Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 12 August 2019 11:00

689 Lembaga Pendidikan di Bojonegoro Deklarasikan Madrasah Ramah Anak

689 Lembaga Pendidikan di Bojonegoro Deklarasikan Madrasah Ramah Anak

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Perkembangan zaman, metode pendidikan di madrasah dituntut terus berkembang dengan memberikan kenyamanan  setiap pembelajaran. Meski dalam menerapkan sistem pembelajaran itu terkadang anak-anak belum optimal dalam penerapannya, walaupun begitu, anak-anak tetaplah manusia yang butuh sentuhan untuk memanusiakannya.

Dengan unsur kemanusiaan itulah yang menjadi visi setiap Madrasah baik mulai pendidikan RA hingga MA bisa unggul dalam iman dan takwa, iptek, seni budaya, olahraga, dan berjiwa humanis. Dengan visi tersebut Kemenag Bojonegoro, mendeklarasikan seluruh madrasah yang di Bojonegoro sebagai Madrasah Ramah Anak. Deklarasi itu, dilaksanakan di MAN 1 Bojonegoro, Senin (12/9/2019).

Kepala Kemenag Bojonegoro, M Syamsuri mengatakan, deklarasi Madrasah Ramah Anak ini karena keprihatinan dengan maraknya kenakalan serta banyaknya kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak, baik di lingkungan sekolah maupum di luar.

"Madrasah Ramah Anak ini, bertujuan untuk memberikan jaminan orangtua terhadap anaknya yang tengah mengenyam pendidikan di Madrasah," terang Syamsuri di hadapan para guru Madrasah se Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawwanah memaparkan, mencegah kekerasan dan kenakalan anak merupakan tanggung jawab bersama, bahkan kenakalan dan kekerasan anak itu dilakukan dilakukan di luar sekolah. Oleh karenanya, Madrasah Ramah Anak ini patut diapresiasi karena bisa mencegah atau mengantisipasi kekerasan anak terjadi dilingkungan madrasah.

"Madrasah Ramah Anak, salah satu cara untuk  menekan angka kekerasan pada anak," beber Bu Anna, sapaan Bupati Bojonegoro.

Lanjut Bu Anna, kekerasan atau kenakalan itu bisa dicegah dengan adanya pemahaman akan kesadaran dari diri sendiri serta mengantisipasi penggunaan ITE kepada secara efektif, sehingga dengan penggunaan ITE secara efektif maka perilaku anak-anak akan terbangun baik.

Kegiatan deklarasi madrasah ramah anak ini dihadiri Bupati Bojonegoro beserta Forkompimda, Kapolres dan Dandim 0813 Bojonegoro, Kasubdit Bidang Kurikulum Pendma Kemenag RI, Plt Kakemenag Provinsi Jatim, Deputi SRA Bojonegoro, serta Kepala RA hingga Kepala MA se Kabupaten Bojonegoro. Total ada 689 lembaga pendidikan mulai RA hingga MA yang mengikuti deklarasi Madrasah Ramah Anak. [saf/ito]

 

Tag : Madrasah, ramah, anak, kemenag, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini