Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cukupi Kebutuhan, Warga Sumberharjo Gunakan Air Waduk

blokbojonegoro.com | Monday, 12 August 2019 09:00

Cukupi Kebutuhan, Warga Sumberharjo Gunakan Air Waduk

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Musim kemarau tahun ini menjadi momok bagi Masyarakat  Kecamatan Sumberrejo  Kabupaten Bojonegoro, khususnya warga Desa Sumberharjo yang mengalami kesulitan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sumber air yang ada di kawasan  tersebut sulit dijangkau. Kondisi ini memaksa warga setempat untuk mengambil air yang ada di Waduk Gowok, Desa Sumberharjo guna memenuhi kebutuhanya sehari-hari.

Seperti yang dilakukan Sabari, yang menimba air dari waduk menggunakan timba kecil dan membawa wadah beberapa jerigen kemudian mengangkut air tersebut pulang menggunakan motor.

"Setiap hari ya seperti ini, ambil air untuk kebutuhan sehari-hari, mandi dan cuci," bebernya kepada blokBojonegoro.com.

Ia juga mengatakan, tak hanya di Waduk Gowok saja, Waduk Sumberharjo yang lokasinya kurang lebih 1 Kilometer dari Waduk Gowok juga menjadi alternatif warga setempat untuk mendapatkan air bersih.

"Di Waduk Sumberharjo itu juga ramai, karena memang sumur milik warga sudah benar-benar mengering," terangnya.

Selain untuk kebutuhan sehari-hari, Waduk di desa setempat memang berperan penting untuk kelangsungan pertanian di daerah tersebut.

"Pokoknya serbaguna, soalnya di buat menyirami tembakau juga," terang warga lain, Radiman. [aim/ito]

Tag : kekeringan, musim, kemarau, sumberharjo, sumberrejo, waduk, gowok



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini