08:00 . Selamat Jalan Pak Yohanes Kepala Ruangan Radiografer RSUD Bojonegoro   |   07:00 . Kencan Virtual dengan Pacar Jadi Solusi Obati Rindu di Masa Pandemi   |   21:00 . Waspada, Kasus Aktif Covid 19 di Kanor Makin Tinggi   |   20:00 . Akhir Tahun 2020 Beasiswa Tugas Akhir Segera Dicairkan   |   19:00 . 17 TPS di Kota Bojonegoro Masih Kurang Tampung Tingginya Sampah   |   18:00 . Tahun 2020, Puluhan Miliaran Digelontorkan untuk Madin   |   16:00 . Histeris.....!!! Saat Satu Orang Ikut Terbang Bersama Layangan Naga   |   15:00 . Harga Logam Mulia Meroket Tajam, Masyarakat Banyak Ajukan Buyback   |   14:00 . Sidang Ke IV, Para Tergugat I,II,III dan IV Bacakan Tanggapanya Terkait PI Blok Cepu   |   13:00 . Masker Medis Mulai Kembali Diburu Masyarakat   |   12:00 . Hampir Tak Mendaftar, 2 Jam Ngebut Rekaman dan Bikin Video Clip   |   11:00 . Murid Peristiwa Harmonni Masuk Finalis Campus Harmony 2020, Ayo Dukung...!   |   10:00 . Pancaroba, BPBD Himbau Masyarakat Mewaspadai Hujan Disertai Angin Kencang   |   09:00 . Kekeringan di Bojonegoro Diprediksi Tak Separah 2019   |   08:00 . Layanan Rapid Tes Dialihkan di Puskesmas   |  
Wed, 30 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 12 August 2019 17:00

Kemenag RI : Madrasah Ramah Anak Upaya Beri Sentuhan Kemanusian

Kemenag RI : Madrasah Ramah Anak Upaya Beri Sentuhan Kemanusian

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Penyelenggaraan Deklarasi Madrasah Ramah Anak dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) RI. Hal itu merupakann wujud gerakan pendidikan yang memberikan kenyamanan dalam pembelajaran, sehingga anak dalam menuntut pendidikan bisa merasa nyaman.

Kepala Sub Bidang Kurikulum, Direktorat jendral Pendidikan Madrasah Kemenag RI, Ahmad  Hidayatullah mengatakan Madrasah Ramah Anak ini merupakan upaya mendidik anak bukan untuk memaksa bahkan menghukum keras bila anak itu melakukan kesalahan. Namun, hukuman anak atau siswa  dengan menghukum yang normal saja, pasalnya, anak-anak tetaplah manusia yang butuh sentuhan untuk memanusiakannya.

"Dengan ramah anak itu, tentunya juga merupakan pondasi dasar pendidikan dengan memperhatikan hak-hak anak, mulai tumbuh kembang anak, potensi anak hingga jiwa anak itu sendiri dalam menangkap pembelajaran," tambah Ahmad Hidayatullah.

Oleh karenanya dengan gerakan deklarasi kali ini pastinya perlu peran serta semua elemen pendidikan terutama guru agar pendidikan ramah anak bisa terwujud sehingga mental dan tumbih kembang anak bisa tersampaikan dan difahami anak dalam pembelajaran.

"Dengan madrasah ramah anak ini, ditargetkan 2045 mendatang Indonesia punya generasi emas," beber Ahmad Hidayatullah.

Saat disinggung terkait apakah SDM Guru Madrasah mampu menerapkannya? Ahmad Hidayatullah mengatakan Guru Madrasah cukup mampu menerapkannya, apalagi  guru madrasah secara status pendidikan sudah layak dan pasti bisa mengarahkan pembelajaran kepada anak didiknya.

"Pastinya, Guru Madrasah bisa menjamin perkembangan psikologi anak dan kenyamanan dalam pembelajaran," ungkap Ahmad Hidayatullah kepada blokBojonegoro.com.

Seperti diketahui, Deklarasi madrasah ramah anak ini diikuti 689 lembaga pendidikan mulai tingkat Raudhotul Atfal (RA) hingga Madrasah Aliyah (MA) se Bojonegoro. Hadir pada kesempatan itu Bupati Bojonegoro beserta Forkompimda, Kapolres dan Dandim 0813 Bojonegoro, Kasubdit Bidang Kurikulum Pendma Kemenag RI, Plt Kakemenag Provinsi Jatim, Deputi SRA Bojonegoro, serta Kepala RA hingga Kepala MA se Kabupaten Bojonegoro.[saf/lis]

Tag : madrasah, ramah, anak


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat