21:00 . Jelang Liga 3 Jawa Timur, Persibo 60 Persen Sudah Siap   |   20:00 . Gandeng Disbudpar Tim PHP2D UKM Pramuka Unair Wujudkan Desa Mandiri   |   19:00 . Warga Nekat Konsumsi Ikan Mati Akibat Limbah   |   18:00 . Desa Pejambon Pernah Dibuat Tempat Persembunyian Prajurit Majapahit   |   17:00 . Unugiri Gelar Semarak Kemeriahan Sambut Hari Santri Nasional 2021   |   16:00 . Pembukaan Konferwil IPNU Dan IPPNU, Bupati Ajak Pelajar Tingkatkan IPM   |   14:00 . PWNU Jatim Buka Acara Konferwil PW IPNU di Ponpes Attanwir   |   13:00 . Perpaduan Tradisi dan Dakwah Islam, Nyadran Masih Dirawat di Era Modern   |   12:00 . Dukung Mahasiswa Berwirausaha, UNU Sunan Giri Gelontorkan Dana   |   11:00 . Inilah Nama Pejabat yang Dilantik Bupati Bojonegoro   |   10:00 . Bupati Lantik 42 Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   09:00 . Dibuka Hari ini, Berikut Rangkaian Acara Konferwil PW IPNU Jatim   |   08:00 . Selamat Datang Romo Yai dan Gus Menteri   |   07:30 . Peserta Mulai Datang, Terapkan Prokes Ketat   |   07:00 . Catat! 5 Fakta Penting Soal MPASI yang Wajib Diketahui Orangtua   |  
Fri, 24 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kemenag RI : Madrasah Ramah Anak Upaya Beri Sentuhan Kemanusian

blokbojonegoro.com | Monday, 12 August 2019 17:00

Kemenag RI : Madrasah Ramah Anak Upaya Beri Sentuhan Kemanusian

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Penyelenggaraan Deklarasi Madrasah Ramah Anak dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) RI. Hal itu merupakann wujud gerakan pendidikan yang memberikan kenyamanan dalam pembelajaran, sehingga anak dalam menuntut pendidikan bisa merasa nyaman.

Kepala Sub Bidang Kurikulum, Direktorat jendral Pendidikan Madrasah Kemenag RI, Ahmad  Hidayatullah mengatakan Madrasah Ramah Anak ini merupakan upaya mendidik anak bukan untuk memaksa bahkan menghukum keras bila anak itu melakukan kesalahan. Namun, hukuman anak atau siswa  dengan menghukum yang normal saja, pasalnya, anak-anak tetaplah manusia yang butuh sentuhan untuk memanusiakannya.

"Dengan ramah anak itu, tentunya juga merupakan pondasi dasar pendidikan dengan memperhatikan hak-hak anak, mulai tumbuh kembang anak, potensi anak hingga jiwa anak itu sendiri dalam menangkap pembelajaran," tambah Ahmad Hidayatullah.

Oleh karenanya dengan gerakan deklarasi kali ini pastinya perlu peran serta semua elemen pendidikan terutama guru agar pendidikan ramah anak bisa terwujud sehingga mental dan tumbih kembang anak bisa tersampaikan dan difahami anak dalam pembelajaran.

"Dengan madrasah ramah anak ini, ditargetkan 2045 mendatang Indonesia punya generasi emas," beber Ahmad Hidayatullah.

Saat disinggung terkait apakah SDM Guru Madrasah mampu menerapkannya? Ahmad Hidayatullah mengatakan Guru Madrasah cukup mampu menerapkannya, apalagi  guru madrasah secara status pendidikan sudah layak dan pasti bisa mengarahkan pembelajaran kepada anak didiknya.

"Pastinya, Guru Madrasah bisa menjamin perkembangan psikologi anak dan kenyamanan dalam pembelajaran," ungkap Ahmad Hidayatullah kepada blokBojonegoro.com.

Seperti diketahui, Deklarasi madrasah ramah anak ini diikuti 689 lembaga pendidikan mulai tingkat Raudhotul Atfal (RA) hingga Madrasah Aliyah (MA) se Bojonegoro. Hadir pada kesempatan itu Bupati Bojonegoro beserta Forkompimda, Kapolres dan Dandim 0813 Bojonegoro, Kasubdit Bidang Kurikulum Pendma Kemenag RI, Plt Kakemenag Provinsi Jatim, Deputi SRA Bojonegoro, serta Kepala RA hingga Kepala MA se Kabupaten Bojonegoro.[saf/lis]

Tag : madrasah, ramah, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more