21:00 . Bupati Anna Santai dan Nyanyi di KDS   |   18:00 . IAI Sunan Giri Latih Rawat Jenazah di Sarangan   |   17:00 . PEPC Raih Penghargaan Zero Accident dari Pemrpov Jatim   |   16:00 . Masa Kampanye Belum Dimulai, Banyak Cakades Curi Start   |   15:00 . Bersama Alumni Lintas Angkatan, Meriahkan HUT SMPN 1 Kapas ke 36   |   14:00 . Malam, Jembatan Sosrodilogo Makin Ramai   |   13:00 . Pagi, Bupati Gowes di Wisata TPG   |   12:00 . 1 Unit Rumah Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp80 Juta   |   11:00 . Forel PMI Bojonegoro Gelar Latgab Kesiapsiagaan Bencana   |   10:00 . Longsor Masih Jadi Ancaman Warga Bantaran Bengawan   |   09:00 . Tradisi Gumbregan di Selatan Bojonegoro yang Masih Terjaga   |   08:00 . Relawan TIK Diskusi Bareng Ismail Fahmi   |   07:00 . 7 Kebiasaan 'Baik' Orang Tua yang Membuat Anak Tidak Percaya Diri   |   21:00 . Disdikda Wacanakan Peningkatan SDM Guru di Bidang IT   |   18:00 . Bulan K3, Pertamina Ajak Utamakan Keselamatan dan Kesehatan dalam Bekerja   |  
Sun, 19 January 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 12 August 2019 11:00

689 Lembaga Pendidikan di Bojonegoro Deklarasikan Madrasah Ramah Anak

689 Lembaga Pendidikan di Bojonegoro Deklarasikan Madrasah Ramah Anak

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Perkembangan zaman, metode pendidikan di madrasah dituntut terus berkembang dengan memberikan kenyamanan  setiap pembelajaran. Meski dalam menerapkan sistem pembelajaran itu terkadang anak-anak belum optimal dalam penerapannya, walaupun begitu, anak-anak tetaplah manusia yang butuh sentuhan untuk memanusiakannya.

Dengan unsur kemanusiaan itulah yang menjadi visi setiap Madrasah baik mulai pendidikan RA hingga MA bisa unggul dalam iman dan takwa, iptek, seni budaya, olahraga, dan berjiwa humanis. Dengan visi tersebut Kemenag Bojonegoro, mendeklarasikan seluruh madrasah yang di Bojonegoro sebagai Madrasah Ramah Anak. Deklarasi itu, dilaksanakan di MAN 1 Bojonegoro, Senin (12/9/2019).

Kepala Kemenag Bojonegoro, M Syamsuri mengatakan, deklarasi Madrasah Ramah Anak ini karena keprihatinan dengan maraknya kenakalan serta banyaknya kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak, baik di lingkungan sekolah maupum di luar.

"Madrasah Ramah Anak ini, bertujuan untuk memberikan jaminan orangtua terhadap anaknya yang tengah mengenyam pendidikan di Madrasah," terang Syamsuri di hadapan para guru Madrasah se Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawwanah memaparkan, mencegah kekerasan dan kenakalan anak merupakan tanggung jawab bersama, bahkan kenakalan dan kekerasan anak itu dilakukan dilakukan di luar sekolah. Oleh karenanya, Madrasah Ramah Anak ini patut diapresiasi karena bisa mencegah atau mengantisipasi kekerasan anak terjadi dilingkungan madrasah.

"Madrasah Ramah Anak, salah satu cara untuk  menekan angka kekerasan pada anak," beber Bu Anna, sapaan Bupati Bojonegoro.

Lanjut Bu Anna, kekerasan atau kenakalan itu bisa dicegah dengan adanya pemahaman akan kesadaran dari diri sendiri serta mengantisipasi penggunaan ITE kepada secara efektif, sehingga dengan penggunaan ITE secara efektif maka perilaku anak-anak akan terbangun baik.

Kegiatan deklarasi madrasah ramah anak ini dihadiri Bupati Bojonegoro beserta Forkompimda, Kapolres dan Dandim 0813 Bojonegoro, Kasubdit Bidang Kurikulum Pendma Kemenag RI, Plt Kakemenag Provinsi Jatim, Deputi SRA Bojonegoro, serta Kepala RA hingga Kepala MA se Kabupaten Bojonegoro. Total ada 689 lembaga pendidikan mulai RA hingga MA yang mengikuti deklarasi Madrasah Ramah Anak. [saf/ito]

 

Tag : Madrasah, ramah, anak, kemenag, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 14 January 2020 16:00

    HUT YPPRT Ke-44 Balen

    Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat

    Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat Dalam rangka memperingati hari kelahiranya yang ke-44 tahun Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin (YPPRT) Balen mengadakan gerakan tanam pohon serentak di 3 desa, yakni Desa Pilanggede, Sobontoro, dan Balenrejo, semua...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat