Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringatan HUT RI ke-74

Kearifan Lokal, Gapura Polres Dihias Patung Thengul

blokbojonegoro.com | Friday, 16 August 2019 15:00

Kearifan Lokal, Gapura Polres Dihias Patung Thengul

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Semarak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 juga ditunjukkan Polres Bojonegoro beserta Polsek jajaran, salah satunya pembuatan gapura di gerbang Polres Kota Ledre. Bahkan patung thengul menghiasai gapura tersebut, sebagai bentuk melestarikan kearifan lokal.

Selain kesadaran, pembuatan gapura tersebut juga untuk membangun kebersamaan melalui lomba gapura bertema 'SDM Unggul Indonesia Maju'. "Tema petung Thengul ini sengaja, karena icon Bojonegoro dan melestarikan kearifan lokal," kata Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli, Jum'at (16/8/2019).

Apalagi beberapa waktu lalu lanjut Kapolres Ary, tari thengul memecahkan rekor Muri dan pada upacara 17 Agustus besok tari thengul Bojonegoro diundang Presiden RI untuk tampil di istana negara. Sehingga gapura yang dibangun Polres, bertemakan Thengul. "Gapura ini berpartisipasi menyemarakkan dirgahayu HUT RI," terangnya.

Ditambahkan, lomba gapura ini merupakan perintah Kapolda Jatim. Peringatan kemerdekaan kali ini sengaja mengajak jajaran Polsek di Polres Bojonegoro untuk mendirikan gapura serta mengusung kearifan lokal sejalan dengan program pemerintah.

Tampak gapura Thengul milik Polres terpasang kokoh digerbang pintu masuk. Selain patung thengul yang dipasang di atas gapura, bentuk dan ornamen gapura begitu tradisional dengan warna coklat keemasan. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang penasaran saat melintasi jalan tersebut. [zid/mu]

Tag : polres bjonegoro, gapura, hut ri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini