga empuk dagingnya.

Ia pun menjelaskan cara pembuatannya. Yakni dengan cara memarut nanas hingga lembut, lumuri daging dengan nanas kurang lebih 10 sampai 30 menit. Setelah itu daging siap digunakan untuk berbagai macam masakan.

"Enzim bromelin pada nanas yang membuat daging menjadi lebih empuk, silahkan mencoba dan buktikan sendiri," tandasnya kepada blokBojonegoro.com

Sementara, Sulikah, salah satu penjual nanas juga menjelaskan manfaat yang sama dari buah nanas untuk membuat daging menjadi empuk. Namun kali ini ia membeberkan cara yang berbeda dari Diana.

"Nanas bisa dipotong kecil-kecil tanpa harus diparut, untuk memasak 1 kilogram daging bisa menambahkan 250 gram nanas untuk direndam bersamaan sebelum dimasak. Diamkan selama 45 menit, lalu bilas dengan air yang mengalir," jelasnya, Minggu (11/8/2019).

Saat disinggung soal penjualan nanasnya, Sulikah mengaku sudah kelarisan nanas sejak kemarin. Ia menjualnya dengan dua macam, yakni nanas praktis yang sudah dikupas bersih dan nanas utuhan yang belum dikupas.

"Kalau pembeli hari kemarin cenderung membeli yang belum dikupas, namun pembeli yang hari ini sejak tadi pagi membeli nanas yang praktis, katanya biar enak ketika langsung dimasak hari ini juga," beber wanita asal Kecamatan Sumberrejo itu. [lin/lis]

 

Tag : nanas, adha



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat