13:00 . Bupati Targetkan Bojonegoro Bisa Duduki Nomor Dua Populasi Sapi Se-Jatim   |   12:00 . Bupati Melihat Sapi yang Mendapat Juara   |   11:00 . Tingkatkan Populasi Ternak dengan Lomba Sapi Betina Produktif   |   10:00 . Berkah Energi Pertamina, Inilah Lima Pemenangnya   |   09:00 . Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT   |   08:00 . 2 Ekor Sapi Tepanggang Saat Kebakaran di Desa Karangsono   |   07:00 . Persiapan agar Tubuh Tetap Bugar di Musim Hujan   |   06:00 . Belajar Bersama Cak Nun, Ribuan Jamaah Penuhi Lapangan Dukohkidul   |   17:00 . Angin Kencang, 3 Dapur dan 1 Rumah di Baureno Roboh   |   15:00 . BMKG Prediksi Hujan Segera Turun di Bojonegoro   |   14:00 . Inilah Agenda HJB ke-342   |   12:00 . Pengisian Kekosongan Kepala SD Belum Bisa Dipastikan   |   11:00 . Segarnya Dawet Ireng Pelepas Dahaga   |   10:00 . BPKAD: Turunnya DBH Migas Program Prioritas Harus Didahulukan   |   09:00 . Musim Nikah, Pengusaha Rias Kebanjiran Job   |  
Wed, 16 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 15 August 2019 07:00

Ini Pentingnya Minta Maaf pada Anak

Ini Pentingnya Minta Maaf pada Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebagai orang tua, minta maaf biasanya jadi salah satu hal yang kita ajarkan atau sering ingatkan pada anak. Kita ingin, anak tahu kapan ia harus minta maaf dan  terbiasa melakukannya.

Namun sebaliknya, tidak banyak orang tua yang terbiasa minta maaf pada anak. Alasannya bisa bermacam-macam. Termasuk salah satunya, takut kalau meminta maaf pada anak akan mengurangi wibawa sebagai orang tua. Kalau sudah kehilangan wibawa, bisa-bisa anak jadi tidak menurut atau tidak hormat.

Faktanya? Yang akan terjadi justru sebaliknya lho, Moms! Bukankah kita akan lebih menghargai dan menghormati orang lain ketika mereka mau mengakui kesalahan mereka dan mencoba memperbaikinya?

Dilansir Psychology Today, menurut psikolog Laura Markham Ph.D, meminta maaf kepada anak saat kita lalai juga tidak membuat kita kehilangan otoritas untuk menegur dan mengingatkan mereka saat berbuat salah. Tak usah khawatir, anak-anak tetap tahu kok, siapa yang menjadi pemimpin di rumah.

Jadi tidak perlu merasa sungkan, ragu atau malu meminta maaf pada anak sebab kita juga tidak perlu selalu benar atau jadi sosok yang sempurna. Orang tua kan, juga manusia?

Menolak atau menghindari permintaan maaf pada anak juga akan membuat anak menangkap 'pesan' yang salah seperti beberapa contoh berikut ini:

- Meminta maaf itu hal yang memalukan.
- Berbuat salah, mengecewakan atau menyakiti orang lain itu tidak apa-apa dan kita juga tidak perlu mengakui atau mencoba memperbaikinya.
- Minta maaf itu tidak keren!
- Meminta maaf adalah sesuatu yang kita lakukan hanya bila terpaksa saja.

Nah Moms, tidak mau dong, anak sampai salah mengerti seperti ini?

Lebih baik, ajarkan anak pentingnya minta maaf dengan langsung memberi mereka contoh nyata: minta maaf padanya. Ini akan membuat anak mendapat 'pesan' yang baik seperti:

- Kita semua kadang-kadang membuat kesalahan dan kita bisa mencoba untuk memperbaikinya.
- Kita semua terkadang menyakiti orang lain. Sangat penting untuk mengakui ketika kita melakukan hal ini dan berusaha menebusnya.
- Ketika kita meminta maaf, orang lain akan merasa lebih baik dan juga dapat berpikir lebih baik tentang kita.
- Tidak perlu malu meminta maaf. Karena minta maaf justru baik dan bisa membuat kita merasa lebih tenang dan nyaman.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat